Istilah deflasi merujuk pada peredaran uang dalam masyarakat yang cenderung mengalami penurunan secara berkelanjutan pada suatu periode. Bisa dikaakan jika deflasi merupakan kebalikan dari inflasi dan kedua hal ini memiliki kesamaan terhadap timbulnya pengaruh pada stabilitas perekonomian.

Pengertian Deflasi

Deflasi adalah penurunan peredaran uang yang berpengaruh pada kondisi ekonomi nasional. Harga produk menjadi semakin murah dan menyebabkan masyarakat mampu memenuhi kebutuhannya secara lebih cepat.

Hal ini biasanya dinilai sebagai sesuatu yang berdampak positif. Padahal kenyataannya deflasi mempunyai dampak yang sama dengan inflasi, yaitu melemahkan stabilitas ekonomi.

Proses Terjadinya Deflasi

Deflasi Sirkulasi

Deflasi sirkulasi merupakan deflasi yang terjadi karena adanya transisi atau perubahan kondisi ekonomi dari arah positif ke arah negatif atau penurunan. Deflasi sirkulasi diyakini muncul karena adanya bentuk tidak proporsional antara kegiatan produksi dengan pembelian produk.

Deflasi Strategis

Deflasi strategis adalah deflasi yang terjadi karena adanya kontrol yang mengendalikan aktivitas penggunaan atas konsumsi produk secara berlebihan.

Penyebab Terjadinya Deflasi

Peredaran Uang Menurun

Peredaran uang di masyarakat menurun merupakan pertanda awal terjadinya deflasi. Penurunan uang beredar salah satunya disinyalir dari adanya kebijakan suku bunga tinggi oleh bank sentral, sehingga menyebabkan masyarakat betah untuk menyimpan uangnya dalam jangka waktu lama.

Homogenitas Produk

Timbulnya homogenitas terhadap produk di komoditas tertentu dan hal itu merentet pada tingginya persaingan dengan harga yang semakin kompetitif agar cepat menarik konsumen. Harga produk pun bisa ditandai serendah mungkin agar bisa bertahan dalam persaingan.

Permintaan Hasil Produksi Mengalami Penurunan

Penyebab permintaan hasil produksi mengalami penurunan salah satunya adalah ketiadaan inovasi dan ide dalam memperbarui produk. Inovasi dan ide dibutuhkan agar produk semakin mempunyai nilai tambah serta daya tarik tersendiri.

Di samping itu, penting juga untuk mengimplementasikan inovasi dan ide baru untuk mengikat konsumen agar semakin bergantung pada produk yang dihasilkan perusahaan.

Penutup

Deflasi adalah kondisi yang ditandai dengan fenomena turunnya peredaran mata uang sehingga menyebabkan ketidakstabilan ekonomi nasional. Deflasi tidak serta merta memberikan keuntungan jika hanya didasarkan pada penurunan harga secara drastis.

Mengapa demikian? Karena jika nilai harga produk terlalu rendah bisa memicu peluang melonjaknya pengeluaran masyarakat serta kemerosotan produktivitas perusahaan karena rendahnya pemasukan.