Jika kita perhatikan, masing – masing lembaga perbankan memiliki nomor rekening dengan kode unik yang berbeda – beda. Kode unik tersebut penting dimiliki setiap perbankan karena merupakan suatu lambang sekaligus identitas yang membedakan bank tersebut dengan jenis bank lainnya.
Setiap bank biasanya sudah memiliki sistem sendiri – sendiri dalam penentuan nomor rekening masing – masing nasabah. Lantas bagaimana cara mengetahui jenis bank hanya dari nomor rekening tersebut?

Nah, disini kita akan berikan informasinya tentang cara mengetahui jenis bank hanya dari nomor rekeningnya sehingga Anda yang ingin transfer namun tidak diberi tahu bank apa yang dimiliki pihak penerima dana transferan, Anda bisa lakukan aktivitas transfer sekarang juga. So lets check these out!

Cara Mengetahui Jenis Bank Hanya dari Nomor Rekening
Seperti yang kita sebutkan sebelumnya bahwa kita bisa membedakan jenis bank hanya dengan melihat nomor rekeningnya saja. Berikut list digit nomor rekening yang membedakan antara satu bank dengan bank lainnya :
– Bank BRI memiliki jumlah nomor rekening sebanyak 15 digit
– Bank BRI Syariah memiliki jumlah nomor rekening sebanyak 10 digit
– Bank Mandiri memiliki jumlah nomor rekening sebanyak 13 digit
– Bank Mandiri Syariah memiliki jumlah nomor rekening sebanyak 10 digit
– Bank BCA memiliki jumlah nomor rekening sebanyak 10 digit
– Bank BNI memiliki jumlah nomor rekening sebanyak 10 digit
– Bank BTN memiliki jumlah nomor rekening sebanyak 16 digit
– Bank BTN Syariah memiliki jumlah nomor rekening sebanyak 10 digit
– Bank Danamon memiliki jumlah nomor rekening sebanyak 10 digit
– OCBN NISP memiliki jumlah nomor rekening sebanyak 12 digit
– Bank Bukopin memiliki jumlah nomor rekening sebanyak 10 digit
– Bank CIMB Niaga memiliki jumlah nomor rekening sebanyak 13 digit
– Bank Muamalat memiliki jumlah nomor rekening sebanyak 10 digit
– Bank Sinarmas Syariah memiliki jumlah nomor rekening sebanyak 10 digit

Beberapa jenis bank utamanya bank syariah kebanyakan cenderung memiliki jumlah digit rekening sebanyak 10 digit. Hal ini berbeda dengan bank konvensional yang jumlah digitnya lebih banyak.

Selain mengetahui nama bank menjadi hal penting, mengetahui atau hafal nomor rekening bank juga sama pentingnya. Jika Anda tidak tahu nomor rekening bank Anda sendiri, tentu hal tersebut akan menyulitkan Anda ketika akan menerima dana atau melakukan transaksi pembayaran.

Jika Anda lupa nomor rekening Anda bahkan lebih parahnya lagi buku tabungan Anda hilang sehingga tidak bisa cek nomor rekening Anda disana, Anda bisa ikuti beberapa cara mengetahui nomor rekening bank berikut ini :
– Melalui mesin ATM
– Melalui e-banking
– Melalui call center
– Melalui kantor bank terdekat. Jadi nantinya ketika Anda datang ke kantor bank secara langsung, bagi Anda yang mengalami kehilangan buku tabungan maka Anda bisa segera meminta buku tabungan yang baru kepada pihak petugas bank.

Demikian cara mengetahui jenis bank hanya dari nomor rekening yang bisa diterapkan. Selamat mencoba!