Ketika Anda bekerja di sebuah perusahaan, setiap harinya Anda harus bertemu dengan banyak rekan kerja dimana rekan kerja Anda tersebut memiliki sifat dan karakter yang berbeda – beda. Ada yang baik, ada yang suka menolong dan ada juga yang suka iri dengan Anda.
Jika Anda kebetulan mendapatkan rekan kerja yang baik, hal tersebut tentu menjadi sebuah keuntungan tersendiri bagi Anda karena bersama dia, Anda bisa bekerjasama. Akan tetapi jika Anda dihadapkan dengan rekan kerja yang iri dengan Anda, jika Anda tidak pandai mengatasinya tentu hal tersebut berkemungkinan menjadi toxic bagi Anda.

Lantas, bagaimana cara hadapi rekan kerja yang iri terhadap Anda? Disini kami ungkap trik jitunya, lets check these out!

Cara Hadapi Rekan Kerja yang Iri

Jangan memusuhi dan jangan pula menghindar
Sebelum Anda tahu apa alasannya dia iri terhadap Anda, jangan Anda menjudge atau berpikir negatif dulu terhadap orang tersebut. Jangan Anda menghindar dari dia atau memusuhi dia. Bersikap biasa saja dulu sampai Anda mampu menentukan langkah yang tepat untuk menghadapinya.
Jangan sampai rekan kerja yang iri terhadap Anda menjadi toxic bagi diri Anda dan karir Anda di perusahaan tempat Anda bekerja.

Dekati dia dan ajak bicara secara langsung
Jika teman kerja yang iri terhadap Anda sudah berlebihan rasa irinya, biasanya dia akan melakukan hal apapun demi menjatuhkan Anda. Jika hal tersebut sudah terjadi, Anda harus mengajak dia berbicara berdua.
Tanyakan secara langsung dan baik – baik mengapa dia melakukan hal yang merugikan Anda tersebut. Jika memang bisa diajak bicara baik – baik, kalian bisa mencari jalan keluarnya agar semuanya merasa normal dan baik kembali.

Ambil langkah

Jika Anda sudah tahu alasan dia iri terhadap Anda, segera ambil langkah. Jangan berteman dekat dengan dia jika memang dia merugikan Anda atau merupakan orang yang munafik, dan jadikan teman dekat jika memang Anda merasa dia bisa berubah.
Pastikan Anda memberikan pengalaman berteman yang baik dengan dia. Terserah dia mau anggap Anda apa, yang terpenting Anda sudah bersikap baik terhadapnya. Pastikan jangan sampai Anda memberikan informasi tentang prestasi atau pemikiran Anda secara gamblang kepada dia karena bisa jadi ia akan semakin iri dengan Anda.

Hadapi dengan cara yang positif

Rasa iri terkadang muncul di luar kendali diri. Akan tetapi bukan berarti rasa iri tersebut perlu dipupuk terus menerus. Jika Anda saat ini sedang menghadapi rekan kerja yang digerogoti rasa iri dan dengki terhadap Anda, anggap saja bahwa itu semua merupakan hal yang wajar di dunia kerja.
Jangan Anda goyah dengan sikap iri rekan kerja Anda. Bahkan jika ia sudah menghasut rekan kerja lainnya untuk membenci Anda. Tetap teguhlah pada pendirian Anda dan jangan goyah. Hadapi semuanya dengan cara yang positif dan elegan sehingga tidak menjadikan pekerjaan Anda terbengkalai dan berantakan.

Jangan sampai hal negatif mempengaruhi hal positif dalam diri Anda. Jangan sampai produktivitas Anda menjadi terbengkalai karena rekan kerja yang tidak memberikan impact positif terhadap karir Anda di perusahaan tempat Anda bekerja.
Itulah beberapa cara hadapi rekan kerja yang iri. Semangat selalu dan jangan hiraukan sesuatu yang bisa menjadi kerikil atau batu sandungan dalam karir Anda. Tetaplah semangat dalam bekerja dan berkarya!