Saat ini Anda tentu tidak asing dengan istilah Cryptocurrency. Cryptocurrency merupakan mata uang digital atau virtual yang dijamin oleh kriptografi sehingga tidak dapat dipalsukan. Beberapa contoh Cryptocurrency adalah Bitcoin, Ethereum, Lite Coin, dan masih banyak lagi. Salah satu Cryptocurrency yang paling populer adalah Bitcoin. Bitcoin diciptakan pada tahun 2009, dan mengalami peningkatan harga secara terus menerus hingga saat ini. Pada Awalnya, Bitcoin diciptakan sebagai alat pembayaran antar negara di internet tanpa menggunakan perantara atau jasa Bank. Dan perlu diketahui bahwa Bitcoin dan aset-aset Cryptocurrency lainnya tidak memiliki wujud fisik dan seiring berjalannya waktu, fungsi dari Bitcoin maupun aset cryptocurrency lainnya berubah menjadi lebih ke arah store of value atau disebut juga aset digital.

 

 

Apabila Anda tertarik mengenai aset-aset Cryptocurrency tersebut dan ingin mencoba untuk melakukan transaksi, terdapat aplikasi trading crypto terbaik yang bisa Anda manfaatkan yaitu Pintu. Pintu merupakan aplikasi trading Cryptocurrency yang menyediakan berbagai fitur menarik yang dapat menguntungkan Anda. Berikut merupakan fitur-fitur yang ada di Pintu:

  • Harga Cryptocurrency

Anda dapat memantau harga Bitcoin dan aset crypto lainnya dalam satuan rupiah. Aset crypto juga dibedakan dalam beberapa kategori, yaitu:

    1. Terbaru: Aset crypto terbaru pada aplikasi Pintu akan masuk pada kategori Terbaru
    2. DeFi: DeFi atau Decentralized Finance merupakan ekosistem aplikasi keuangan terdesentralisasi seperti Compound (COMP), Synthetic (SNX), Yearn.finance (YFI), dan masih banyak lagi.
    3. DEX: DEX atau Decentralized Exchange merupakan aplikasi pertukaran aset crypto yang menyediakan fasilitas trading aset crypto langsung dari dompet penggunanya sendiri sehingga tidak bergantung pada layanan pihak ketiga. Contoh: Uniswap (UNI), SushiSwap (SUSHI), dan lainnya.
    4. Stablecoin: Aset crypto yang dirancang untuk memiliki nilai aset sama dengan aset lainnya yang bernilai stabil seperti dolar Amerika. Contoh: Tether (USDT) dan USD Coin (USDC).
    5. Layer-1: Aset digital yang sejak awal diciptakan sebagai bagian ini dari suatu blockchain, seperti Bitcoin, Ethereum, Lite Coin, dan lain-lain.
    6. Infrastructure: Protokol yang digunakan untuk mendukung aplikasi terdesentralisasi. Contoh: Chainlink (LINK), The Graph (GRT), REN (REN), dan Ocean (OCEAN).
    7. Lending: Aplikasi keuangan terdesentralisasi yang memungkinkan penggunanya meminjam aset crypto lalu mendepositokan aset tersebut guna memperoleh
    8. Gaming: Aset crypto yang digunakan untuk memfasilitasi permainan berbasis blockchain dan dapat berfungsi sebagai alat tukar maupun governance token.
    9. CEX: CEX atau Centralized Exchange merupakan aset digital yang didesain untuk memperoleh berbagai keuntungan yang dapat dinikmati pada exchange yang menerbitkan aset tersebut

Dengan adanya pengelompokkan aset crypto tersebut, proses pencarian crypto akan lebih dimudahkan. Anda juga dapat terus memeriksa aset crypto terbaru yang menarik sehingga tidak tertinggal.

  • Earn
    Fitur Earn Pintu
    Pintu, Aplikasi Crypto Termudah Terbaik di Indonesia

Earn merupakan fitur aplikasi Pintu yang dapat digunakan untuk menyimpan aset crypto dan memperoleh bunga tanpa mengunci dana Anda. Bunga diberikan setiap jam dan saldo dapat anda tarik kapan saja. Top up dan penarikan saldo Earn tidak dikenakan biaya, sehingga Anda dapat menikmati keuntungan secara maksimal. Bunga dibayarkan langsung ke saldo Earn Anda secara compounding dan menjadi nilai pokok untuk perhitungan bunga jam berikutnya.

Aset crypto yang terdapat pada fitur Earn adalah Bitcoin, Ethereum, , dan Dogecoin. Aset Bitcoin dan Ethereum diestimasikan menghasilkan bunga sebesar 4% per tahun (APY), . Bunga tersebut bukan merupakan bunga tetap, namun merupakan bunga rata-rata atau estimasi.

  • Biaya Transaksi

Biaya trading atau jual beli pada aplikasi Pintu adalah sebesar Rp. 0 atau gratis. Biaya trading yang gratis membebaskan kita semua untuk dapat melakukan transaksi jual maupun beli. Anda juga dapat mengirim aset crypto ke sesama akun Pintu secara gratis dan instan. Namun, apabila Anda ingin mengirim aset crypto ke luar Pintu, akan dikenakan biaya blockchain. Biaya tersebut dibayarkan kepada miner blockchain dan bukan kepada Pintu, besar biaya juga berbeda untuk setiap jaringan dan dapat berubah menurut kepadatan jaringan. Selain itu, terdapat biaya tarik Rupiah sebesar Rp. 4.500 flat ke semua bank.

