Semua orang pasti mendambakan untuk tetap terlihat awet muda , terutama seorang wanita. Namun, seiring bertambahnya usia dalam kehidupan kita kerutan dan garis-garis halus pada wajah mulai bermunculan . keriput merupakan hal alamiah yang terjadi pada seluruh manusia. Biasanya, keriput juga muncul apabila kulit sering terpapar sinar matahari. Untuk mengatasi hal tersebut berbagai cara dapat dilakukan salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Dan kini terdapat beragam pilihan perawatan di klinik kecantikan yang dapat dicoba. Salah satunya adalah dengan perawatan botox. Lantas, apa itu suntik botox ?

Pengertian Suntik Botox

Suntik botox adalah perawatan Anti-Wrinkle Injection atau yang biasa disebut dengan  Botox (Botox merupakan sebuah nama brand bukan sebuah treatment) yang menjadi perawatan wajah yang terkenal. Botox digunakan untuk meminimalisir dan menghilangkan semua kerutan yang muncul pada kulit menggunakan toksin dari bakteri Clostridium botulinium. Toksin ini berperan untuk melemahkan otot-otot yang menyebabkan kerutan. Perawatan dengan botulinum toxin sangat mudah. Proses injeksi di area kerutan menggunakan jarum kecil yang lebih dari satu suntikan untuk memperoleh hasil yang maksimal. Botox menghasilkan wajah lebih segar dan muda.

Manfaat suntik Botox

Terdapat beragam manfaat dalam suntik Botox untuk kecantikan. Kegunaan botox dalam bidang dermatologi diperuntukan untuk otot-otot ekspresi wajah. Adapun beberapa manfaat suntik Botox pada kulit wajah adalah .

·         Mampu merelaksasikan otot-otot di sekitar wajah

·         Penyembuhan lebih cepat

·         Menghilangkan kerutan atau garis halus pada wajah

·         Pengerjaan cepat

·         Prosedur aman, tanpa operasi

·         Dapat beraktivitas kembali usai perawatan

Manfaat lain dari suntik Botox selain untuk kecantikan ialah dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit akibat kontraksi otot seperti contoh berikut ini :

·         Distonia servisk (kontarksi otot leher)

·         Hiperdosis ( keringat berlebihan)

·         Strambius atau juling

·         Kontraksi otot

·         Disfungsi kandung kemih atau kandung kemih terlalu aktif

·         Cerebral palsy

·         Blepharospasm atau berkedip tidak terkendali

·         Keringat ketiak berlebihan.

Berapa harga suntik Botox ?

Untuk sekali suntik, harga suntik Botox terbilang tidak murah. Itu sepadan dengan khasiat yang diperoleh. Ketika melakukan suntik Botox, biaya yang dikeluarkan untuk sekali suntik mencapai Rp 1.250.000 per 10 unit. Namun, harga setiap pasien tidak sama. Karena setiap individu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Misalnya, wanita yang masih muda atau remaja membutuhkan 10 unit sedangkan wanita yang sudah cukup berumur memmerlukan 20 unit untuk mengatasi kebutuhan tiap permasalahan wajahnya tersebut.

Adakah efek samping dari suntik Botox ?

Secara umum, suntik botox diketahui tergolong aman apabila dilakukan dengan dosis yang tepat dan sesuai serta dilakukan oleh dokter yang sudah berpengalaman. Dikutip dari CNN Indonesia , penelitian menunjukan bahwa botox biasanya menngunakan dosis kecil sehingga dapat terbilang aman.  Botox sudah mengantongi izin dari Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat untuk kebutuhan kosmetik dan mengobati bebagai penyakit medis seperti kejang otot, keringat berlebih, dan sindrom Tourette.  Namun, meski demikian tetaplah menggunakan perawatan botox yang aman dan telah terverivikasi. Dan tetap waspada sebab suntik botox masih memungkinkan terjadi nya beberapa efek samping seperti berikut :

·         Demam

·         Sakit kepala

·         Kedinginan

·         Nyeri, bengkak , atau memar di lokasi suntikan

·         Birbir tampak miring dan keluar air liur

·         Alis miring dan kelopak mata turun

·         Keluar air mata berlebihan atau mata kering.

·         Kelumpuhan saraf wajah

Jadi, suntik botox merupakan pilihan yang terdapat beberapa manfaat bagi kecantikan wajah maupun keperluan medis. Beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa manfaatnya juga lebih banyak dari pada efek sampingnya . namun, tetap waspada dan pilihlah perawatan yang aman serta konsultasikan pada dokter yang berpengalaman.

© 2022, Izabella ramadhani. All rights reserved.

Artikel Lainnya oleh Tim editor emiten.com

Startup yang terus berkomitmen tingkatkan kualitas ekosistem pasar modal Indonesia

PT APLIKASI EMITEN INDONESIA

You cannot copy content of this page