Kebanyakan pemilik motor merasa lega jika sudah melengkapi motornya dengan asuransi. Sehingga jika terjadi sesuatu hal yang tak terduga misalkan kecelakaan atau kerusakan, asuransi motor tersebut bisa sesegera mungkin diklaim.  Akan tetapi yang menjadi masalah adalah tidak semua klaim asuransi motor akan diterima oleh pihak perusahaan asuransi. Lantas, apa sebenarnya yang menjadi penyebab hal tersebut terjadi? Ada beberapa penyebab yang sebenarnya tentang mengapa klaim asuransi motor ditolak. Mengenai hal tersebut, kita akan mengupasnya dalam informasi berikut ini!

Penyebab Klaim Asuransi Motor Ditolak
Kelengkapan dokumen tidak dipersiapkan dengan baik
Ketika Anda akan mengajukan suatu klaim kepada sebuah perusahaan asuransi, baiknya sebelum klaim Anda berikan semua dokumen yang dibutuhkan harus disiapkan. Beberapa dokumen yang Anda harus siapkan diantaranya seperti SIM, STNK, surat keterangan dari polisi jika memang ada insiden kecelakaan atau kerusakan berat serta juga formulir pengajuan klaim.  Pastikan bahwa semua dokumen yang Anda berikan sebagai surat pengajuan suatu klaim lengkap dan tak ada yang tertinggal. Karena jika ada berkas yang tertinggal, maka dengan berat hati perusahaan asuransi akan menolak klaim yang Anda sudah ajukan.

Kejadian melanggar aturan lalu lintas

Jika kecelakaan yang dialami adalah karena faktor kelalaian Anda dan disebabkan karena melanggar aturan lalu lintas, maka tentu tanpa berpikir panjang asuransi akan menolak klaim yang Anda ajukan. Klaim juga akan ditolak jika ada korban jalanan yang diakibatkan kesalahan pengemudi.

Nama yang tercantum pada polis berbeda

Klaim yang diajukan bisa diterima oleh perusahaan asuransi jika informasi tentang data diri pemilik kendaraan sesuai dengan informasi data diri yang tercantum pada polis. Namun jika informasinya berbeda, maka perusahaan asuransi akan secara langsung melakukan penolakan atas klaim asuransi yang diajukan.  Karena itu sebelum melakukan klaim, Anda harus pastikan bahwa nama kendaraan yang mengalami masalah tersebut sesuai dengan nama kendaraan yang akan diklaim pada polis asuransi agar tidak terjadi penolakan atas klaim yang diajukan.

Klaim ditolak jika masa berlaku polis sudah habis

Baiknya Anda berupaya agar masa berlaku polis tidak memiliki tenggang waktu sehingga pengajuan klaim bisa dilakukan kapan saja ketika motor Anda mengalami kerusakan. Hal tersebut penting karena beberapa perusahaan asuransi memberlakukan masa tenggang di awal pembuatan polis asuransi.  Selain itu baiknya Anda juga pastikan jika pengajuan klaim belum melebihi atas batas waktu yang telah ditentukan. Jika tanggalnya sudah lewat, maka klaim akan secara otomatis ditolak.

Modifikasi pada kendaraan yang diklaim
Segala macam model dan bentuk modifikasi pada kendaraan sudah pasti akan menggagalkan proses klaim. Hal tersebut karena sebagian langkah modifikasi justru dapat merusak beberapa komponen pada motor sehingga tindakan tersebut dilarang oleh perusahaan asuransi.
Pun jika Anda ingin melakukan modifikasi, baiknya Anda lakukan konsultasi terhadap pihak asuransi. Sehingga dengan begitu Anda bisa lebih tahu bagian mana yang boleh Anda ganti dan mana yang tidak boleh Anda ganti sehingga polis tetap bisa digunakan di kemudian hari karena sudah ada kesepakatan.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan klaim asuransi motor ditolak. Jika Anda ingin sesuatu hal yang lebih mudah tanpa penolakan, maka Anda bisa mengarahkan dana Anda untuk berinvestasi. Salah satunya adalah investasi saham.

Untuk mendapatkan informasi tentang semua hal yang berkaitan dengan saham, Anda bisa bergabung dengan komunitas investasi saham perusahaan public atau non public melalui emiten.com. Disana Anda akan temukan juga berbagai pilihan investasi saham yang sesuai dengan profil resiko Anda.