Merebaknya wabah pandemi covid-19 ini telah menciptakan berbagai macam kebijakan yang pemerintah Indonesia lakukan guna mengurangi tingkat kasus covid-19 yaitu salah satunya saat ditetapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di beberapa daerah yang memaksa kamu untuk work from home (WFH).

Ketika work from home ini mulai diterapkan pasti akan memberikan perubahan yang cukup mengejutkan untuk para pekerja sehingga akan berpengaruh pada produktivitas kamu ketika bekerja. Kami akan memberikan beberapa tips untuk kamu agar tetap produktif selama work from home.

  • Ciptakan suasana yang tenang dirumah

Kamu dapat mencoba menciptakan suasana yang tenang dirumah, karena mungkin kamu akan terganggu dengan kegiatan orang rumah yang datang misalkan seperti meminta tolong, meminta bantuan, mendengar suara-suara televisi dan lain-lain.

Kamu dapat menciptakan suasana yang tenang dengan menyalakan musik lembut seperti suara hujan, suara air mengalir atau suara kicauan burung. Musik lembut dengan suara alam ini dapat menenangkan kamu dan mengaktifkan bagian otakmu menjadi lebih tenang dan tentu akan meningkatkan konsentrasimu.

  • Menjaga porsi makanmu

Jaga asupan makan mu selama work from home, tetap sarapan dan makan siang selayaknya ketika kamu bekerja di kantor karena ketika kamu merasa lapar maka otak tidak dapat diajak berpikir. Jangan lupa juga untuk beristirahat sebentar ketika sedang kelelahan.

  • Ciptakan ruang kerja yang nyaman

Selama work from home kamu perlu mempersiapkan ruang kerja yang nyaman demi mendukung aktivitas bekerjamu, mungkin kamu dapat memberikan sentuhan personal pada ruang kerja sepeti memasang diffuser aromatheraphy, mengatur posisi meja dan posisi kursi yang nyaman. Ruang kerja yang nyaman ini dapat membuat kamu lebih berkonsentrasi dan fokus saat bekerja.

  • Buat rencana kerja yang konsisten

Kamu dapat membuat jadwal yang berisi list-list pekerjaan yang harus kamu lakukan dalam sehari, sertai juga target yang mesti dicapai dengan waktu disetiap list nya. Atur tingkat prioritas pada pekerjaan yang telah kamu rencanakan sehingga pekerjaan yang penting dapat diselesaikan terlebih dahulu.

Dengan merencanakan pekerjaan ini dapat mencegah kamu untuk menunda-nunda pekerjaan dan usahakanlah agar disiplin dan stick to plan.

  • Luangkan waktu istirahat

Walaupun kamu sedang bekerja dirumah, kamu juga memerlukan waktu istirahat apalagi ketika sedang dihadapkan dengan banyak pekerjaan. Kamu bisa mengambil break setelah menyelesaikan beberapa pekerjaan, misalkan kamu bisa berjalan-jalan dengan menghirup udara segar di halaman rumah, makan siang atau menyeduh teh atau kopi. Dengan kami melakukan ini pikiran dan badan kamu akan menjadi lebih fresh dan siap melanjutkan pekerjaan lagi.