Ini Dia 5 Contoh Cara Cari Uang Untuk Biaya Kuliah – Apa salahnya jika status anda seorang mahasiswa enggan untuk mencari tambahan uang dengan cara bekerja. Di tengah-tengah aktivitas kuliah yang padat tersebutlah menjadi salah satu alasan mahasiswa malas untuk memikirkan dunia bisnis. Namun, sebagian dari mahasiswa ada juga yang menggeluti bisnis hingga di usia mudanya  bisa dikatakan telah sukses.

Sebenarnya banyak peluang bisnis untuk mahasiswa yang menjanjikan hanya dengan modal kecil tanpa menganggu kegiatan kuliah dan tugas-tugas di kampus. Selain itu, keuntungan jika anda memulai berbisnis akan menjadikan kepribadian yang lebih mandiri, disamping bangga memiliki uang jajan atau mampu memenuhi kebutuhan kuliah. Untuk itu, ada baiknya mencoba 5 contoh usaha bagi mahasiswa berikut ini.

Berbagai Cara Mencari Uang Untuk Biaya Kuliah

  1. Bisnis Online

Banyak sekali bisnis online yang dapat anda teraokan untuk mendapatkan penghasilan. Hampir semua anak kuliahan memiliki laptop sendiri yang mana akan sennatiasa terkoneksi dengan internet. Dengan begitu, anda bisa gunakan laptop sebagai modal yang cukup untuk menjalankan bisnis online. Pasalnya bisnis online sendiri dapat di mulai tanpa modal asalkan memiliki laptop sendiri. Adapun bisnis yang bisa anda jalankan seperti bisnis ads publising seperti cpm, cpa, ppc. Ada juga Affiliate marketing, menulis artikel website/blog atau menjual jasa pembuatan template.

  1. Jasa Pengetikan dan Print

Anda bisa menggeluti jasa pengetikan atau print dokumen. Jenis usaha ini cukup mudah dilakukan dan hanya bermodal sedikit, namun anda hanya membeli printernya saja. Sebaiknya pilih printer dengan kualitas bagus dapat anda beli dengan uang sekitar 500 Ribuan saja. Anda bisa menawarkan jasa tersebut kepada teman-teman di kampus, dimana mereka kerap melakukan print kertas atau dokumen yang memiliki tugas seperti membuat makalah, bahkan menerima jasa  pengetikan untuk skripsi.

  1. Menjual Makanan Ringan

Menjual makanan ringan akan menjadi peluang usaha yang baik bagi anda seorang mahasiswa. Adapun respon positif wirausaha yang satu ini terjamin laris manis dari para pelanggan. Anda bisa menyediakan makanan yang cepat saji, dimana dapat diterapkan di sekitar lingkungan mahasiswa, seperti kampus atau kost kostan.  Biasanya mahasiswa konsumtif sebagai sasaran utama untuk memperoleh rupiah.

  1. Jual Pulsa Elektrik

Meskipun jual pulsa elektrik salah satu bisnis yang paling banyak di jalankan, baik itu mahasiswa, pelajar, karyawan, guru dan lain-lain. Akan tetapi, bisnis pulsa elektrik masih banyak orang yang membutuhakn pulsa sangat banyak. Di samping itu, mudah mengelolanya danmodal sedikit. Maka dari itu, anda bisa memulai bisnis ini lantaran begitu menjanjikan jika anda melakukannya dengan tekun.

  1. Les Privat

Usaha sampingan les privat bisa menjadi pilihan pekerjaan yang bagus, karena gaji lumayan untuk kebutuhan sehari-hari. Berbagai lembaga les privat banyak membutuhkan para mahasiswa untuk menjadi tentor mengajar les privat. Untuk sistem penggunaan waktu mengajarnya dapat disesuaikan dengan waktu luang yang tersedia, dimana  tergantung kebutuhan peserta didiknya. Meskipun terkadang masih menjadi kendala jika mahasiswa yang tersebut tidak membawa sepeda motor.

 

Nah, gimana? Anda sebagai mahasaiswa tertarik untuk menjalankan salah satu usaha sampingan di atas? Jika iya, anda pastinya akan meringankan beban orang tua lantaran dengan cara tersebut bisa mendapatkan uang untuk biaya kuliah.