Handy talky (HT) adalah salah satu alat komunikasi yang cukup efektif untuk digunakan saat berkomunikasi baik jarak dekat maupun menengah dengan durasi komunikasi yang singkat namun sering. Penggunaan HT ini jauh lebih murah dan hemat biaya dibandingkan melalui telepon atau jaringan internet, biasanya benda ini dipakai ketika kamu bekerja di EO (event organizer) atau bidang pengamanan.

Karena efisiensi penggunaan HT ini, kamu harus merawat HT yang dimiliki agar tidak mudah rusak dan dapat digunakan dalam waktu yang lebih panjang. Simak cara merawat handy talky yang benar.

  • Simpan handy talky dengan baik

Kamu tidak bisa meletakkan handy talky ini secara sembarangan, sebaiknya HT disimpan dalam kotak tempat penyimpanan atau istilahnya holster yang dapat memberikan perlindungan ekstra saat HT terjatuh atau terbentur benda keras. Lalu simpan kotak itu ditempat yang sama seperti tempat penyimpanan yang terlindungi atau lemari.

  • Bersihkan dari debu

Penggunaan HT cenderung digunakan diluar dan rawan terkena debu atau bahkan lumpur. Debu dan kotoran-kotoran ini akan menyebabkan kerusakan pada keypad HT kamu, jadi sebaiknya rutin bersihkan HT dengan kain berbahan microfiber yang halus.

  • Periksa baterai HT secara berkala

Baterai menjadi komponen penting dalam sebuah perangkat elektronik, agar HT kamu tidak gampang rusak kamu wajib untuk melakukan pemeriksaan secara berkala pada kondisi baterai HT mu. Saat baterai HT kamu rusak, kamu wajib menggantinya dengan baterai yang baru karena baterai lama yang rusak memiliki cairan kimia yang berpotensi merusak komponen HT yang lain.

Jadi, sebaiknya saat kamu membeli HT kamu wajib untuk bertanya dan membaca panduan dan cara merawat HT agar HT yang kamu beli tidak mudah rusak dan tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan yang timbul.