Platform media sosial saat ini sudah banyak yang menyediakan fitur-fitur unik dan bermanfaat untuk bisa memfasilitasi para pelaku bisnis agar bisa melaksanakan kegiatan strategi pemasaran yang berguna bagi bisnisnya.

Bagi para pelaku bisnis yang mempunyai usaha dalam bidang penjualan produk B2B atau business to business, sangat direkomendasikan untuk memasarkan produknya melalui platform Linkedln.

Sesuai dengan namanya, produk bisnis B2B adalah bentuk penjualan produk barang dan jasa kepada bisnis lainnya. Artinya, penjualan produk difokuskan kepada sasaran yang berasal dari pihak bisnis lainnya, bukan kepada konsumen secara langsung.

Dan bisa dikatakan pula jika pelaku bisnis B2B berstatus sebagai penyedia atau supplier bagi keberlangsungan bisnis lainnya.

Mengapa LinkedIn dianggap ampuh sebagai platform untuk menjalankan bisnis B2B? Hal ini sejalan dengan pernyataan dari Neil Patel, di mana platform media sosial ini begitu menjanjikan karena dinilai efektif dalam mengumpulkan serta menciptakan leads.

Nah, agar semakin mampu melancarkan strategi pemasaran dalam platform ini, mari kita simak secara bersama-sama langkah-langkahnya!

Menentukan Tujuan dan Segmentasi Pemasaran

Dalam menerapkan bentuk dan strategi jenis apapun demi menciptakan peluang bisnis, hal pertama dan paling penting adalah menentukan tujuan serta segmentasi pemasaran produk.

Kejelasan tujuan dan segmentasi produk sangat berguna demi melancarkan perencanaan serta perumusan strategi pemasaran secara efektif, efisien, dan sistematis.

Jika pelaku bisnis terburu-buru dalam menerapkan strategi pemasaran tanpa memperhatikan kedua elemen di atas, maka hal tersebut dapat berakibat fatal karena posibilitas untuk menjangkau sasaran tepat sangat kecil.

Oleh sebab itu, apapun strategi pemasaran yang digunakan, perlu untuk memikirkan langkah terbaik mengenai penentuan tujuan serta segmentasi pemasaran dengan komposisi yang pas.

Mengatur Ulang Profil Bisnis

Strategi kedua adalah mengatur ulang profil bisnis. Profil bisnis bisa diibaratkan sebagai ‘wajah bisnis’ karena melalui profil bisnis yang baik, hal tersebut mampu meyakinkan sasaran untuk memilih dan menggunakan layanan barang dan jasa dari produk tersebut.

Untuk itu, perlu untuk mengatur ulang profil bisnis dan lengkapilah dengan pemakaian bio, logo pada foto profil, serta deskripsi singkat mengenai bisnis secara jelas.

Agar semakin meyakinkan sasaran saat melihat profil bisnis pada akun LinkedIn, kita juga bisa memasukkan link akun platform lain yang dimiliki agar performa, kinerja, serta portofolio dapat terlihat dengan begitu apik dan profesional.

Terhubung Dengan Grup dan Komunitas

Pada setiap platform media sosial pastinya terdapat fitur grup LinkedIn. Dengan terhubung pada beberapa grup yang sejenis dengan produk bisnis, maka pelaku bisnis dapat lebih leluasa dalam mengelola bisnis serta strategi pemasarannya agar semakin dikenal oleh banyak pihak.

Publikasikan Konten Menarik

Jangan lupa untuk melakukan produksi konten beserta deskripsi lengkapnya agar profil bisnis semakin terlihat profesional dengan beragam informasi yang bisa diakses oleh berbagai pihak.

Buatlah konten menarik dan edukatif agar bisa bermanfaat bagi banyak orang. Bila perlu, pelaku bisnis dapat membagikan konten-konten bisnisnya pada berbagai grup dan komunitas yang diikuti agar mampu membuka peluang bisnis semakin lebih lebar

Manfaatkan Fitur LinkedIn Ads

Sama seperti platform media sosial lainnya, LinkedIn juga menyediakan fitur layanan pemasangan iklan dan hal tersebut bisa dimanfaatkan demi memperluas jaringan bisnis.

Manfaatnya pun begitu beragam, selain itu lebih dikenal oleh banyak pihak secara luas, bisnis kita pun kemungkinan besar akan dilihat oleh pelaku bisnis lainnya dan bisa menimbulkan terjadinya kerja sama.

Hal apapun bisa terjadi ketika kita melakukan pemasangan konten iklan pada LinkedIn Ads, oleh karena itu manfaatkan hal ini agar produk bisnis bisa semakin disadari keberadaannya oleh berbagai kalangan.

Penutup

Itulah tadi penjelasan mengenai strategi untuk bisa memaksimalkan kegiatan pemasaran digital pada platform media sosial LinkedIn. Fitur-fitur pelayanannya pun tidak kalau dengan platform lainnya karena menyediakan layanan LinkedIn Ads bagi penggunanya.

Oleh karena itu, platform media satu ini bisa dijadikan sebagai referensi dalam melakukan strategi pemasaran digital.

Jika seluruh strategi sudah diterapkan secara maksimal, perlu untuk melakukan evaluasi untuk mengetahui hasil, manfaat, serta feedback yang didapatkan, sehingga nantinya mampu menghasilkan strategi dan inovasi terbaru dalam merencanakan bentuk pemasaran lainnya.