Tabungan merupakan produk perbankan yang paling banyak diminati masyarakat dari jaman dahulu sampai sekarang, karena tabungan termasuk dalam bentuk simpanan yang tergolong aman dan mudah. Kebiasaan menabung memberikan dampak yang baik sebagai bentuk disiplin diri dan agar kita senantiasa menghargai setiap uang yang kita miliki.

Dengan belajar menabung sejak dini, maka di kemudian hari kamu akan merasakan benefitnya. Saat ini menabung tidak hanya dalam bentuk uang, melainkan bisa dalam bentuk emas, saham, maupun reksa dana. Dengan kamu menabung dalam instrumen investasi kamu akan merasakan return yang lebih besar daripada hanya menabung di bank dan tergerus inflasi.

Emiten.com telah akan membeberkan 5 manfaat menabung agar kamu semakin yakin dan semangat.

  • Siap Menghadapi Kebutuhan di Masa yang Akan Datang

Menyiapkan tabungan untuk hal-hal yang tidak terduga akan membantu kamu dalam merencanakan keuangan yang baik. Dengan adanya tabungan ini, dana yang telah kamu siapkan untuk tujuan-tujuan lain tidak akan terganggu misalkan ketika kamu harus mengganti spare part mobil kamu bisa dengan mudah membelinya karena kamu telah menyiapkan dana untuk itu.

Orang yang memiliki penghasilan tinggi akan kalah dengan orang yang merencanakan keuangannya dengan baik. So, persiapkan masa depanmu dari sekarang.

  • Mandiri Finansial

Kemandirian finansial memiliki arti kamu dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan nyaman tanpa perlu tergantung dengan penghasilan setiap bulan. Dengan kamu mandiri secara finansial kamu dapat berlibur kapanpun, tidak terikat pekerjaan dan dapat menikmati hari-hari tanpa perlu cemas akan kebutuhan hidup di masa depan.

  • Hubungan dengan Pasangan Semakin Baik

Ketika pasangan merasakan beban hutang dan merasa tidak memiliki uang yang cukup untuk kebutuhan mereka, hal ini akan menyebabkan rasa tegang, marah serta tidak percaya satu sama lain yang pada akhirnya akan berujung berakhirnya hubungan tersebut.

Dengan kamu mengelola keuangan dengan baik maka secara tidak langsung kamu juga memelihara hubungan baik dengan orang-orang terkasih.

  • Menjadi Lebih Disiplin

Ternyata menabung juga membutuhkan skill loh, yaitu komitmen dan konsisten secara terus menerus. Sekali saja kamu tidak konsisten maka nilai tabungan kamu akan berkurang sehingga keinginan untuk mandiri finansial pun menjadi semakin jauh. Seperti kata-kata Jim Rohn, “Bagi setiap usaha yang disiplin pasti ada hasil yang berlipat ganda”

  • Siap saat Menghadapi Krisis

Masa krisis tidak dapat diprediksi maka dari itu sebaiknya kita melakukan persiapan sebelum krisis terjadi. Menyiapkan dana darurat untuk berjaga-jaga dan menghindari kamu dari hal buruk yang tidak diinginkan akan menjadi salah satu jaminan agar kamu tetap on track dan tidak mengubah total rencana hidup kamu.

Dana darurat dapat dipersiapkan dengan investasi loh, salah satunya dengan berinvestasi pada instrumen jangka pendek yaitu reksa dana pasar uang maupun emas. Setelah dana darurat yang kamu miliki sudah terkumpul barulah mencoba untuk berinvestasi yang sifatnya jangka panjang contohnya investasi adalah saham. Kamu bisa cek di aplikasi Emiten.com untuk mendapatkan rekomendasi dan diskusi mengenai saham bersama analis yang bersertifikat dan terpercaya.