Pada saat melakukan aktivitas belanja online, istilah flash sale begitu sering menggema karena ini merupakan salah satu metode penjualan produk yang diminati konsumen. Flash sale biasanya memanfaatkan waktu dan momen tertentu dan momen ini begitu ditunggu-tunggu kehadirannya oleh banyak orang. Flash sale atau penjualan kilat merupakan metode penjualan serta penawaran produk yang dilakukan pada momen-momen tertentu serta adanya pembatasan kuantitas produk.

Alasan Penggunaan Flash Sale

Mengapa flash sale begitu diminati oleh banyak orang? Hal ini dikarenakan flash sale memberikan manfaat menggiurkan bagi para konsumen karena harga penawaran atas produk berlaku lebih murah dibandingkan harga awal.

Selain itu dari sisi penjual, flash sale memberikan kesempatan untuk menawarkan produk sebanyak-banyaknya untuk bisa dibeli oleh konsumen, sehingga perolehan keuntungan bisa berlipat ganda yang ditandai dengan peningkatan rata-rata nilai penjualan produk.

Flash sale telah digunakan sejak lama bahkan sebelum adanya toko online dan marketplace. Hanya saja perbedaannya terletak pada media yang mewadahi.

Jika sebelumnya flash sale dilakukan secara langsung dengan mendatangi toko, lain halnya dengan saat ini yang bisa dilakukan secara online melalui aplikasi atau website.

Selain itu, metode flash sale sebelumnya dinilai kurang cepat menyerap keuntungan karena penjualan produk bergantung pada adanya transaksi penjualan serta kedatangan konsumen untuk berbelanja.

Manfaat Penggunaan Flash Sale

Beragam bisnis menggunakan flash sale sebagai metode untuk menjual produknya secara lebih cepat. Sejatinya, flash sale memiliki sejumlah manfaat bagi para penjual dan konsumen dan inilah mengapa metode flash sale seringkali dipilih untuk menjadi bagian dalam sarana promosi produk bisnis.

Beberapa manfaat akan diterima oleh penjual jika produk bisnisnya dipromosikan dengan metode flash sale. Berikut ini penjelasannya:

1. Menciptakan Brand Awareness

Melalui flash sale, penjual dapat dengan mudah menciptakan brand awareness terhadap produk bisnisnya kepada para calon konsumen karena pada dasarnya iklan promosi flash sale tidak hanya disaksikan oleh konsumen tetap, melainkan mampu disaksikan oleh jutaan orang di luar sana.

Oleh sebab itu, flash sale juga bisa difungsikan untuk menarik perhatian calon konsumen untuk sekadar mencari tahu produk dalam toko online dan menganalisa hasil temuannya. Jika dinilai cocok, maka memungkinkan untuk melaksanakan transaksi pembelian di kemudian hari.

2. Peningkatan Rata-Rata Penjualan

Hal utama yang pasti terjadi adalah munculnya peningkatan rata-rata penjualan terhadap produk dari biasanya. Penjualan ini berimbas pada keuntungan yang terjadi lebih cepat dan secara otomatis meningkatkan pemasukan bisnis.

3. Kesempatan Memilah Produk yang Dijual

Penjual memiliki kesempatan untuk bisa menjual produknya yang telah lama belum terjual. Dengan menawarkan produk tersebut, posibilitas untuk laku terjual sangatlah tinggi apalagi jika harganya relatif murah. Ini juga bermanfaat untuk meminimalisir terjadinya penurunan nilai produk serta kegunaannya.

Tips Menerapkan Flash Sale

1. Tentukan tujuan serta lakukan pemilihan waktu yang tepat untuk menerapkan flash sale. Contohnya bisa dilakukan dengan memilih hari di mana sebagian besar orang menerima gaji tiap bulannya.

2. Melakukan segmentasi untuk keperluan promosi flash sale agar tepat sasaran

3. Memilih media sosial mana saja yang sekiranya tepat untuk dijadikan sebagai media promosi flash sale

4. Pilih tanggal promosi secara tepat, tidak terlalu jauh dan juga tidak terlalu dekat dari tanggal flash sale yang sudah ditentukan

5. Untuk menghasilkan manfaat bisnis secara jangka panjang, ada baiknya untuk rutin mengadakan flash sale di tiap periode tertentu untuk mengikat konsumen serta menjangkau calon konsumen dengan kuantitas yang lebih masif.

Penutup

Jika didefinisikan ke dalam Bahasa Indonesia, istilah flash sale bisa diartikan sebagai kegiatan penjualan kilat. Momen flash sale selalu ditunggu oleh banyak orang agar mendapatkan produk dengan harga lebih murah karena flash sale selalu menyisipkan promosi di dalamnya.