Buku Lengendaris Think and Grow Rich (Berpikir dan menjadi kaya) karya Napoleon Hill membantu kita untuk mencapai kekayaan yang kita ingin kan selama ini hanya melalui kekuatan pikiran.

Mencapai kekayaan sebenarnya bukan hal mudah dan juga bukan hal sulit karena selain diperlukan kerja keras, tetapi juga diperlukan keberanian, persiapan dan kemantapan untuk benar menerima kekayaan tersebut.

Bermimpi adalah langkah awal

Napoleon menceritakan cerita tentang Edwin C. Barnes, pria yang sangat ingin bertemu & bekerja untuk Thomas A Edison. Padahal Barnes tidak mengenal Thomas Edison & bahkan Barnes tidak mampu membayar perjalanan ke Kantor Edison.Kendala ini pasti terasa tidak masuk akal bagi kebanyakan orang, tetapi tidak bagi Barnes yang sangat sangat ingin bekerja dengan edison. Barnes kekeh berangkat menggunakan kereta barang & berusaha untuk mendapatkan interview pekerjaan.Melihat kegigihan Barnes, Edison merasa harus mencoba memperkerjakan Barnes sebagai karyawan biasa. Hal ini tidak mengganggu fokus Barnes & keinginan dia untuk menjadi partner Edison (bukan menjadi karyawan edison loh). Barnes terus bekerja keras dan menunggu momen tersebut datang, Suatu ketika Edison baru saja menemukan mesin baru dan tidak ada sales yang dapat menjual. Barnes melihat kesempatan tersebut dan menjadi tenaga penjual hasil temuan edison yang dinamakan “ediphone” ! Barnes pun sukses menghasilkan jutaan dollar pada waktu itu.Kesuksesan barnes tersebut hingga mendatangkan slogan “invented by Edison and installed by Barnes”.

Kesimpulan: Barnes kekeh untuk menjadi partner Edison, Coba tebak apa yang barnes miliki dibandingkan orang lain ? Barnes tau apa yang dia inginkan & kekeh hingga goal dia tercapai. Barnes dapat menyerah dari awal & melupakan semua impiannya, namun kegigihan dia mendatangkan kesuksesan besar.

Kesuksesan datang setelah kegagalan 

Napoleon Hill memberikan contoh seorang pria yang menuju barat dengan tujuan mencari emas. Pria tersebut dengan cepat mengeruk emas tersebut & mulai menghasilkan banyak uang dari tambang emasnya hingga suatu hari tambang emas tersebut habis. Lantas Pria tersebut menyerah pada akhirnya.

Cerita tambahan dari napoleon hill, adalah bagaimana seorang Henry ford merevolusi industri otomotif amerika melalui karyanya mesin V8. Semua tenaga ahli pada saat itu berkata tidak mungkin  secara teknologi pada masanya. Ford tetap berusaha mencoba terus setelah 6 bulan berlalu, kemudian 6 bulan lagi berjalan yang berakhir sia sia. Ford tetap yakin bahwa semua tenaga ahlinya untuk terus mencoba hingga suatu hari, Para tenaga ahli menemukan rahasia bagaimana menciptakan mesin V8.

Rasa Keinginan Kuat

Bayangkan bila dalam perjalanan naik kereta barang menuju bertemu Thomas Edison, Barnes berandai andai ditolak untuk bertemu thomas edison, tidak dapat kesempatan interview. Rasa keinginan Barnes yang kuat membuat Barnes tetap optimis dan membayangkan bagaimana Barnes telah berkerja sebagai Partner Edison, tidak ada sedikitpun pemikiran atau bayang bayang ditolak.

Rasa keinginan yang kuat bukan harapan palsu atau angan angan bagi Seorang Barnes, Perbedaan perspektif antara Barnes bagi banyak orang adalah Barnes hanya sebagai bagian karyawan biasa dari Bisnis Thomas Edison, sedangkan dalam Pemikiran Barnes sendiri adalah Dia menjadi partner Thomas Edison sejak hari pertama bekerja.

Lantas, Bagaimana rahasia untuk dapat mempertahankan keyakinan keinginan dalam pikiran ?

