Semenjak adanya pandemi, banyak perubahan terjadi mengenai model kerja dari yang semula merupakan tradisi dari dahulu. Sekarang ini perusahaan banyak mengadakan perubahan terkait modal kerja dimana mulai dikenal kata work from home / remote. Dengan adanya model kerja yang baru, maka beberapa perusahaan berbasis teknologi juga mulai mengembangkan sayapnya dan mengisi celah2 kesempatan dengan menciptakan aplikasi berbasis online yang memungkinkan pembagian kerja yang lebih mudah

Google Spreadsheet

Aplikasi ini merupakan spreadsheet online yang dikembangkan oleh perusahaan Google. Sekilas bisa dibilang mirip dengan Microsoft Excel keluaran dari Microsoft Corporation yang memiliki fungsi pengolahan data berupa angka, input data, membuat chart dll.

Fitur Google Sheet

  • Fitur kolaborasi dan editing secara real time
  • Integrasi dengan Google Forms
  • Import dan Download File dalam bentuk Excel
  • Mengolah data menjadi informasi, hingga menampilkan grafik secara visual

Microsoft Excel dan Google Spreadsheet

Perbedaan antara Google Spreadsheet dan Microsoft Excel  selain terletak pada perusahaan yang membuatnya juga ada pada beberapa hal diantaranya:

1. Kesempatan untuk berkolaborasi

Fitur ini hanya terdapat pada Google sheet dan juga sekaligus merupakan kelebihan dari aplikasi buatan Google ini. Dalam fitur ini, sesama pengguna google dapat mengakses google sheet secara bersama-sama untuk mengerjakan tugas dan melihat data bersama dan simultan. Tentunya hal ini sungguh membantu bagi mereka yang bekerja secara daring. Bagi Microsoft excel hal kolaborasi ini tidak dapat dilakukan secara simultan dan hanya bisa berbagi dokumen via email outlook.

2. Rumus dan Formating yang tersedia

Meskipun sekilas terlihat serupa, rupanya fungsionalitas Excel masih jauh lebih tinggi dibandingkan Google Sheet. Meskipun Google Sheet memiliki fungsi perhitungan dasar namun jumlahnya masih jauh lebih sedikit dibandingkan excel yang rumusnya terbilang sangat lengkap.

3. Tampilan chart dan grafik

Tampilan visual dari laporan yang biasanya berupa grafik juga sangat membedakan keduanya. Meskipun keduanya sama-sama menjelaskan data, namun visual yang ditampilkan Excel maupun Google sheet tetap tidak sama satu dengan yang lainnya

4. Jumlah template yang tersedia

Terakhir adalah tersedianya berbagai template oleh Ms Excel yang sangat memudahkan kita dalam menghitung dan memasukkan data. Hal ini terlebih lagi sangat berguna apabila pekerjaan kita lebih banyak menyangkut data2 berupa angka dan perhitungan. Sayangnya, Google Sheet sendiri belum memiliki fitur tersebut dan sekaligus menjadi kelebihan dari Microsoft Excel.

Fungsi File Spreadsheet

Sebagaimana penjelasan diatas, bentuk file spreadsheet memang diperuntukkan untuk pengolahan data. Maka dari itu, fungsinya sendiri adalah seputar data, dimana file yang berisi banyak data / informasi dari data yang sudah diolah / data yang masih setengah diolah biasanya ditaruh dalam bentuk spreadsheet. Selain lebih mudah untuk dilihat juga lebih mudah untuk ditranslate menjadi laporan dan juga untuk diubah dan proses.

Penutup

Selain G Sheets, ada pula G suites lain yang membantumu untuk bekerja secara daring meskipun terpaut jarak dengan teman sekelompokmu. Selain itu, kamu dan teman-temanmu juga bisa mengakses keseluruhan fitur secara gratis asalkan kamu memiliki akun Google Mail / Gmail. Untuk penggunaan pada komputer / laptop, kamu tidak perlu menginstall aplikasi karena kamu dapat mengaksesnya langsung pada browsermu. Namun, untuk penggunaan di handphone ada baiknya kamu menginstall aplikasi G Suite sesuai yang kami butuhkan untuk penggunaan yang lebih praktis dan nyaman.

© 2022, Calvina Izumi. All rights reserved.

Artikel Lainnya oleh Tim editor emiten.com

Startup yang terus berkomitmen tingkatkan kualitas ekosistem pasar modal Indonesia

PT APLIKASI EMITEN INDONESIA

You cannot copy content of this page