Secara fungsi, surat dokter digunakan untuk mendapatkan izin cuti dari sekolah atau tempat kerja. Surat dokter menjadi bukti resmi bahwa seseorang memang dinyatakan ‘sakit’ dan harus beristirahat semenjak surat dokter tersebut diterbitkan. Hanya saja pada prakteknya yang sangat disayangkan adalah seringkali surat dokter disalahgunakan oleh mereka yang mencari – cari alasan untuk meliburkan diri demi kepentingan pribadi. Bahkan tidak sedikit juga yang menawarkan jasa pembuatan surat dokter palsu dengan kisaran harga yang beragam. Lantas, adakah bedanya antara surat dokter asli dan palsu? Jika memang ada perbedaannya, apa saja bedanya? Disini kita akan mengulasnya secara lengkap!

Perbedaan Surat Dokter Asli dan Palsu

Cap pada surat dokter

Perbedaan surat dokter asli dan palsu yang pertama dan bisa menjadi aspek untuk Anda teliti adalah cap didalam surat tersebut. Mengenai surat dokter yang asli, ciri – cirinya dilengkapi dengan cap basah. Jadi, jika ada surat dari dokter dan tidak ada cap suratnya maka keasliannya perlu dipertanyakan.
Ada dua kemungkinan yang perlu dipertimbangkan tentang surat dokter tanpa cap yaitu yang pertama kemungkinan dokter lupa membubuhkan stempel diatas surat. Atau yang kedua adalah memang surat tersebut tidaklah asli.
Untuk cap dokter dari praktek resmi seperti yang kita ulas sebelumnya yaitu menggunakan cap basah. Sementara yang palsu umumnya dicetak. Mengenai cara identifikasi surat tersebut cap basah atau tidak, Anda bisa cek di balik surat. Cap basah biasanya tembus sampai ke sisi belakang surat, sementara yang palsu tidak tembus.

Konsistensi surat
Biasanya konsistensi surat dokter yang asli baik dokter umum atau dokter gigi menggunakan warna merah, biru dan hitam. Selain itu, cap asli tidak akan selalu berada di posisi yang sama. Terkadang akan mengarah ke kanan atau sedikit miring. Jadi Anda bisa teliti baik – baik.

Kop surat
Sama halnya dengan surat resmi yang lain, surat dokter yang asli juga akan mencantumkan kop surat di bagian atas surat tersebut. Kop suratnya dibuat lengkap dengan menyertakan nama, alamat, dan juga nomor telepon praktek dokter tersebut. Jadi, baiknya jangan sampai Anda terkecoh.

Nomor telepon

Untuk memastikan tingkat keasliannya, cara sederhana yang bisa dilakukan sebagai bagian dari identifikasi surat dokter yang belum bisa dipastikan keasliannya tersebut adalah menghubungi nomor telepon yang tercantum didalam surat. Setelah itu Anda bisa tanyakan kepada pihak praktek dokter tersebut apakah nama yang bersangkutan terdaftar didalam buku pasien mereka.
Jika memang nomor telepon yang tercantum tidak dapat dihubungi, maka bisa dipastikan Anda wajib curiga terhadap surat dokter tersebut.
Akan tetapi yang perlu dipahami bahwa untuk mengidentifikasi antara surat dokter asli dan palsu sangatlah sulit. Sehingga untuk mengetahui keasliannya hampir 90% sulit.
Namun apapun itu baik asli atau tidak, yang jelas menjaga kesehatan sangat penting dilakukan. Untuk itu, melakukan langkah antisipasi sejak awal sangat diperlukan. Agar terhindar dari sakit Anda harus menjaga kesehatan dengan makan makanan bergizi, mengonsumsi air mineral secara cukup dan jangan lupa berolahraga secara rutin.
Jika perlu pastikan Anda sudah memiliki layanan asuransi kesehatan sehingga ketika sakit, akomodasi kesehatan Anda sudah tercover. Dengan begitu Anda tidak perlu pusing soal biaya lagi ketika mengalami sakit. Namun, jaga selalu kesehatan Anda dimanapun Anda berapa.