Dengan memiliki merek dan brand yang kuat, perusahaan dapat menerapkan manajemen berkualitas di setiap aspek perusahaan, seperti peningkatan arus kas, memperluas pangsa pasar, membatasi biaya iklan, hingga menentukan harga dan lain sebagainya.

Keberadaan merek begitu penting karena hal tersebut bersifat esensial mengingat merek memiliki fungsi dasar untuk membawa reputasi serta citra dari sebuah produk saat telah memasuki segmen pasar. Untuk lebih memahami mengenai istilah tersebut, simak penjelasannya di bawah ini!

Pengertian Ekuitas

Arti dari kata ekuitas merupakan berbagai aset serta kepercayaan yang berkaitan dengan merek tertentu, baik itu nama maupun logonya. Ekuitas dapat mengubah nilai yang diberikan pada suatu produk atau jasa, baik bagi pemasar maupun pelanggannya.

Jika dilihat dari sisi pelanggan, ekuitas merek akan mampu memberikan penilaian kuat atas pemahaman mereka tentang pemrosesan informasi, menumbuhkan kepercayaan diri, dan juga meningkatkan kepuasan pelanggan.

Memiliki ekuitas merek atau brand equity yang baik untuk pemasar berfungsi untuk dapat meningkatkan keberhasilan penerapan program pemasaran, sehingga bisa menarik banyak pelanggan baru dan mampu menciptakan hubungan jangka panjang.

Keuntungan Memiliki Merek Yang Kuat

1. Tahan Terhadap Persaingan

Keuntungan pertama bisa dilihat dari fenomena persaingan antar produk ponsel pintar, yakni iPhone dan Samsung yang masih mendominasi pasar jika dibandingkan dengan merek lainnya. Hal ini terjadi karena kedua merek ini telah dipercaya oleh banyak pelanggan.

Dengan menciptakan merek yang kuat, seiring berjalannya waktu kita bisa mendapatkan pelanggan potensial serta mempunyai loyalitas tinggi tanpa perlu khawatir dengan para pesaing bisnis lainnya

2. Tidak Perlu Takut Harga Naik

Tidak sediki perusahaan tidak berani untuk menaikkan harga karena takut mengambil risiko terjadinya penurunan jumlah pelanggan. namun, hal tersebut sesungguhnya didasari oleh keraguan yang dimiliki kepada produk sendiri sehingga merasa takut jika kenaikan harga bisa memengaruhi turunnya jumlah pelanggan.

Kuncinya adalah ciptakan ide serta gabungkan dengan inovasi agar produk bisnis bisa bernilai dan banyak dicari oleh masyarakat. Meskipun harganya lebih mahal namun bisa memberikan kualitas dan manfaat yang banyak, hal itu akan mengundang pelanggan untuk tetap membeli produk tersebut apalagi jika terdesak oleh kebutuhan penting.

Oleh karena itulah merek sangat erat kaitannya dengan kepercayaan pelanggan. Hanya dengan membangun brand yang kuat tentunya setiap perusahaan bisa mendapatkan kepercayaan kuat dari pelanggan.  

3. Lakukan Diferensiasi Produk

Banyak perusahaan besar mampu mengalahkan kompetitornya. Hal ini dikarenakan inovasi serta ide yang dimiliki dituangkan tidak hanya untuk mencetak satu produk saja tetapi diaplikasikan ke dalam banyak produk. Hal ini snagat tepat diterapkan untuk menguasa pangsa pasar karena jika perusahaan telah mempunyai pelanggan dengan loyalitas yang kuat, maka akan lebih mudah untuk menarik minat mereka untuk mencoba varian produk lainnya. 

Cara Meningkatkan Ekuitas Merek

Pemahaman tentang dimensi ekuitas merek sangat penting bagi kita untuk memahami cara meningkatkan ekuitas merek dengan benar, di mana dimensi dari ekuitas merek tersebut dibagi menjadi 4 bagian, yaitu pengetahuan merek, kualitas merek, asosiasi merek, dan loyalitas merek. 

