Email dimanfaatkan sebagai media untuk melancarkan strategi pemasaran oleh perusahaan agar produk bisnisnya semakin dikenal oleh masyarakat. Pemilihan email sebagai media promosi ini bertujuan untuk menjangkau konsumen secara lebih privat.

Bentuk dari promosi melalui email disebut sebagai newsletter dan biasanya berupa informasi spesifik mengenai produk bisnis dengan menyertakan momen atau hari tertentu agar strategi promosi bisa tersampaikan secara maksimal.

Berdasarkan pengertiannya, newsletter merupakan bentuk yang disebarkan melalui media email dan berisi pemberitahuan mengenai informasi terbaru seputar produk bisnis untuk menciptakan atensi konsumen, sehingga cepat menyadari hal tersebut.

Perusahaan harus bisa mengatur konsep dan isi dari newsletter agar konsumen bisa memahami dan mengerti betul pesan dari iklan yang disebarkan dan ditampilkan pada email.

Strategi pemasaran melalui newsletter begitu marak digunakan oleh berbagai perusahaan besar. Ini membuktikan jika pengaruh serta hasil yang diperoleh dari promosi produk iklan melalui media email begitu besar, sehingga digunakan secara berkala.

Setidaknya terdapat 5 keunggulan dari newsletter sebagai salah satu referensi dari berbagai macam pilihan strategi pemasaran online yang efektif. Berikut penjelasannya:

Tampilan Newsletter

Salah satu keunggulan dari newsletter adalah mampu menyediakan tampilan yang bisa diakses dari berbagai perangkat, entah itu melalui komputer, laptop, tablet, atau ponsel. Tampilan dengan user friendly akan semakin memudahkan konsumen untuk menyimak serta memahami makna dari pesan promosi di berbagai situasi karena pengaksesannya bisa dilakukan di mana saja.

Salah satu ciri tampilan newsletter yang baik adalah segala pesan promosi jika diakses dari berbagai perangkat, tidak menyebabkan pesan tersebut sulit terbaca.

Mementingkan Kesan Visual

Masih berkaitan dengan permasalahan seputar tampilan, visualisasi yang ditampilkan pada newsletter umumnya mengutamakan suatu hal menarik karena menyisipkan unsur-unsur estetik di dalamnya. Tidak melulu diisi oleh tulisan panjang, hal tersebut bisa diganti oleh sejumlah ikon atau simbol tertentu.

Unsur estetik ini pada akhirnya dinilai sebagai suatu hal yang bertujuan untuk menarik perhatian konsumen dan membuat mereka bertahan dalam waktu lebih lama untuk bisa memperhatikan konten promosi lebih lama hingga memahami betul pemaknaannya secara menyeluruh.

Ilustrasi Konten Bernilai Variatif

Saat menggunakan newsletter sebagai strategi promosi, salah satu keunggulan utamanya adalah ilustrasi konten yang dipromosikan bisa dipublikasikan secara beragam (variatif). Keberagaman ini semakin mempermudah langkah untuk mengembangkan bentuk konten dan memperluas kreatifitas perusahaan dalam menyajikan konten agar berkesan di benak konsumen.

Usahakan menghindari bentuk konten yang sama tiap melakukan promosi melalui newsletter karena itu akan menimbulkan kesan tidak kreatif dan monoton. Dengan disediakannya fitur terkait keragaman konten, perusahaan harusnya lebih mampu mendobrak inovasi dan kreatifitas baru mengenai bentuk konten.

Penyederhanaan Susunan Pesan Promosi

Penyusunan pesan promosi dapat diatur sedemikian rupa agar bisa lebih terlihat sederhana di mata konsumen. Apabila pesan bisa disajikan dengan kata-kata yang lebih sederhana maka konsumen mampu lebih cepat menemukan makna dari pesan tersebut.

Call to Action (CTA)

Call to Action berfungsi untuk memberikan petunjuk mengenai langkah apa yang selanjutnya harus dilakukan konsumen sesaat setelah menerima pesan promosi. Ini memudahkan perusahaan untuk mengarahkan konsumen agar melakukan sesuatu sesuai arahan serta petunjuk dari tujuan perusahaan melakukan promosi tersebut.

Dan dari sini perusahaan bisa lebih memastikan jika newsletter tersebut telah diterima dengan baik oleh konsumen atau bisa dikatakan tidak diabaikan secara langsung.

Penutup

Newsletter adalah bentuk kegiatan promosi melalui media email, di mana pembagian informasi berisi konten iklan sebuah produk mengenai adanya promo, penawaran produk baru, penyelenggaraan acara, dan sebagainya. Newsletter mempunyai beragam keunggulan hingga akhirnya marak dipilih sebagai strategi marketing oleh perusahaan besar dan berskala nasional.