Jika Anda tertarik untuk membuka bisnis di dunia digital dan website, maka hal penting yang harus diperhatikan adalah nama domain untuk situs web Anda.

Penting untuk mengurusnya karena hal itu yang memungkinkan pembaca atau pelanggan untuk terlibat dalam bisnis Anda secara online dengan cara yang mudah dan dan lebih nyaman.

Sebelum mendaftarkan nama domain, Anda perlu untuk memilih TLD (Top Level Domain) yang cocok dengan bisnis Anda. Apa itu TLD?  TLD (Top Level Domain) adalah bagian terakhir dari nama domain. Contohnya seperti “.com”, “.net”, “.org”, “.biz” dan seterusnya.

 

Perbedaan GTLD dan CCTLD

Pada dasarnya ada dua jenis TLD, yaitu CCTLD dan GTLD. Apa perbedaan GTLD dan CCTLD? Simak penjelasan di bawah ini.

 

Apa itu GTLD

GTLD adalah singkatan dari generic Top Level Demain. Sesuai dengan namanya, kata generic mengindikasikan hal yang umum. Oleh sebab itu, penggunaan domain ini tidak bergantung pada negara manapun.

Dengan demikian, Anda dapat mendaftarkannya menggunakan internet manapun di seluruh dunia. Kemungkinan besar, Anda tentu mengenal sebagaian besar contoh domain GTLD ini.

Berikut adalah contoh domain GTLD dan fungsinya.

.com = cocok untuk berbagai jenis komersial dan bisnis.

.net = layanan jaringan.

.org = organisasi.

.edu = cocok untuk lembaga pendidikan.

.gov = pemerintah

.mil = dinas militer

.aero = transportasi udara

.biz = bisnis

.info =berbagai informasi yang tidak terbatas

.museum= untuk museum

.pro = cocok untuk profesi dokter atau orang yang ahli di bidang tertentu.

 

Apa itu CCTLD?

CCTLD dan GTLD memiliki perbedaan yang mudah kita temukan. CCTLD adalah singkatan dari  Country Code Top-Level Domain. Artinya, CCTLD adalah domain yang memiliki ciri khas tertentu berdasarkan kode-kode negara yang mereka pakai.

 

Nama Country Code Top-Level Domain (CCTLD) diakhiri dengan dua karakter kode negara yang telah ditentukan oleh Organisasi Standar Internasional (ISO).

Ada lebih dari 300 kode negara yang ada pada TLD. Berikut beberapa diantaranya:

 .ac = Ascension Island

.ca = Canada

.cz = Czech Republic

.uk = United Kingdom

.uz = Uzbekistan

.id =Indonesia

Dari pengertian domain tersebut menunjukkan bahwa penggunaan CCTLD ini dikhususkan untuk wilayah geografis tertentu sehingga aksesnya dibatasi. Tidak semua orang bisa mengaksesnya.

Namun, ada CCTLD yang dapat dibuka oleh orang dari berbagai negara karena aksesnya yang tidak dibatasi contohnya adalah “.me”, “.co”, “.tv”, “.fm”.

 

Perbedaan CCTLD dan GTLD

Dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa perbedaan GTLD dan CCTLD sangat kontras yakni terletak pada titik lokasinya. Jika domain GTLD bersifat bebas dan tidak ditargetkan untuk negara tertentu sebaliknya, CCTLD hanya digunakan di negara tertentu.

GTLD lebih menguntungkan karena dapat menyediakan akses mudah ke alamat internet. Sebaliknya, membeli domain CCTLD tidaklah mudah. Artinya hanya orang yang berwenang atau badan pemerintah yang dapat membeli nama domain setelah memenuhi prosedur hukum.

 

Dalam menentukan mana yang baik antara CCTLD dan GTLD pada situs web Anda, dampak SEO adalah hal berikutnya yang harus Anda pertimbangkan.

Perayap mesin pencari melakukan SEO tergantung pada jenis alamat situs web yang Anda miliki. Jika Anda mendaftar dengan GTLD, Google mengetahui bahwa Anda memiliki situs web netral sementara CCTLD menekankan SEO berbasis lokasi.

Dengan kata lain, Google selalu berusaha memberikan hasil yang paling relevan berdasarkan apa yang dicari pengguna. Ketika seseorang mencari layanan lokal, situs web yang menggunakan CCTLD memiliki keuntungan dan masyarakat lokal biasanya lebih mempercayai situs web ini.

Oleh karena itu, berdasarkan perbedaan GTLD dan CCTLD, untuk situs web layanan khusus, CCTLD adalah alternatif yang jauh lebih disukai dan untuk ekspansi bisnis internasional, GTLD adalah alternatif yang lebih baik.

Itulah penjelasan mengenai apa itu GTLD dan CCTLD sebelum menentukan domain mana yang cocok untuk bisnis Anda. Semoga membantu.***

Perbedaan GTLD dan CCTLD yang Perlu Anda Ketahui

© 2021 – 2022, Moderator emiten.com. All rights reserved.

Artikel Lainnya oleh Tim editor emiten.com

Startup yang terus berkomitmen tingkatkan kualitas ekosistem pasar modal Indonesia

PT APLIKASI EMITEN INDONESIA

You cannot copy content of this page