Istilah Arti kata fractional reserve banking dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) & Kamus Ekonomi Uang & Bank – Penggunaan kata kata yang jarang digunakan seringkali menyebabkan kita tidak paham tentang makna arti dari percakapan/topik tersebut fractional reserve banking

 

Arti fractional reserve banking scara singkat adalah cadangan kecil

Fractional reserve banking adalah sistem perbankan di mana bank hanya diwajibkan untuk menyimpan sebagian kecil dari total simpanan yang diterima dari nasabah sebagai cadangan kas, sementara sisanya dapat digunakan untuk memberikan pinjaman dan melakukan investasi. Berikut adalah contoh penggunaan fractional reserve banking

  1. Penyaluran Kredit: Bank yang menerapkan fractional reserve banking dapat menggunakan sebagian besar simpanan yang diterima dari nasabah untuk memberikan pinjaman kepada individu, bisnis, atau lembaga lainnya. Misalnya, jika seorang individu mengajukan pinjaman bisnis, bank hanya perlu menyisakan sebagian kecil dari jumlah pinjaman sebagai cadangan kas, sementara sisanya dapat digunakan untuk memberikan pinjaman kepada peminjam lain yang memenuhi persyaratan.
  2. Investasi dan Perdagangan: Dalam fractional reserve banking, bank juga dapat menggunakan sebagian simpanan nasabah untuk melakukan investasi dan perdagangan. Bank dapat menggunakan dana tersebut untuk membeli saham, obligasi, instrumen keuangan lainnya, atau bahkan terlibat dalam perdagangan mata uang asing. Potensi keuntungan dari investasi dan perdagangan ini dapat meningkatkan pendapatan bank.
  3. Pembayaran Bunga: Dalam sistem fractional reserve banking, bank dapat membayar bunga kepada nasabah atas simpanan yang mereka setorkan. Bunga ini dapat berasal dari keuntungan yang dihasilkan oleh bank melalui pinjaman dan investasi yang dilakukan dengan menggunakan sebagian besar dana simpanan nasabah.
  4. Multiplikasi Uang: Salah satu fitur utama fractional reserve banking adalah kemampuannya untuk menciptakan uang baru dalam ekonomi. Karena bank hanya perlu menyimpan cadangan kecil dan dapat memberikan pinjaman dengan jumlah yang lebih besar, proses ini menciptakan multiplier effect, di mana uang yang ada dalam sistem perbankan menjadi lebih besar daripada jumlah aslinya. Hal ini dapat menghasilkan ekspansi kredit dan pertumbuhan ekonomi.

Dalam semua contoh di atas, fractional reserve banking memungkinkan bank untuk menggunakan sebagian besar dana nasabah untuk memberikan pinjaman, melakukan investasi, dan menghasilkan keuntungan. Namun, bank harus mematuhi persyaratan cadangan minimum yang ditetapkan oleh otoritas pengawas perbankan guna menjaga stabilitas sistem perbankan.

Perlu diketahui bahwa Penggunaan kata fractional reserve banking tersebut sebenarnya seringkali ditemukan di Industri keuangan & perbankan, pekerja professional startup berbasis teknologi, hingga dalam forum forum meeting internasional, Rapat Bagian Keuangan, Rapat Koordinasi Pengelolaan Keuangan, Rapat Internal Perusahaan. Rapat Umum Pemegang Saham, Rapat Evaluasi Kinerja Perusahaan, hingga Obrolan Media Sosial seperti Instagram, Tiktok, Facebook Group, Twitter, Linkedin atau whatsapp telegram group.

 

Semoga penjelasan definisi kosakata fractional reserve banking dapat menambah wawasan & pengetahuan anda dalam berkomunikasi.

© 2022 – 2023, Bella Elvina. All rights reserved.

Artikel Lainnya oleh Tim editor emiten.com

Startup yang terus berkomitmen tingkatkan kualitas ekosistem pasar modal Indonesia

PT APLIKASI EMITEN INDONESIA