Contoh Peluang Bisnis Sampingan Yang Cocok Untuk Guru – Penghasilan seorang guru honorer memang dapat dibilang tidak cukup untuk kebutuhan sehari – hari. Banyak para guru honorer membuka usaha sampingan guna menambah penghasilan. Namun dengan syarat wajib untuk membagi waktu. Memang jam kerja guru terbilang fleksibel jika statusnya masih honorer. Hal ini bisa menjadi peluang tersendiri untuk menjalankan bisnis sampingan.

Jenis bisnis sampingan untuk guru sebagian besar memang hanya berupa belajar dan mengajar saja. namun berpotensi mendatangkan penghasilan cukup besar. jadi jangan risau terlebih dulu jika penghasilan anda minim. Selain memanfaatkan keahlian dalam mengajar anda juga bisa memanfaatkan fitur online untuk mendulang penghasilan yang menjanjikan. apa saja peluang bisnis sampingan yang cocok untuk guru, berikut ulasan selengkapnya untuk anda coba.

Peluang Bisnis Sampingan Untuk Guru

  1. Membuka Jasa Les Privat

Kegiatan belajar mengajar tentulah tak asing bagi seorang guru. Maka dari itu membuka jasa les privat adalah pilihan tepat untuk bisnis sampingan seorang pengajar. Anda bisa mengajar lebih dari satu materi jika anda menguasainya. Anda bisa memanfaatkan halaman rumah atau ruangan yang kosong sebagai tempat les privat. Bisnis sampingan satu ini bisa anda sesuaikan dengan waktu senggang anda pada sore atau malam hari.

  1. Jasa Kursus Bahasa Asing

Bagi anda yang menguasai bahasa asing seperti Korea, Jepang, Inggris, dll, maka bisa dimanfaatkan sebagai modal dalam membuka jasa kursus bahasa asing. Peluangnya sangat bagus karena era globalisasi kian meluas yang mengharuskan seseorang fasih berbahasa asing. Bahkan kebutuhan akan penguasaan bahasa asing tidak hanya diperlukan siswa saja namun mereka yang sudah lulus sekolah.

  1. Menjadi Penulis

Banyak guru yang memiliki karir lain di bidang kepenulisan. Karena menulis tak asing dengan dunia belajar mengajar. Di sela-sela waktu senggang anda bisa mencoba menyibukan diri dengan membuat karya tulis dan mengirimkannya ke penerbit atau media masa. Atau bisa menjadi penulis konten untuk sebuah blog. Peluang bisnis di bidang jasa ini sangat menguntungkan jika ditekuni dengan baik.

  1. Bimbingan Belajar Online

Di dunia digital saat ini bimbingan belajar pun tak hanya dilakukan secara tatap muka saja. namun bisa anda coba dengan memanfaatkan fitur online. tentunya cara tersebut sangat praktis. Anda tidak perlu menyiapkan tempat belajar. Hanya bermodalkan koneksi internet dan gadget saja. selain itu bimbingan belajar online juga terbilang praktis dan tidak terbatas ruang serta waktu.

  1. Jasa Pengetikan dan Print

Kebutuhan akan jasa pengetikan dan print masih tinggi kendati sudah banyak orang yang memiliki laptop. Mereka yang terlalu sibuk sangat memerlukan jasa untuk mengetik dokumen, dll. peluang ini bisa anda manfaatkan. Terutama jika anda memiliki kemampuan bahasa asing seperti bahasa Inggris karena biaya jasa pengetikan untuk bahasa asing lebih mahal.

Nah, itu dia berbagai contoh bisnis sampingan yang cocok untuk guru. Tertarik untuk mencobanya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Contoh Peluang Bisnis Sampingan Yang Cocok Untuk Guru

© 2021 – 2022, Moderator emiten.com. All rights reserved.

Artikel Lainnya oleh Tim editor emiten.com

Startup yang terus berkomitmen tingkatkan kualitas ekosistem pasar modal Indonesia

PT APLIKASI EMITEN INDONESIA

You cannot copy content of this page