Bisnis kedai kopi semakin marak belakangan ini. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya jumlah masyarakat penikmat kopi dan penyuka kumpul-kumpul. Kedai kopi bisa menjadi tempat orang-orang bercengkrama bersama teman atau keluarga. Bisnis ini juga dinilai lumayan menguntungkan. Apalagi jika kedai yang dimiliki memiliki fasilitas lengkap, maka puluhan juta bisa didapatkan hanya dalam waktu sehari saja.

Pada artikel berikut ini akan dijelaskan alasan mengapa kedai kopi menguntungkan beserta cara mendirikan bisnisnya.

Alasan Bisnis Kedai Kopi Menguntungkan

Inilah beberapa alasan kedai kopi merupakan pilihan bisnis yang menguntungkan.

  1. Teman untuk Ngobrol
    Kopi telah menjadi teman untuk ngobrol bersama kerabat. Oleh sebab itu, usaha di bidang ini akan menarik minat pengunjung yang ingin kumpul-kumpul sambil ngopi. Penikmat kopi juga berbincang cukup banyak, sehingga pengunjung kedai kopi cenderung lebih banyak dibandingkan usaha lainnya. Dengan begitu, pebisnis dapat memperoleh keuntungan.
  1. Tanpa Modal Besar
    Bisnis kedai kopi tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, sehingga pemilik bisa segera mendapatkan pengembalian modal dan memperoleh keuntungan. Pada umumnya, modal tertinggi yang dibutuhkan adalah untuk menyediakan tempat. Apalagi jika pebisnis menyewa tanah di lokasi yang sangat strategis dan perlu mengeluarkan biaya untuk mendirikan bangunan. Sedangkan, modal untuk peralatan dan bahan untuk menyediakan menu makanan tidak sebesar restoran yang menyediakan makanan berat. Sebuah kedai kopi hanya perlu mempersiapkan camilan dan berbagai jenis minuman. Selain itu, variasi kopi yang beragam juga tidak menimbulkan biaya yang besar.
  1. Pelanggan dari semua kalangan
    Alasan berikutnya yaitu kedai kopi dapat menjangkau pelanggan dari semua kalangan, dari orang tua bahkan para anak muda juga menyukainya. Apalagi jika kedai kopi menyediakan fasilitas memadai seperti Wifi dan memiliki desain ruangan yang digemari oleh para pelanggan dan menjadi spot foto. Hal ini memberikan kenyamanan bagi pelanggan dan menjadi sebuah peluang bagi pemiliknya untuk mengundang semakin banyak pengunjung dan mendapatkan profit tinggi.
  2. Harga Menu Terjangkau
    Bisnis kedai kopi bisa menawarkan harga menu yang terjangkau. Hal ini mendukung adanya permintaan pelanggan yang tinggi sehingga membuat menu semakin laris. Sedikit membahas teori ekonomi, semakin banyak permintaan dengan produk berlimpah, maka keuntungan akan diterima pemilik kedai kopi. Walaupun harga murah, tetapi dengan tingkat pembelian yang tinggi, maka pemilik kedai juga memperoleh keuntungan yang berlipat ganda.

Langkah Mendirikan Bisnis Kedai Kopi Sederhana

Setelah membahas mengenai keuntungan berbisnis kedai kopi, berikut merupakan penjelasan mengenai langkah-langkah mendirikannya.

  1. Mempersiapkan Modal
    Pada awal akan mendirikan bisnis kedai kopi, Anda perlu mempersiapkan modal awal. Modal yang diperlukan akan digunakan untuk pembiayaan pembangunan gedung, fasilitas kedai kopi, dan stok atau persediaan untuk menu selama beberapa bulan. Agar dapat mengetahui berapa nominal yang dibutuhkan, maka Anda perlu melakukan survei terlebih dahulu pada bisnis kedai kopi yang telah sukses. Setelah menentukan jumlah modal, selanjutnya Anda mencari lokasi yang strategis.
  1. Mencari Lokasi
    Untuk mendirikan kedai kopi, Anda perlu mencari lokasi yang tepat. Lokasi yang dipilih tidak hanya yang di jalan utama, pilihlah lokasi yang minim persaingan dan berada di lokasi yang bersih serta berdekatan dengan pemukiman agar mudah diakses. Jika Anda telah menemukan lokasi yang tepat, maka kegiatan pembangunan kedai bisa dilakukan sesuai dengan desain atau konsep yang menarik. Selain itu, kedai perlu dilengkapi dengan fasilitas seperti Wifi dan musik yang memberikan suasana nyaman kepada pelanggan.
  1. Mempekerjakan Tenaga Berkompeten
    Sebagai pebisnis kedai kopi sederhana, Anda bisa mengajak keluarga atau kerabat terlebih dahulu. Akan tetapi, kedai kopi yang semakin berkembang akan membutuhkan tenaga kerja yang profesional dan memiliki keahlian dalam membuat kopi atau yang dikenal dengan barista. Anda juga tentu akan memerlukan pegawai yang dapat melayani pelanggan dan tenaga yang tetapm menjaga kebersihan kedai kopi.
  1. Mencatat Pengeluaran dan Pemasukan
    Demi keberlangsungan suatu bisnis dibutuhkan laporan keuangan yang teratur. Ketika menjalankan usaha, Anda perlu mencatat seluruh pengeluaran dan pemasukan dari bisnis kedai kopi dan memisahkannya dari keuangan pribadi. Hal ini akan mempermudah pembuatan laporan keuangan dan Anda dapat mengetahui menu apa yang kurang laris sehingga perlu diganti dengan menu yang baru. Jika transaksi semakin kompleks, Anda mungkin perlu menggunakan bantuan software untuk pembukuan yang lebih efektif.

Penutup
Itulah penjelasan mengenai keuntungan dan langkah-langkah untuk membangun bisnis kedai kopi. Bisnis kedai kopi sederhana bisa menjadi salah satu pilihan bisnis yang menguntungkan. Semoga penjelasan tersebut menambah pengetahuan dan membantu Anda yang ingin memulai suatu bisnis.

Bisnis Kedai Kopi: Inilah Keuntungan dan Langkah Mendirikannya

© 2022, Thalia Anggrek. All rights reserved.

Artikel Lainnya oleh Tim editor emiten.com

Startup yang terus berkomitmen tingkatkan kualitas ekosistem pasar modal Indonesia

PT APLIKASI EMITEN INDONESIA

You cannot copy content of this page