Napoleon menceritakan sebuah kisah lama tentang sekelompok pejuang yang berlayar ke pertempuran yang berat untuk dimenangkan. Dan Ketika sampai di medan perperangan, Pemimpin penjuang tersebut meminta tentaranya sendiri untuk membakar satu satunya perahu yang tersisa dan berkata: "Menang Berperang atau Mati". Dan mereka pun berhasil memenangkan pertempuran yang seharusnya sulit untuk dimenangkan.
Contoh ini menegaskan bahwa Mereka yang benar benar ingin sukses dalam bisni, harus fokus menghilangkan semua sumber yang membuat kita berpikir kebelakang atau mundur nyerah. Dengan tidak ada opsi lari atau mundur, Ini adalah satu-satunya cara untuk mempertahankan keinginan kuat untuk menang dalam pikiran, yang tanpa kita sadari merupakan kunci sukses.
  1. Tetapkan jumlah pasti berapa digit nilai uang yang ingin anda miliki
  2. Kemudian tenangkan pikiran dan pastikan seberapa kuat anda akan berjuang berkorban demi mendapatkan uang tersebut.
  3. Tetapkan Batasan Kapan anda harus sudah mendapatkan uangnya
  4. Sisanya anda jabarkan semua rencana anda detail kemungkinan cara mendapatkan uang tersebut, pertimbangkan rasio kemungkinan masuk akal tidak.
  5. Langsung gerak tanpa berpikir panjang dengan semua rencana tersebut
  6. Tulis dalam selembar kertas dan baca goal tersebut dua kali dalam sehari sebelum tidur dan setelah bangun tidur.Lakukan terus menerus dimana anda harus melihat merasakan dan percaya bahwa uang tersebut dapat anda miliki.

IMAN PERCAYA

Iman Percaya adalah Keadaan Pikiran yang menegaskan atau mengulang ulang perintah ke alam bawah sadar dengan menggunakan prinsip sugesti otomatis. Salah satu cara mengembangkan iman kepercayaan secara efektif adalah mengulang ulang terus menerus perintah spesifik jelas ke alam bawah seseorang.

Saya ingin 10 miliar rupiah, Saya ingin rumah 10 milyar dan seterusnya. Semua pikiran, baik positif atau negatif akan mempengaruhi alam bawah sadar.

Seorang pria ketika dipaksa untuk berbuat kriminal, sudah pasti akan menolak. Namun bila diulangi terus menerus, hingga ketiga keempat, Pria tersebut akan terbiasa dan meyakini bahwa menjadi kriminal adalah hal biasa. Terlepas Baik atau buruk, pemikiran berulang terus menerus akan meresap ke al
Semua pikiran berulang-ulang, akhirnya diterima oleh alam bawah sadar kita, entah itu baik atau buruk.

Kebanyakan orang akan merasa takdir mereka adalah miskin sampai mati,  dan oleh karena itu mereka akan meyakini dirinya: “Saya tidak akan pernah kaya”. Dan akhirnya, mereka akan benar tetap miskin. Iman adalah keadaan pikiran yang diciptakan oleh sugesti otomatis, otomatis tanpa disadari.

Iman yang sangat kuat adalah iman kepercayaan yang masuk ke alam bawah sadar anda & otomatis memengaruhi tindakan Anda. Keyakinan iman ini adalah langkah awal menuju kekayaan dan terus sadar akan pentingnya mengusir pikiran negatif: “Saya capek kerja keras & Saya lelah terus mencoba, sebaiknya saya istirahat dulu weekend ini” padahal energi anda dan semua kebutuhan anda tercukupi namun anda menunda untuk bekerja lebih ekstra agar kebebasan finansial anda lebih cepat tercapai.

Pengaruh Auto sugesti ke alam bawah sadar

Tahukah anda bahwa Alam bawah sadar itu seperti taman, dibiarkan tanpa dirawat, maka tanaman liar akan tumbuh & bila dirawat dengan baik, tanaman positif akan tumbuh layaknya pikiran positif tumbuh. Suburkan pikiran anda dengan pikiran positif, maka, semua pikiran negatif akan hilang dan Anda akan berhasil dalam segala hal yang Anda lakukan.

Perhatikan 6 bonus Tips Langsung Praktek diatas  yang mengajak anda untuk membacakan rencana tertulis anda sebanyak 2 kali sehari. Bila anda hanya membaca sekedarnya, meskipun dengan suara keras berteriak, hasil yang dicapai tidak maksimal hingga mencapai alam bawah sadar anda.

Gunakan emosi juga ketika membaca rencana tertulis tersebut ! Bayangkan orang yang anda cintai, dapat menjadi lebih sehat bahagia ketika anda berhasil mencapai rencana tersebut. Bayangkan anda dapat menolong orang banyak melalui rencana anda! Bayangkan bagaimana anda sukses, disaat semua orang berkata mustahil.

PENGETAHUAN KHUSUS + PENGALAMAN 

Dalam mencari kekayaan, terdapat dua perbedaan yang dimiliki kebanyakan orang, yakni Generalis & Spesialis. Generalis dideskripsikan sebagai orang yang memiliki berbagai kemampuan secara umum dalam banyak hal, sedangkan spesialis adalah orang yang memiliki kemampuan dan keilmuan khusus pada satu bidang dan menekuninya sebagai profesi.

Lamanya anda belajar tidak akan membantu anda menjadi kaya, seperti kita ketahui banyak professor yang juga miskin. Hal ini sebagai kesalahan sistem pendidikan dimana sekolah tidak mengajarkan cara menggunakan ilmu tersebut dalam organisasi

Dalam sebuah interview dengan Henry Ford, Dia berkata: Saya bekerja dengan orang orang yang terbukti mampu menjawab semua pertanyaanmu, dan saya hanya cukup menekan satu tombol, mereka datang dan menjawab semua pertanyaanmu, Lantas kenapa saya harus mencoba lagi menjawab ketika saya sudah bekerja dengan orang yang mampu menjawab ?

