Pengertian Deposito Syariah

Manusia di era modern saat ini dituntut untuk serba cepat dalam membuat sesuatu dan hal ini menjadi sebuah tantangan tersendiri khususnya untu masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah dalam urusan finansial.  Dengan banyaknya informasi oenawaran finansial yang ramai, menyebabkan tingginya minat masyarakat untuk ikut serta berinvestasi agar mendapatkan keuntungan dan hasil yang terbaik dari ragam investasi yang mereka pilih. Namun muncul pertimbangan-pertimbangan terkait tentang halal atau tidaknya sistem investasi dari pihak bank tersebut. Maka, untuk menyikapi hal itu saat ini muncul produk investasi syariah yang dapat dipilih sebagai produk investasi aset keuangan yang aman serta amanah sesuai dengan syariat islam . Salah satunya merupakan deposito syariah.

Mekanisme deposito Syariah

Terdapat prinsip syariah dalam deposito syariah yang mana uang nasabah akan di alokasikan ke deposito syariah yang tidak terdapat istilah bunga, sebab bunga dalam syariat itu hukumnya haram menurut Islam. Akan tetapi dalam deposito syariah ini akan mendapatkan bagi hasil atau bias disebut nisbah.

Adapun mekanisme bagi hasil yang digunakan dalam deposito berjangka syariah Antara lain adalah dengan cara nominal deposito sama dibagi nominal seluruh deposito dikalikan presentasi bagi hasil dikalikan dengan keuntungan bank yang terdapat di bulan tersebut

(nominal deposito : nominal seluruh deposito) x presentasi bagi hasil  x keuntungan bank yang terdapat di bulan tersebut. Pada investasi syariah ini berlaku akad mudharrabah merupakan cara perhitungan keuntungan yang di dapat oleh nasabah yang dilakukan dengan cara bagi hasil. Dalam hal ini, nasabah berperan  sebagai pemilik dana (shahibul maal )dan bank sebagai pengelola dana (mudharib). Secara umum, pembagian hasil yang ditawarkan oleh bank adalah berkisar 60:40 untuk nasabah dan bank. Semakin bank memutar uang nasabah sebagai keuntungan, nasabah akan mendapat untung yang semakin banyak juga.

Beberapa bank yang menawarkan deposito syariah terbaik

Para investor tentunya ingin melakukan deposito syariah yang terbaik, namun sudakhah semua investor mengetahui dimana tempat atau bank yang menawarkan deposito syariah terbaik? Berikut adalah deposito terbaik yang dilansir dari beberapa sumber :

·         Bank Syariah Mandiri Deposito

·         BNI Syariah Deposito Ib Hasanah

·         Deposito berjangka – CIMB Niaga

·         BCA Syariah Deposito Ib

·         Danamon Deposito Syariah

3 Manfaat utama yang didapatkan dari deposito syariah

Dalam deposito di bank syariah, selain sesuai dengan syariat agama juga terdapat manfaat-manfaat yang unggul untuk berinvestasi dan melakukan deposit di beberapa bank syariah Indonesia tersebut. Berikut merupakan keuntungan atau manfaat utama yang didapatkan dalam deposito syariah.

1. Dana terjamin aman

Deposito syariah sudah dijamin oleh lembaga Penjamin Simpanan (LPS) karena sesuai dengan aturan Dewan pengawas syariah  (DPS). Tingkat keamanan lebih tinggi karena pihak bank tidak dapat melakukan kecurangan. Deposito syariah juga dapat menjadi jaminan pembiayaan seperti surat berharga.

2. Dapat Mengatur Keuangan

Seperti yang diketahui sebelumnya, deposito syariah menggunakan prinsip akad mudharrabah yang digunakan untuk membuat keuntungan deposito lebih banyak dari deposito konvensional. Karena deposito syariah menggunakan perhitungan nisbah atau bagi hasil.

3. Memperoleh uang halal

Nasabah tidak perlu kembali khawatir tentang bagaimana pihak bank mengelola uang karena sudah dipastikan aman. Dan karena proses kelola dana di bank syariah ini melalui jalan yang sesuali aturan hukum islam.

Jadi, begitulah beberapa keuntungan dan pengertian dari Deposito Syariah pada Bank Syariah di Indonesia. Para investor tak perlu lagi khawatir mengenai proses dan mekanisme pengelolaan dana di bank tersebut. Karena dalam deposito syariah ini sudah dipastikan halal. Dan sebagai umat muslim tidak perlu cemas akan menjalankan hidup yang non-halal.

© 2022, Izabella ramadhani. All rights reserved.

Artikel Lainnya oleh Tim editor emiten.com

Startup yang terus berkomitmen tingkatkan kualitas ekosistem pasar modal Indonesia

PT APLIKASI EMITEN INDONESIA

You cannot copy content of this page