Pada era yang modern ini, Indonesia semakin berkembang namun masih banyak orang yang minim pengetahuan akan jasa maklon . Ketika kita ingin membuat suatu brand usaha kosmetik, kita perlu menggunakan suatu jasa yang memudahkan proses produksi hingga proses legalitas produk tersebut. Jasa maklon adalah salah satu solusi untuk memudahkan proses tersebut berjalan tanpa rumit dan panjang. Sebelumnya sudahkah kamu mengetahui apa itu maklon ?

Apa Pengertian Maklon ?

Seperti yang dijelaskan, maklon adalah kegiatan manufaktur produk yang dilakukan sesuai permintaan pihak lain. Istilah lainnya ialah makloon atau maklun. Dalam KBBI maklun adalah upah membuat pakaian, perhiasan, dan sebagainya. Kata maklon diambil dari kata bahasa Belanda yaitu, makloon yang berarti manufacturing fee atau biaya produksi. 

Maklon kosmetik adalah perusahaan yang menawarkan jasa pembuatan produk kecantikan seperti make up dan juga skin care. Selain maklon kosmetik, ada juga yang namanya maklon fashion. Maklon fashion dapat membantu bagi yang ingin membuat produk  fashionnya dengan brand sendiri. 

Berapa biaya dan waktu proses maklon kosmetik ?

Dalam pembuatan produk dengan menggunakan jasa maklon pastinya kamu harus mempersiapkan biaya maklon tersebut. Biaya maklon merupakan jumlah rupiah yang harus dibayar ketika menggunakan jasa produksi kosmetik di perusahaan maklon. Settiap manufaktur di industry kosmetik memiliki biaya yang berbeda-beda. 

Terdapat 3 tahapan pembayaran maklon, diantaranya. 

• Commitment fee

Biaya ini merupakan biaya yang dibayarkan untuk menandai perjanjian kerja sama antara pihak ADEV dan konsumen. Commitmet fee ini biasanya berkisar mulai dari Rp 15.000.000. besaranya tergantung dari jenis paket maklon yang dipilih. Tahap awal maklon terdiri dari pendaftaran merk, pendaftaran BPOM, hingga pembuatan desain. 

• Biaya pra-produksi

Setelah membayarkan commitmet fee, dan proses maklon telah berjalan hingga mendapat nomor kosmetik dari BPOM. Selanjutnya dapat melakukan pembiayaan pra-produksi. Biaya pra-produksi ini digunakan untuk segala kerpluan proses produksi, seperti bahan baku dan bahan kemas. 

• Biaya pelunasan

Tahap ketiga adalah biaya untuk melunasi nominal  yang disesuaikan dengan kuantitas atau jumlah produk sesuai yang telah disepakati. Minimum biasanya untuk pertama kali biaya maklon beberapa perusahaan maklon menawarkan biaya mulai dari Rp. 20.000.000, Rp 50.000.000  hingga Rp 100.000.000 Dengan melunasi biaya ini, bisa mendapatkan ongkos kirim gratis mencakup seluruh area di Indonesia. 

Dalam proses pembuatan sampel  biasanya membutuhkan waktu kisaran seminggu hingga dua minggu , dan untuk poses produksi biasanya membutuhkan waktu 3-6 bulan. 

Mengapa harus menngunakan jasa maklon ?

Tentunya dengan menggunakan jasa maklon kosmetik ini terdapat beberapa keuntungan bagi suatu brand kosmetik yang baru ingin membuka usahanya. Keuntungan dan manfaat tersebut antara lain. 

1. Mepermudah proses lisensi. Untuk mendapatkan izin proses izin oleh BPOM dan sertifikasi halal, membutuhkan proses yanf tidak sebentar dan akan menghabiskan banyak waktu untuk mengurusnya yang membuatmu sulit focus pada penjualan . maka dari itu, akan lebih baik jika menggunakan jasa maklon dalam waktu sekitar 6 bulan kamu sudah dapat segera memasarkan produkmu tanpa khawatir tentang lisensi. 

2. Tidak perlu mengkhawatirkan tempat produksi dan SDM. Memproduksi kosmetik dalam jumlah banyak pasti akan membutuhkan tempat produksi dan sumber daya manusia. Kamu todak perlu lagi memikirkan hal tersebut karena segala kebutuhan telah ditangani oleh pihat tersebut.

3. Modal Minimal

Jika ingin memiliki brand sendiri dan memaksakan untuk memproduksi sendiri dengan modal dan biaya yang pas-pasan tentunya akan sulit, karena biaya pembuatan pabrik kosmetik jika ditangani sendiri akan jauh lebih mahal.

4. Hanya fokus dengan pemasaran

Karena proses produksi telah diurus oleh pihak maklon, maka kamu dapat lebih focus mengurus pemasaran brand produkmu dan membangun awareness.

5. Lebih mudah menghitung keuntungan

Jika mengurus proses produksi sendiri, perhitungan dan rencana keuangan bisnis juga akan jauh lebih rumit. Menentukan harga jual produk pun juga jadi membutuhkan proses yang lebih panjang. Apabila kamu cukup membayar sekali untuk mendapatkan ratusan produk, kamu jadi lebih mudah menghitung biaya produksi dan menentukan harga jual. Dan jadi lebih mudah dalam menghitung keuntungan yang akan didapat.

Nah, itu tadi ulasan mengenai pengertian, cara kerja jasa maklon, beserta biaya dan waktu yang dibutuhkan hingga keunggulannya. Sudah banyak perusahaan penyedia maklon di Indonesia, tinggal memilih perusahaan terbaik dan terpercaya yang bisa memberi solusi bagi usaha Anda.

Artikel Lainnya oleh Tim editor emiten.com

Startup yang terus berkomitmen tingkatkan kualitas ekosistem pasar modal Indonesia

PT APLIKASI EMITEN INDONESIA