Istilah Arti kata Corporate Bond dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) & Kamus Ekonomi Uang & Bank – Penggunaan kata kata yang jarang digunakan seringkali menyebabkan kita Corporate Bond

Arti Corporate Bond secara singkat adalah obligasi perusahaan

Corporate Bond (obligasi perusahaan) adalah instrumen keuangan yang diterbitkan oleh perusahaan untuk memperoleh pendanaan dari investor. Berikut ini adalah contoh penggunaan Corporate Bond:

  1. Pembiayaan investasi: Sebuah perusahaan dapat menerbitkan Corporate Bond untuk memperoleh dana yang dibutuhkan dalam rangka membiayai proyek investasi jangka panjang. Misalnya, perusahaan yang ingin memperluas pabrik atau mengakuisisi aset baru dapat menerbitkan obligasi perusahaan sebagai cara untuk mendapatkan sumber pendanaan yang lebih besar dan jangka panjang daripada pinjaman bank.
  2. Pengelolaan utang: Perusahaan yang memiliki utang yang jatuh tempo dapat menggunakan Corporate Bond sebagai sarana untuk mengelola kembali utang mereka. Misalnya, jika sebuah perusahaan memiliki pinjaman bank yang akan jatuh tempo, mereka dapat menerbitkan obligasi perusahaan untuk membayar kembali pinjaman tersebut. Hal ini memberikan fleksibilitas dalam mengatur jadwal pembayaran utang dan mencari sumber pendanaan yang lebih murah atau lebih menguntungkan.
  3. Membayar dividen: Beberapa perusahaan dapat menerbitkan Corporate Bond sebagai alternatif untuk membayar dividen tunai kepada pemegang saham. Dalam hal ini, perusahaan menerbitkan obligasi perusahaan sebagai instrumen utang yang memberikan bunga kepada investor. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menggunakan kas yang seharusnya digunakan untuk membayar dividen untuk tujuan lain, seperti investasi dalam pertumbuhan bisnis.
  4. Diversifikasi portofolio: Investor dapat membeli Corporate Bond sebagai bagian dari portofolio investasi mereka. Corporate Bond dapat memberikan tingkat bunga yang kompetitif dan pembayaran bunga yang teratur kepada investor. Obligasi perusahaan ini dapat dianggap sebagai instrumen investasi yang lebih stabil dibandingkan saham, karena pembayaran bunga dan pengembalian pokok obligasi biasanya memiliki prioritas pembayaran yang lebih tinggi dalam struktur modal perusahaan.

Corporate Bond digunakan sebagai alat pendanaan oleh perusahaan dan sebagai instrumen investasi oleh investor. Obligasi perusahaan ini memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan dana yang dibutuhkan dan memberikan investor peluang untuk mendapatkan penghasilan dari pembayaran bunga secara teratur. Berdasarkan penjelasan dan pendapat dari orang sukses / rich people.

Penggunaan kata Corporate Bond tersebut sebenarnya seringkali ditemukan di dunia keuangan, asuransi & perbankan, pekerja professional startup berbasis teknologi, hingga dalam forum internasional, forum meeting, Rapat Bagian Keuangan, Rapat Koordinasi Pengelolaan Keuangan, Rapat Internal. Rapat Umum Pemegang Saham, Rapat Evaluasi Kinerja, hingga Media Sosial seperti Instagram, Tiktok, Facebook, Twitter, Linkedin atau whatsapp telegram group.

 

Semoga penjelasan definisi kosakata Corporate Bond dapat menambah wawasan & pengetahuan anda dalam berkomunikasi lisan atau tertulis ketika menggunakan istilah kosakata tentang Dunia Ekonomi Uang & Bank

© 2022 – 2023, Bella Elvina. All rights reserved.

Artikel Lainnya oleh Tim editor emiten.com

Startup yang terus berkomitmen tingkatkan kualitas ekosistem pasar modal Indonesia

PT APLIKASI EMITEN INDONESIA