Kehadiran ATM Bersama yang kini sudah bisa diakses memang memberikan berbagai macam manfaat, salah satunya adalah memudahkan setiap orang untuk melakukan transaksi apapun dari berbagai macam bank di dalam satu jaringan ATM yang sama.  Hal tersebut terjadi karena jaringan ATM bersama merupakan suatu jaringan switching yang paling besar saat ini di Indonesia. Anda bisa melakukan penarikan keuangan, transfer, mengecek saldo ATM dan berbagai kebutuhan lain melalui ATM bersama.

Bagi Anda yang belum pernah mengakses jaringan ATM bersama dan masih bingung tentang bagaimana cara transaksi di ATM bersama, berikut kami berikan panduannya untuk Anda!

Cara Transaksi Melalui ATM Bersama
Beberapa aktivitas perbankan yang paling banyak dilakukan di ATM bersama diantaranya adalah transfer uang, dan tarik tunai. Kita akan membahas semuanya disini.
Jika Anda akan melakukan transfer uang melalui ATM bersama, langkah – langkahnya sebagai berikut :

Pertama – tama pastikan bahwa ada logo ATM Anda di ATM Bersama. Jika tidak ada logo ATM Anda berarti ATM bersama tersebut masih belum bisa dijangkau oleh layanan ATM Anda. Anda bisa mencari ATM bersama yang lainnya.
Setelah Anda pastikan terdapat logo ATM Anda di ATM Bersama tersebut, setelah itu Anda masukkan kartu ATM ke mesin ATM.
Masukkan PIN ATM Anda
Untuk melakukan transfer, pilih menu transfer.
Masukkan kemudian kode bank dan juga nomor rekening tujuan
Anda perlu pastikan bahwa kode bank dan nomor rekening tujuan memang sudah sesuai
Setelah itu masukkan jumlah nominal yang nantinya akan Anda transfer.
Periksa kembali apakah nomor rekening tersebut sudah sesuai dengan nama pemilik rekening atau tidak.
Jika sudah sesuai, klik lanjut atau ok dan transaksi berhasil.

Akan Anda temukan beberapa pilihan langkah selanjutnya di layar ATM Bersama. Anda bisa memilih transaksi lain jika ingin melanjutkan ke transaksi lain. Namun jika tidak ingin melakukan transaksi lain, pilih selesai. Terakhir, Anda bisa ambil kembali kartu ATM Anda dari mesin ATM.
Atau Anda ingin tarik tunai melalui ATM Bersama? Untuk Anda yang ingin melakukan aktivitas tarik tunai melalui ATM Bersama, caranya cukup mudah karena hampir sama dengan cara tarik tunai di ATM biasa.

Langkah – langkah tarik tunai di ATM bersama sebagai berikut :
Pertama – tama masukkan kartu ATM.
Setelah itu masukkan PIN Anda
Pilih menu tarik tunai
Pilih jumlah nominal yang Anda ingin ambil
Tunggu sampai proses transaksi selesai
Uang yang akan Anda ambil akan keluar dari mesin ATM
Ambil
Setelah transaksi selesai, jangan lupa Anda ambil kartu dari mesin ATM.

Dengan melakukan transaksi di ATM Bersama, salah satu keuntungan yang akan Anda dapatkan adalah transaksi Anda bisa dilakukan secara realtime online. Jadi ketika transfer dilakukan di ATM Bersama, Anda bisa melakukannya secara tripartied.

Apa itu tripartied?
Yang dimaksud dengan tripartied adalah, semisal pemegang kartu A melakukan transfer melalui terminal ATM milik bank B menuju ke rekening lain yang ada di bank C. Untuk pembiayaannya, nasabah yang melakukan transaksi di ATM Bersama tidak selalu akan dikenakan biaya nantinya.
Jadi mengenai ketentuan biayanya tergantung juga atas kebijakan dan strategi bank ke nasabah masing – masing bank penerbit kartu. Bahkan beberapa bank tidak mengenakan biaya sama sekali atau secara gratis. Namun ada juga yang menerapkan pembiayaan mulai dari 7 ribu rupiah sampai dengan 9 ribu rupiah.

Bagi Anda yang ingin transaksi lebih cepat, mudah dan realtime online semua bisa dilakukan di ATM Bersama. Jadi manfaatkan kemudahannya sekarang juga!