Dimensi pertama hingga ketiga akan menentukan seberapa kuat merek kita dalam mendorong pelanggan untuk membeli produk yang disediakan.

Jika sudah berhasil melakukan ketiga langkah tersebut, maka secara otomatis perusahaan bisa melakukan dimensi keempat. Keempat dimensi ekuitas merek di atas adalah langkah dasar dalam meningkatkan ekuitas merek. Berikut cara-cara penerapannya:

1. Membangun Jaringan

Meningkatkan ekuitas merek tidak harus dilakukan dengan cara pemasaran atau marketing, tetapi juga harus dilakukan dengan memanfaatkan berbagai jaringan yang dimiliki.  Artinya, para pemilik dan pengelola perusahaan harus bisa berinteraksi dengan banyak orang tanpa ada niat untuk menawarkan produk karena nantinya secara tidak langsung mereka akan mengetahui merek kita dengan sendirinya. 

2. Variasi dalam Aktivitas Pemasaran

Menurut keterangan dari Prof. Kevin Lane Keller pada acara Seminar Indonesia Brand Summit pada tahun 2014, menyatakan bahwa perlu untuk melakukan penekanan mengenai pentingnya melaksanakan erbagai jenis aktivitas pemasaran, mulai dari aktivitas pemasaran konvensional hingga aktivitas internet marketing.

Pemasaran tidak hanya membuat orang mengetahui segala hal tentang bisnis kita, tetapi juga membuat mereka tertarik untuk membeli produk.

3. Mengorganisir Acara

Cara paling halus dan ampuh untuk meningkatkan ekuitas merek adalah dengan menyelenggarakan acara. Melalui penyelenggaraan sejumlah acara dengan pengusungan konsep yang sesuai, maka banyak orang akan tertarik untuk datang. Dan di momen itulah penerapan berbagai strategi bisa dilakukan untuk menarik atensi masyarakat mengenai produk bisnis kita.

Fungsi dan Manfaat Ekuitas Merek

Disadari atau tidak, faktanya ekuitas merek dapat memengaruhi tingkat kepercayaan konsumen dalam mengambil keputusan tentang membeli produk, baik karena pengalaman menggunakan merek sebelumnya atau karena kedekatan yang mereka rasakan dengan merek serta karakteristik dari merek tersebut. 

1. Dengan loyalitas maka mampu meningkatkan potensi pembelian atau pembelian kembali atau jika konsumen adalah pembeli yang berkomitmen, mereka tidak hanya akan berhenti membeli kembali, tetapi mereka juga merekomendasikan produk kita kepada orang lain.

2. Memungkinkan toleransi konsumen untuk kesalahan produk atau bisnis dengan loyalitas tinggi pada merek kita.

3. Memungkinkan kita menaikkan harga lebih tinggi.  Artinya, dapat lebih banyak manfaat.

4. Menarik konsumen untuk hanya menggunakan faktor merek saat membeli suatu produk.

5. Berikan kredibilitas pada produk lain yang menggunakan merek.

6. Tingkatkan lebih banyak pembelian berulang.

Penutup

Ekuitas merek adalah berbagai aset dan kepercayaan merek yang terkait dengan merek tertentu, baik itu nama atau simbolnya, yang dapat mengubah nilai yang diberikan pada suatu produk atau layanan, baik untuk pemasar maupun untuk pelanggan.

Memiliki ekuitas merek atau brand equity yang baik untuk pemasar atau juga pelaku bisnis, hal ini dapat meningkatkan suksesnya program pemasaran sehingga dapat menarik banyak pelanggan baru dan semakin erat dengan pelanggan lama.

Pada akhirnya ekuitas merek yang kuat akan mampu memberikan keuntungan bagi perusahaan dalam hal laba, sehingga tujuan utama perusahaan dapat tercapai dengan mudah.