Kaktus yang memiliki nama latin cactaceae ini memiliki tampilan yang unik dan menarik, tanaman berduri ini sekarang menjadi tanaman yang cukup populer lho, tanaman ini juga bisa dirawat secara mudah karena tanaman ini tidak mudah untuk layu.

Selain itu tanaman ini cocok untuk digunakan sebagai hiasan di dalam rumah maupun di halaman rumah kamu, kaktus sendiri memiliki harga yang relatif murah maka dari itu banyak orang yang memilih untuk menanam kaktus. Walaupun banyak kelebihan yang dimiliki oleh kaktus tetapi kamu tidak boleh menyepelekan cara saat merawatnya karena nanti kaktus akan membusuk dan mati. Tentu kamu tidak ingin hal ini terjadi kan?

Kalau begitu yuk simak beberapa cara untuk merawat kaktus yang benar dibawah ini.

1. Pemilihan pot

Kamu bisa memilih pot yang memiliki lubang dibawahnya saat menanam kaktus, karena pot yang memiliki lubang ini agar tidak ada sisa air yang terjebak didalam pot, jika kamu memilih pot yang berlubang dibawah otomatis saat kamu menyiram air tersebut akan merembes keluar.

Karena ketika air terjebak di dalam pot, media tanah tersebut akan menjadi lembab dan kaktus akan mengalami pembusukan. Kamu bisa memilih material pot tembikar atau terakota.

2. Beri pupuk secara berkala

Kaktus juga sama seperti tumbuhan lain yang membutuhkan pupuk untuk tumbuh dengan subur. Pupuk NPK dapat kamu jadikan pilihan untuk tanaman kaktus, berikan pupuk 1-2 bulan sekali secara rutin ya.

3. Posisi kaktus harus dipindah secara berkala

Dengan kamu memindahkan kaktus secara berkala ini tujuannya adalah agar kaktus mendapatkan sinar matahari secara merata sehingga kaktus juga akan lebih kebal karena sudah terlatih untuk beradaptasi dengan lingkungan baru.

4. Tidak menyiram kaktus terlalu sering

Kaktus ini merupakan tanaman yang tidak terlalu banyak menggunakan air, biasanya kaktus dapat kamu siram 1-2 minggu sekali dengan menyemprotnya itu sudah cukup untuk kaktus, karena jika berlebihan maka kaktus akan cepat membusuk.

5. Konsumsi sinar matahari yang cukup

Jenis kaktus yang biasa ditanam dirumah ini berbeda dengan kaktus yang berada diluar rumah, kaktus yang berada diluar rumah memiliki jaringan yang kuat dan telah terbiasa terkena sinar matahari langsung tetapi kaktus yang indoor tidak boleh terkena sinar matahari langsung karena bisa terbakar kamu bisa menaruh kaktus di dekat jendela minimal 4 jam setiap hari agar sinar yang masuk cukup tetapi tidak terlalu panas.

Sudah tahu kan caranya merawat kaktus dengan benar? Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu para pencinta kaktus.