  • Over-the-counter (OTC)

   Layanan Over-the-counter (OTC) ditujukan untuk institusi atau individu yang melakukan transaksi dalam jumlah besar. Minimal transaksi di OTC pada aplikasi Pintu adalah sebesar Rp. 1,5 Miliar/ Transaksi. Dengan OTC, Anda dapat menghindari biaya yang tinggi saat melakukan transaksi besar dan mendapatkan harga terbaik dengan slippage minimal. Anda juga akan mendapatkan layanan one on one atau personal. Layanan tersebut akan menguntungkan bagi Anda yang melakukan transaksi jumlah besar.

 

 

PINTU, Aplikasi Trading Crypto terbaik termudah di Indonesia yang menerapkan standar keamanan, sebagai berikut:

1. Terdaftar di BAPPEBTI dan PINTU berada di bawah pengawasan Kominfo
2. Wallet yang tersedia dalam PINTU menggunakan Fireblocks yang diproteksi dengan teknologi Multi-Party Computation (MPC) guna mencegah Private Key single point failure.
3. Aplikasi Trading Crypto Currency, PINTU menyimpan sebagian aset pada Cold Wallet Coinbase Custody.
4. PINTU telah tersertifikasi ISO 27001, yakni Lolos Memenuhi Standar Sistem Manajemen Keamanan Informasi oleh ISO
5. Proteksi Ganda untuk Pengguna dengan Fitur OTP, Fitur Biometric, serta Google Authenticator 2FA

Setelah Anda memahami fitur-fitur yang ada pada aplikasi Pintu, selanjutnya Anda dapat melakukan registrasi atau sign-up dengan tahapan sebagai berikut:

    1. Download aplikasi Pintu pada App Store atau Play Store
    2. Buka aplikasi Pintu dan pilih bahasa sesuai preferensi anda, lalu klik “Mulai Sekarang”
    3. Klik “Daftar” untuk membuat akun baru
    4. Masukkan email dan kata sandi anda, lalu klik “Buat Akun”
    5. Buka email verifikasi anda
    6. Buat PIN dan konfirmasi PIN anda

Cukup mudah bukan? Selanjutnya, jangan lupa bahwa anda perlu melalui proses KYC atau Know Your Customer. KYC merupakan proses verifikasi yang penting dan jangan sampai terlewatkan, karena dengan KYC risiko tindak pidana terkait perbankan dan mata uang crypto akan terminimalisir. Proses KYC pada aplikasi Pintu sangatlah mudah dan cepat. Berikut merupakan tahapan proses KYC:

    1. Buka aplikasi Pintu dan pilih akun pada bagian pojok kanan, lalu pilih verifikasi akun
    2. Daftarkan nomor telepon anda dan pilih cara menerima OTP
    3. Pilih salah satu tipe dokumen untuk verifikasi identitas
    4. Unggah foto KTP dan foto diri anda dengan KTP sesuai panduan yang ada
    5. Setelah semua dokumen telah sesuai, klik “submit”

Tim Pintu akan memverifikasi data anda selama 10 menit tergantun dengan antrian. Setelah verifikasi selesai dilakukan dan berhasil, anda dapat menikmati berbagai fitur seperti jual beli crypto dengan instan, transaksi bebas biaya, dan penarikan saldo ke seluruh Bank di Indonesia.

Lalu, bagaimana jika anda ingin melakuan pembelian sebuah aset crypto? Pertama-tama pastikan anda memiliki saldo pada akun Pintu anda. Setelah itu, anda dapat memilih dengan cara menekan aset crypto yang ingin anda beli, akan ada dua tombol yaitu Beli dan Jual. Jika anda ingin membeli maka klik tombol “Beli”, lalu klik tombol “Jual” jika anda ingin menjual. Setelah klik tombol, anda dapat memasukkan jumlah aset yang ingin dibeli dalam Rupiah atau dalam Bitcoin. Di aplikasi Pintu, anda dapat membeli bitcoin mulai dari Rp. 11.000 saja. Harga yang anda bayarkan merupakan final tanpa ada tambahan biaya apapun.

Kelebihan menggunakan aplikasi Pintu adalah kemudahan pemakaian aplikasi dan juga biaya yang gratis ketika ingin melakukan transaksi jual beli, hal ini tentu akan sangat menguntungkan para trader. Selain itu, anda juga dapat memeriksa harga-harga aset crypto yang ada dalam satuan Rupiah. Tampilan aplikasi Pintu juga sangat user-friendly sehingga mudah untuk dipahami. Proses verifikasi pun cepat sehingga anda tidak akan kehilangan waktu anda untuk dapat bertransaksi Cryptocurrency.

Dengan demikian anda dapat bertransaksi aset crypto pertama anda lewat Pintu, Aplikasi Crypto Terbaik dan Termudah di Indonesia.

 

Pintu, Aplikasi Crypto Terbaik dan Termudah di Indonesia

Artikel Lainnya oleh Tim editor emiten.com

Startup yang terus berkomitmen tingkatkan kualitas ekosistem pasar modal Indonesia

PT APLIKASI EMITEN INDONESIA