Saat ini sepertinya hampir semua pelanggan bisnis akan melakukan pencarian dan informasi detail terlebih dahulu di google sebelum memutuskan untuk membeli atau menggunakan produk/layanan. Beberapa bisnis kita lihat muncul sebagai pencarian dengan label “iklan”. Bisnis-bisnis inilah yang muncul pada setiap pencarian bisnis yang relevan. Anda yang belum menggunakan google ads mungkin punya pertanyaan, seberapa efektifkan beriklan di google ads dan berapa biayanya? Mari kita coba bahas disini

Iklan Google Ads Muncul Pada Pencarian Relevan
Saat melakukan pencarian di google terutama yang memiliki nilai transaksi bisnis biasanya pada pencarian atas akan di isi oleh hasil iklan google ads Label:iklan. Apakah efektif untuk bisnis anda? Jika sebagian besar bisnis lain mau mengeluarkan biaya per klik untuk iklan di pencarian berarti metode iklan seperti ini sangatlah efektif. Karena menurut data lebih dari 35% pembagian klik pada pencarian terjadi pada pencarian teratas.

Dari sudut pandang dan data perilaku pelanggan terhadap bisnis pada pencarian mengindikasikan 70% pencarian yang dilakukan untuk mendapatkan informasi yang memiliki transaksi bisnis entah produk atau layanan memiliki keiinginan untuk melakukan transaksi kepada bisnis tersebut. Jadi bisa dibilang sangat besar dan sangat efektif.

Iklan Google Ads Menggunakan Sistem Bidding
Pembahasan diatas anda sudah paham jika pencarian di google sangatlah efektif, lalu bagaimana dengan biayanya? Berhitung-hitung biayanya, anda perlu tahu jika iklan di Google Ads menggunakan sistem bidding. Apa itu? artinya jika bisnis anda posisi iklannya muncul lebih tinggi daripada kompetitor pada pencarian relevan maka anda perlu menaikkan biaya per klik iklan anda. atau dengan kata lain lelang posisi.

Walaupun Bidding/lelang posisi tidak menjadi 1 penilaian tetapi tetap menjadi acuan utama selain relevansi set iklan terhadap pencarian. Untuk batas biaya awal setiap kata kunci berbeda-beda. Secara logikan saja ketika nilai transaksi barang atau layanan makin tinggi, ada kemungkinan biaya per klik juga akan makin tinggi. Tetapi tidak pasti. Penentu batas awal biaya per klik adalah tingkat kompetisi itu sendiri. jadi bisa saja ketika anda memiliki bisnis yang jarang memiliki kompetitor namun dengan permintaan yang lumayan banyak maka biaya per klik bisa saja semurah beberapa ratus perak rupiah.

Pengaturan Iklan Google Ads Tidaklah Sederhana
Oke. Setelah tahu potensi dan perkiraan biaya iklan di google ads dan anda memutuskan untuk menyisihkan dana untuk investasi di google ads. Lalu apa? anda daftar, diarahkan dan dipandu untuk melakukan pengaturan sesuai relevansi bisnis dan biaya iklan yang ingin dikeluarkan. Ditunggu sehari, 2 hari, 3 hari bahkan seminggu anggaran iklan terkuras tapi sepertinya tingkat lead/konversi seperti transaksi atau setidaknya telepon dari hasil iklan tidak seperti yang anda harapkan.

Dengan melihat banyaknya yang merasa bahwa iklan google ads tidak cocok untuk bisnis mereka menandakan pengaturan iklan yang tidak sesuai relevansi dan penggunaan anggaran. Pengaturan semi otomatis dari google ads terkadang tidaklah membantu bahkan menjerumuskan hanya untuk memperbanyakan pengeluaran atas iklan. Menurut suranegara.com yang memiliki layanan jasa iklan google ads, menyebutkan jika pengaturan semi otomatis di google ads hanya cocok untuk bisnis yang menganggarkan iklan dengan nilai besar saja.

Agar anggaran iklan tidak terbuang percuma sebaiknya anda bisa membaca dan mengikuti beberapa tutorial yang tepat. Tidak 100% efektif tetapi setidaknya ada nilai lebih dari ROI yang dikeluarkan sehingga ada 2 keuntungan yang didapat. Pertama mendapatkan profit bersih dari transaksi dan Kedua mendapatkan brand awerness dari pelanggan karena pelanggan melakukan pencarian bisnis mungkin tidak langsung melakukan transaksi.

Cara tercepat lainnya adalah dengan menggunakan layanan jasa iklan google ads. Untuk layanan jasa ini, anda perlu menambah biaya untuk jasa yang rata-rata di kisaran 10-20% dari nilai anggaran iklan. Kelebihan lainnya dengan menggunakan jasa adalah anda bisa berkunsultasi langsung kepada pakar yang tepat, jadi bisa sambil belajar sampai anda paham pengaturan yang benar. yang mana dipilih bisa disesuaikan sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat.