Ketika kamu akan membeli rumah second/bekas, penting bagi kamu untuk memperhatikan beberapa hal-hal penting agar kamu tidak rugi di akhir. Kamu perlu berhati-hati ketika membeli rumah bekas apalagi jika nanti kamu ingin membeli lewat developer.

Pertimbangan-pertimbangan yang perlu kamu siapkan akan berbeda dibandingkan ketika membeli rumah baru. Simak kiat-kiat yang kamu perlu persiapkan saat akan membeli rumah bekas.

  • Cek Kembali Kondisi Rumah

Kamu perlu melakukan pemeriksaan secara cermat saat membeli rumah bekas, perhatikan sirkulasi udara dalam rumah, ketersediaan listrik, saluran airnya dan kondisi bangunan di dalam rumah juga seperti apa. Kamu dapat meminta tukang bangunan ataupun kontraktor untuk melakukan pemeriksaan rumah agar kamu yang akan menempatinya juga menjadi tenang dan merasa aman.

  • Perhatikan Kelengkapan Dokumen Rumah

Kamu perlu memastikan dokumen-dokumen rumahnya seperti SHM (Sertifikat Hak Milik) dan IM (Izin Mendirikan Bangunan), dan dokumen lainnya lengkap. Kamu bisa melakukan pengecekan di kantor pertanahan setempat.

  • Ketahui Kriteria Rumah Idamanmu

Ketika membeli rumah bekas kamu juga perlu membuat gambaran akan seperti apa rumah impianmu itu, karena walaupun membeli rumah bekas kamu juga harus tetap merasa nyaman.

  • Persiapkan Anggaran

Dalam mempersiapkan anggaran pembelian rumah kamu harus cermat dalam menghitung biaya-biaya yang akan digunakan untuk melunasi semuanya seperti pelunasan pembayaran rumah, renovasi maupun biaya lainnya. Ingat untuk selalu menyesuaikan budget dengan kemampuan finansial kamu.

Kamu bisa lho mempersiapkan anggaran untuk membeli rumah dengan berinvestasi, kamu bisa menyesuaikan time frame kapan akan membeli rumah dengan risiko investasi yang sesuai. Misalkan jika kamu akan membeli rumah dalam time frame yang panjang kamu dapat berinvestasi di saham, jika time frame kamu pendek kamu dapat berinvestasi pada reksa dana.

  • Lokasi Rumah

Perhatikan lokasi rumah bekas yang akan kamu beli, apakah dekat dengan fasilitas umum, atau apakah akses menuju kesana mudah, apakah lokasinya juga dekat dengan perkotaan. Pastikan lokasi rumah tersebut sesuai dengan kebutuhan kamu agar kamu merasa nyaman, aman dan tenang.