Biaya per unit (cost per unit) merupakan perhitungan yang digunakan dalam banyak bisnis yang bergerak dalam penjualan produk atau barang. Bisnis berbasis layanan juga dapat menggunakan cost per unit, tetapi perhitungannya tidak begitu mudah dan efisien. Biaya ini juga seringkali disebut sebagai Harga Pokok Penjualan (HPP). HPP dapat diartikan sebagai seberapa banyak uang yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk memproduksi satu unit produk yang mereka jual. 

Biaya Per Unit =  (Total Biaya Tetap + Total Biaya Variabel)/ Total Unit Diproduksi

Biaya tetap merupakan biaya yang mempunyai nilai sama atau tetap sepanjang waktu. Biaya ini tidak bergantung pada produksi unit suatu bisnis. Contohnya, biaya sewa kantor, asuransi bisnis, pajak properti, dan lainnya. Sedangkan, biaya variabel berubah tergantung pada jumlah unit yang diproduksi. Contohnya, biaya plastik sebagai kemasan produk anda, semakin banyak produk yang terjual, maka semakin banyak plastik yang digunakan sebagai kemasan produk anda. 

Bagi bisnis yang berbasis produk atau layanan, biaya per unit atau cost per unit merupakan perhitungan yang penting untuk dilakukan karena menentukan kemampuan mereka serta untuk memastikan biaya mereka lebih rendah dibandingkan harga jual per unit mereka. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mengetahui definisi dari biaya per unit. 

Apa itu Biaya Per Unit dalam Akuntansi?

© 2021 – 2022, Cicilia Veronica. All rights reserved.

Artikel Lainnya oleh Tim editor emiten.com

Startup yang terus berkomitmen tingkatkan kualitas ekosistem pasar modal Indonesia

PT APLIKASI EMITEN INDONESIA

You cannot copy content of this page