Istilah Arti kata Day Book  dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) & Kamus Ekonomi Uang & Bank – Penggunaan kata kata yang jarang digunakan seringkali menyebabkan kita tidak paham tentang makna arti dari percakapan/topik tersebut Day Book

Arti Day Book scara singkat adalah buku harian.

Dalam bisnis, Day Book merujuk pada buku harian yang digunakan untuk mencatat transaksi harian perusahaan. Contoh penggunaan Day Book dalam bisnis meliputi:

  1. Buku Pembelian (Purchases Day Book): Digunakan untuk mencatat semua pembelian barang atau jasa dari pemasok selama satu hari. Informasi yang dicatat meliputi tanggal pembelian, nama pemasok, jumlah barang atau jasa yang dibeli, dan harga.
  2. Buku Penjualan (Sales Day Book): Digunakan untuk mencatat semua penjualan produk atau jasa kepada pelanggan selama satu hari. Informasi yang dicatat meliputi tanggal penjualan, nama pelanggan, jumlah produk atau jasa yang dijual, dan harga.
  3. Buku Kas (Cash Book): Digunakan untuk mencatat semua transaksi kas harian perusahaan, termasuk penerimaan dan pengeluaran tunai. Informasi yang dicatat meliputi tanggal transaksi, rincian transaksi, jumlah penerimaan atau pengeluaran tunai, dan saldo kas terkini.
  4. Buku Bank (Bank Book): Digunakan untuk mencatat semua transaksi yang berhubungan dengan rekening bank perusahaan. Informasi yang dicatat meliputi tanggal transaksi, rincian transaksi, jumlah setoran atau penarikan, dan saldo rekening bank terkini.

Dalam semua contoh di atas, Day Book menjadi alat yang penting untuk mencatat dan melacak transaksi harian perusahaan secara sistematis. Hal ini membantu perusahaan dalam mengelola keuangan mereka dengan lebih efisien, memantau arus kas, mengidentifikasi tren penjualan, dan menyediakan catatan yang akurat untuk keperluan pelaporan dan audit.

Perlu diketahui bahwa Penggunaan kata Day Book  tersebut sebenarnya seringkali ditemukan di Industri keuangan & perbankan, pekerja professional startup berbasis teknologi, hingga dalam forum forum meeting internasional, Rapat Bagian Keuangan, Rapat Koordinasi Pengelolaan Keuangan, Rapat Internal Perusahaan. Rapat Umum Pemegang Saham, Rapat Evaluasi Kinerja Perusahaan, hingga Obrolan Media Sosial seperti Instagram, Tiktok, Facebook Group, Twitter, Linkedin atau whatsapp telegram group.

Semoga penjelasan definisi kosakata Day Book  dapat menambah wawasan & pengetahuan anda dalam berkomunikasi.

© 2022 – 2023, Bella Elvina. All rights reserved.

Artikel Lainnya oleh Tim editor emiten.com

Startup yang terus berkomitmen tingkatkan kualitas ekosistem pasar modal Indonesia

PT APLIKASI EMITEN INDONESIA