Bagi kalian yang memiliki usaha atau bisnis , pasti memanfaatkan sejumlah media sosial untuk mempromosikan bisnis atau menjual produknya ke publik media agar bisnis kita mulai dikenal dengan orang banyak. Karena di era digital yang semakin maju dan sudah melekat di kehidupan manusia. Tetapi masih banyak juga beberapa orang yang masih bingung dimana ia akan mempromosikan atau mengiklankan bisnisnya yang lebih efektif, serta tidak mengetahui cara untuk menggunakan fitur media media untuk mempromosikan bisnis.

Salah satu platform media sosial yang paling tren saat ini adalah Instagram. Dengan instragram seseorang dapat membagikan momennya dengan cara berbagi foto maupun video. Serta membuat cerita seingkat yang biasa disebut fitur stories pada Instagram.

Apa Itu Instagram Ads ?

Pada jaman yang semakin canggih ini, banyak orang yang memanfaatkan media sosial Instagram sebagai lapak mencari uang dan penunjang keaktivan bisnisnya. Instagram Ads dapat menjadi salah satu strategi marketing yang efektif . Instagram Ads adalah platform iklam yang dikelola oleh Instagram, wadah untuk bias mempromosikan atau mengiklankan produk melalui feed Instagram atau Instagram stories. Tidak heran banyak yang memiliki keuntungan melalui Instagram ini karena keberadaanya yang sangat populer. Melalui platform Instagram, para pebisnis mampu meningkatkan branding perusahaan mereka serta memamerkan dan mempromosikan produk atau jasa yang mereka tawarkan. Instagram memiliki fitur yang unggul untuk membantu pemasaran melalui Instagram Ads.

Apa Alasan Beriklan di Instagram ?

Instagram Ads adalah saran yang sangat tepat untuk memasarkan produk dan bisnismu. Karena jumlah pengguna Instagram di Indonesia berada diurutan keempat yang terbanyak di dunia per November 2018. Jumlah pengguna Instagram di Indonesia sebanyak 60 juta pengguna. Serta pengguna terbanyak berdasarkan usia dari 18 hingga 34 tahun. Pengguna Instagram lebih mendoimnasi pria yaitu sebanyak 50.5 persen. 45 persen pengguna asal Indonesia mengaku sering membeli produk melalui Instagram. Dengan informasi tersebut , akan sangat berpeluang bagi kemajuan bisnis apalagi jika semakin mengetahui cara menggunakan fitur Instagram Ads.

Apa Keuntungan Beriklan di Instagram Ads ?

Dalam beriklan di Instagram Ads, terdapat beberapa manfaat menggunakan Instagram Ads untuk kebutuhan promosi bisnis anda, yaitu.

  1. Meningkatkan brand awareness

Brand awareness mampu menciptakan kepercayaan klien, dan mendorong klien untuk loyal dengan produk ataupun jasa yang kamu tawarkan, serta mudah untuk mendapatkan klien baru yang lebih banyak. Misalnya dengan membuat foto produk atau video yang menarik dan memanfaatkan influencer.

  1. Memperoleh informasi pengguna Instagram secara spesifik

Beriklan dengan Instagram Ads akan membantu dalam memperoleh data informasi mengenai pengguna Instagram. Seperti lokasi, jenis kelamin, usia, hingga kebiasaannya. Data tersebut akan didapatkan melalui fitur insightsetelah mendaftarkan akun menjadi akun bisnis.

  1. Tersedia berbagai pilihan format iklan

Terdapat tiga jenis format iklan yang dapat digunakan dalam Instagram Ads, yaitu gambar, video , dan beberapa gambar dalam satu postingan. Dengan berbagai jenis format ini, akan membuat para pengguna Instagram tertarik dan akan memberikan like, komentar , bahkan megikuti (follow) akunmu.

  1. Mengarahkan pengunjung websitemu

Instagram Ads dapat memasukan link atau url yang mengarahkan pengguna untuk mengunjungi websitemu secara langsung.

Apakah Beriklan di Instagram Ads Bebayar ?

Melalui Instagram, usaha yang dirintis dapat cepat dikenal oleh pengguna lain secara cepat. Cara beriklan di Instagram melalui Instagram terdapat yang gratis hingga berbayar. Sama halnya dengan di media sosial Ads lainnya seperti facebook Ads, biaya untuk beriklan di Instagram terbilang cukup terjangkau yaitu  kisaran Rp 25.000 selama sehari. Semakin banyak yang dialokasikan maka akan semakin banyak juga jumlah orang yang menjangkau bisnismu.

Bagaimana Cara Beriklan Di Instagram ?

Saat ini, Instagram telah diakusisi facebook. Itu Instagram Ads akan dapat digunakan setelah memiliki halaman facebook. Berikut ini merupakan langkah-langkah  beriklan di Instagram.

  1. Buka Facebook Ads Manager, dan pastikan anda telah login akun facebook.
  2. Pilih create Ads pada bagian kanan atas
  3. Pilih tujuan beriklan
  4. Atur target audiens, anggaran, dan jadwal iklan. Pada target audiens, anda dapat menentukan persona dari target penerima iklan berdasarkan usia, jenis kelamin, hibi, Bahasa, serta letak geografis. Kemudian anda juga dapat menentukan berapa lama penayangan iklan.
  5. Piliih format penayangan. Anda dapat mengunggah gambar yang ingin digunakan untuk beriklan. Dengan keteramngan, caption, beserta link. Pada saat mengisi keterangan anda dapat memilih di kolom atas pilihan Instagram account dan masukan username serta password
  6. Lakukan pembayaran. Setelah selesai mengisi formata penayangan iklan, anda dapat melakukan pembayaran sesuai biaya yang telah diisi sebelumnya. Metode pembayaran dapat melalui kartu debit. Lalu akan diberikan pemberitahuan lanjutan tentang apakah akun anda telah memenuhi syarat dan ketentuan.

Mengetahui cara beriklan di Instagram kita sudah mulai harus dilakukan, karena bagi sebagian besar pemilik bisnis atau usaha tidak mungkin menyia-nyiakan keaktifan pengguna media sosial Instagram yang sangat berpotensi menarik klien yang baru secara meluas. Maka dari itu, marilah untuk mencoba beriklan di Instagram Ads.

 

© 2022, Izabella ramadhani. All rights reserved.

Artikel Lainnya oleh Tim editor emiten.com

Startup yang terus berkomitmen tingkatkan kualitas ekosistem pasar modal Indonesia

PT APLIKASI EMITEN INDONESIA

You cannot copy content of this page