Istilah Arti kata credit controller  dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) & Kamus Ekonomi Uang & Bank – Penggunaan kata kata yang jarang digunakan seringkali menyebabkan kita tidak paham tentang makna arti dari percakapan/topik tersebut credit controller

 

Arti credit controller  secara singkat adalah pengawas kredit.

Berikut adalah contoh penggunaan credit controller dalam bisnis:

  1. Pengumpulan Pembayaran: Seorang credit controller bertanggung jawab untuk memastikan bahwa pelanggan membayar tagihan mereka tepat waktu. Mereka akan mengirimkan pengingat pembayaran, menghubungi pelanggan yang terlambat, dan mengatur rencana pembayaran jika diperlukan.
  2. Analisis Kredit: Credit controller akan mengevaluasi kelayakan kredit pelanggan baru atau yang sudah ada dengan menganalisis profil kredit, riwayat pembayaran, dan informasi keuangan pelanggan. Mereka akan membuat keputusan tentang memberikan atau memperbarui batas kredit pelanggan.
  3. Pengelolaan Risiko: Seorang credit controller juga bertanggung jawab untuk mengelola risiko kredit dalam bisnis. Mereka akan memantau pelanggan yang memiliki keterlambatan pembayaran atau pembayaran yang tidak tepat waktu, mengidentifikasi risiko potensial, dan mengambil tindakan untuk mengurangi risiko tersebut.
  4. Negosiasi Pembayaran: Jika terjadi perselisihan atau masalah pembayaran antara perusahaan dan pelanggan, seorang credit controller akan terlibat dalam negosiasi pembayaran. Mereka akan berusaha mencapai kesepakatan yang memuaskan kedua belah pihak dan memastikan pembayaran diselesaikan.
  5. Pelaporan Keuangan: Credit controller akan menyediakan laporan keuangan berkaitan dengan kredit kepada manajemen atau departemen terkait. Laporan ini mencakup informasi tentang piutang usaha, pembayaran tertunda, risiko kredit, dan kinerja keuangan terkait kredit.

Dalam rangka menjaga kesehatan keuangan perusahaan, credit controller memiliki peran yang penting dalam mengawasi dan mengelola kredit bisnis, termasuk memastikan pembayaran tepat waktu, mengurangi risiko kredit, dan melaporkan informasi keuangan terkait kredit kepada pihak terkait.

Perlu diketahui bahwa Penggunaan kata credit controller  tersebut sebenarnya seringkali ditemukan di Industri keuangan & perbankan, pekerja professional startup berbasis teknologi, hingga dalam forum forum meeting internasional, Rapat Bagian Keuangan, Rapat Koordinasi Pengelolaan Keuangan, Rapat Internal Perusahaan. Rapat Umum Pemegang Saham, Rapat Evaluasi Kinerja Perusahaan, hingga Obrolan Media Sosial seperti Instagram, Tiktok, Facebook Group, Twitter, Linkedin atau whatsapp telegram group.

 

Semoga penjelasan definisi kosakata credit controller  dapat menambah wawasan & pengetahuan anda dalam berkomunikasi.

© 2022 – 2023, Bella Elvina. All rights reserved.

Artikel Lainnya oleh Tim editor emiten.com

Startup yang terus berkomitmen tingkatkan kualitas ekosistem pasar modal Indonesia

PT APLIKASI EMITEN INDONESIA