Sebelum anda mengubah keinginan anda menjadi hasil nyata bernilai ekonomi, maka anda harus setidaknya memiliki keahlian khusus dibidang tertentu, pengetahuan tentang layanan, jasa/produk yang akan anda coba tawarkan untuk ditukar dengan uang tak terbatas.

Bagi kebanyakan orang belajar harus identik dengan sekolah atau kursus, sebenarnya Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Anda dapat belajar darimana saja seperti online atau buku. Seringkali banyak orang berhenti belajar ketika mereka telah selesai kuliah dan berakhir menjadi orang biasa biasa saja.

Untuk menjadi pribadi sukses, anda harus terus meningkatkan ilmu pengetahuan

IMAJINASI KREATIFITAS

Imajinasi membuat manusia melampaui batasan batasan yang hanya mereka pikirkan, sebagai contoh dengan imajinasi, manusia berandai andai menuju luar angkasa, manusia dengan kreativitas mampu menciptakan alat transportasi dengan kecepatan lebih cepat dari suara.

Napoleon Hill membagi dua jenis imajinasi kreatifitas:

  • Imajinasi Sintetis dimana hanya membuka kembali konsep lama, ide lama dan rencana lama. Kreatifitas Sintetis ini bersifat pengalaman atau penelitian yang sudah ada sebelumnya. Misal manusia berhasil terbang dari satu tempat ke tempat kemudian berusaha terbang ke luar angkasa.
  • Imajinasi Kreatif adalah pikiran tanpa batas dan menciptakan ide baru. Misal Manusia berusaha memecahkan solusi transportasi dengan pintu kemana saja untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain semudah membuka pintu.

Kreatifitas mendatangkan ide, sedangkan ide yang baik belum tentu menjadikan produk/jasa laku keras di pasar. Bila tidak laku keras di pasar, maka uang tidak akan datang kepada anda.. Anda perlu menyadari hal ini dan jangan terjebak menjadi penjual produk/jasa yang buruk meski anda merasa ide tersebut bagus. Mereka yang kaya adalah mereka yang mampu memenuhi permintaan dari segelintir banyak orang di suatu wilayah.

Keinginan, Rencana & Tindakan

Segala sesuatu karya diciptakan oleh seseorang dimulai dari keinginan yang menghasilkan rencana dari hal abstrak menjadi tindakan nyata.
CARA mengembangkan rencana menjadi tindakan:
~ Kumpulkan semua orang yang dibutuhkan agar rencana Anda berhasil
~ Tentukan keuntungan dan manfaat yang dapat ditawarkan kepada mereka sebagai imbalan atas kerja sama mereka.
~ Atur pertemuan dengan anggota grup Anda setidaknya dua kali seminggu sampai rencana Anda selesai.
~ Akhirnya tercipta kerjasama sempurna antar anggota grup Anda
#### BONUS: Bersabarlah sampai kamu berhasil ketika bertindak
Jika rencana pertama yang Anda buat gagal, gantilah dengan rencana baru. Jika tidak berhasil juga, ganti lagi dengan yang baru dan seterusnya sampai Anda menemukan yang berfungsi. Di sinilah sebagian besar orang berkecil hati dan gagal karena kurangnya ketekunan.
 “Orang yang menyerah tidak akan pernah menang dan seorang pemenang tidak akan pernah menyerah”
#### BONUS: Elemen kunci dari tindakan yang sukses adalah kepemimpinan 
Untuk dapat menjadi pemimpin hebat, anda harus mulai dari menjadi pengikut, Mereka yang berhasil menjadi pemimpin hebat karena mereka pernah menjadi pengikut yang cerdas.
Perilaku yang harus dikembangkan semua pemimpin & bagi yang ingin jadi pemimpin:
Keberanian, Kontrol diri, Rasa keadilan, Keteguhan dalam mengambil keputusan, Akurasi Keberhasilan rencana, Kebiasaan melakukan lebih dari yang lain, Kepribadian yang menyenangkan, Simpati dan pengertian, Kontrol detail, Kesediaan untuk mengambil tanggung jawab penuh & Kerja sama.

Pada penutup Buku THink Grow Rich, Napoleon Hill menegaskan kembali bahwa ” Setiap kesuksesan, Setiap Kemakmuran selalu diawali dengan ide”

© 2022, Moderator emiten.com. All rights reserved.

Artikel Lainnya oleh Tim editor emiten.com

Startup yang terus berkomitmen tingkatkan kualitas ekosistem pasar modal Indonesia

PT APLIKASI EMITEN INDONESIA

You cannot copy content of this page