Profit dan income merupakan hal yang penting dalam akuntansi perusahaan atau organisasi. Sebagian orang mungkin mengira profit dan income adalah suatu hal yang sama. Namun, sebenarnya profit dan income adalah dua jenis keuntungan yang berbeda dan mempengaruhi perusahaan atau organisasi secara berbeda. 

Profit atau laba merupakan seberapa besar pendapatan yang tersisa setelah seluruh biaya atau pengeluaran diperhitungkan. Dengan menghitung laba, maka perusahaan tau seberapa banyak yang telah diperolehnya dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan pendapatan tersebut. Laba dapat dibedakan menjadi dua jenis:

1. Laba kotor

Laba kotor merupakan uang yang tersisa setelah dikurangi oleh Harga Pokok Penjualan (HPP). Harga pokok penjualan merupakan banyaknya uang yang dibutuhkan untuk menghasilkan barang atau jasa yang digunakan untuk menghasilkan pendapatan tersebut. Laba kotor tersebut tidak memperhitungkan pengeluaran seperti biaya operasional, sewa, gaji, dan lain-lain. 

2. Laba bersih

Laba bersih merupakan sisa uang setelah seluruh biaya bisnis dikurangi dari total pendapatan. Biaya tersebut dapat mencakup penyusutan, pajak, bunga, dan biaya operasional. 

Income atau pendapatan merupakan profitabilitas suatu perusahaan atau organisasi secara keseluruhan, serta memperhitungkan seluruh uang yang keluar dan masuk ke dalam perusahaan selama periode waktu tertentu. Pendapatan mewakili jumlah uang sesungguhnya yang diterima oleh perusahaan dan tersedia pada waktu tertentu. Perhitungan pendapatan diperoleh melalui beberapa hal yaitu pendapatan yang dihasilkan oleh perusahaan itu sendiri, aliran pendapatan lain yang mungkin dimiliki perusahaan, serta seluruh biaya yang dikeluarkan selama periode waktu tertentu. 

Terdapat beberapa perbedaan utama antara profit dan income, antara lain:

Profit Income
Terlihat apabila pengeluaran dari income dikeluarkan Terlihat apabila seluruh biaya yang dikeluarkan oleh bisnis dikurangi
Perbedaan antara seberapa banyak uang yang dihabiskan dan diperoleh dalam periode tertentu Jumlah uang aktual yang diperoleh dalam periode tertentu
Digunakan untuk menentukan arus kas yang tersedia dibandingkan total biaya perusahaan Jumlah total uang yang dapat digunakan perusahaan.
Profit bergantung kepada income Income bergantung kepada profit dan revenue.

Berikut merupakan pembahasan singkat mengenai definisi serta perbedaan antara profit dan income dalam akuntansi. 

Pahami Perbedaan Profit dan Income dalam Akuntansi!

© 2021 – 2022, Cicilia Veronica. All rights reserved.

Artikel Lainnya oleh Tim editor emiten.com

Startup yang terus berkomitmen tingkatkan kualitas ekosistem pasar modal Indonesia

PT APLIKASI EMITEN INDONESIA

You cannot copy content of this page