Istilah Arti kata Goal dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) & Kamus Ekonomi Uang & Bank – Penggunaan kata kata yang jarang digunakan seringkali menyebabkan kita tidak paham tentang makna arti dari percakapan/topik tersebut Goal

 

Arti Goal secara singkat adalah Tujuan/ Sasaran

Penggunaan Goal adalah sebagai berikut:

  1. Penjualan: Suatu perusahaan dapat menetapkan tujuan penjualan yang spesifik, seperti mencapai peningkatan persentase penjualan dalam periode tertentu atau mencapai target penjualan bulanan. Tujuan ini membantu dalam mengarahkan upaya pemasaran, strategi penjualan, dan pengelolaan tim penjualan.
  2. Pertumbuhan Pasar: Sebuah perusahaan mungkin memiliki tujuan untuk memperluas pangsa pasar atau masuk ke pasar baru. Misalnya, perusahaan dapat menetapkan tujuan untuk memperoleh sebagian besar pangsa pasar dalam industri tertentu atau memasuki pasar internasional. Tujuan ini akan mendorong pengembangan strategi ekspansi dan upaya pemasaran.
  3. Efisiensi Operasional: Tujuan dalam hal efisiensi operasional dapat meliputi peningkatan produktivitas, pengurangan biaya produksi, atau peningkatan kualitas produk atau layanan. Misalnya, perusahaan dapat menetapkan tujuan untuk meningkatkan efisiensi produksi dengan mengimplementasikan sistem baru atau memperbaiki proses kerja.
  4. Keuangan: Tujuan keuangan melibatkan pencapaian target yang berkaitan dengan keuangan perusahaan, seperti meningkatkan profitabilitas, mengurangi hutang, atau meningkatkan arus kas. Misalnya, perusahaan dapat menetapkan tujuan untuk mencapai margin keuntungan yang lebih tinggi atau meningkatkan rasio keuangan tertentu.
  5. Inovasi dan R&D: Perusahaan dapat menetapkan tujuan dalam hal inovasi produk atau penelitian dan pengembangan (R&D). Misalnya, tujuan bisa menjadi menciptakan produk baru yang inovatif, mengembangkan teknologi baru, atau meningkatkan portofolio produk perusahaan. Tujuan ini mendorong upaya inovasi dan investasi dalam R&D.
  6. Kepuasan Pelanggan: Tujuan untuk mencapai tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi juga umum dalam bisnis. Perusahaan dapat menetapkan tujuan untuk meningkatkan skor kepuasan pelanggan, mengurangi tingkat keluhan, atau meningkatkan tingkat retensi pelanggan. Tujuan ini mendorong perusahaan untuk memfokuskan upaya mereka pada pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Itulah beberapa contoh penggunaan Goal dalam bisnis. Tujuan-tujuan ini membantu perusahaan memiliki arah yang jelas, mengukur pencapaian, dan memotivasi tim untuk bekerja menuju hasil yang diinginkan.

Perlu diketahui bahwa Penggunaan kata Goal tersebut sebenarnya seringkali ditemukan di Industri keuangan & perbankan, pekerja professional startup berbasis teknologi, hingga dalam forum forum meeting internasional, Rapat Bagian Keuangan, Rapat Koordinasi Pengelolaan Keuangan, Rapat Internal Perusahaan. Rapat Umum Pemegang Saham, Rapat Evaluasi Kinerja Perusahaan, hingga Obrolan Media Sosial seperti Instagram, Tiktok, Facebook Group, Twitter, Linkedin atau whatsapp telegram group.

 

Semoga penjelasan definisi kosakata Goal dapat menambah wawasan & pengetahuan anda dalam berkomunikasi.

© 2022 – 2023, Bella Elvina. All rights reserved.

Artikel Lainnya oleh Tim editor emiten.com

Startup yang terus berkomitmen tingkatkan kualitas ekosistem pasar modal Indonesia

PT APLIKASI EMITEN INDONESIA