Budaya hidup hemat seharusnya diterapkan oleh siapapun agar keuangan keluarga aman. Budaya hidup hemat tidak hanya perlu diterapkan di tengah pandemi corona seperti sekarang ini saja, melainkan juga perlu diterapkan sampai kapan pun dan dalam kondisi apapun.
Salah satu cara untuk memaksimalkan budaya hidup hemat yang bisa dilakukan adalah dengan meminimalisir uang belanja yang harus dikeluarkan. Jika biasanya Anda berbelanja dengan uang belanja 50 ribu rupiah, kini Anda bisa memangkas uang belanja tersebut menjadi 20 ribu sehari.
Lantas, bisakah makan enak dengan uang belanja hanya 20 ribu rupiah sehari? Tentu bisa! Berikut kami share untuk Anda tentang tips makan enak dengan uang belanja 20 ribu sehari yang bisa Anda coba. Lets check these out!

Tips Makan Enak dengan Uang Belanja 20 Ribu Sehari

Pilih lauk yang sederhana tapi bergizi

Makan enak nggak perlu bermewah – mewahan. Terlebih jika uang belanja Anda sedang berada di ambang batas atau sedang pas – pasan. Anda bisa memilih lauk sederhana namun bergizi seperti sayuran, tempe, udang, dan sejenisnya.
Anda bisa mengkreasikan oseng tempe, oseng udang, udang goreng tepung, sup sayur, atau berbagai ide masakan sederhana lainnya yang bergizi namun bahannya bisa didapatkan dengan harga yang murah.

Belanja di pasar tradisional

Anda tentu tahu bukan bedanya harga bahan makanan di supermarket dan di pasar tradisional? Nah, bagi Anda yang sedang ingin berhemat pastikan bahwa Anda tidak belanja bahan makanan di supermarket melainkan Anda harus belanja bahan makanan di pasar tradisional.

Simpan stok sayur dan ikan di kulkas dalam wadah tertutup

Agar Anda tidak perlu setiap hari mengeluarkan uang, baiknya Anda stok bahan makanan di rumah. Anda bisa menyimpan stok sayuran, cabai dan bahan pangan lainnya di kulkas dalam sebuah wadah tertutup.
Cuci bersih terlebih dahulu bahan makanan yang Anda punya sebelum Anda letakkan di lemari es agar bahan makanan tersebut awet. Sebagai contoh, jika Anda ke pasar, Anda bisa membeli bayam 3 ikat karena harganya biasanya akan lebih murah dibandingkan hanya 1 ikat saja.
Sementara jika Anda masak 3 ikat sekaligus tentu terlalu banyak. Nah, karena itu Anda bisa masak 1 ikat kemudian sisanya yang 2 ikat bisa Anda simpan di kulkas untuk keperluan memasak besok atau lusa. Jadi lebih hemat bukan?

Kumpulkan uang kembalian

Jika Anda belanja di pasar dan kemudian mendapatkan uang kembalian, jangan Anda anggap remeh uang kembalian tersebut. Anda perlu tahu bahwa the power of uang kembalian ternyata sangat bermanfaat.
Jadi pastikan jangan Anda anggap remeh uang kembalian setiap selesai berbelanja. Jika masih ada uang sisa, kumpulkan. Hal tersebut sangat bermanfaat sebagai tambahan membeli bahan pangan ketika Anda sedang mepet atau kekurangan uang belanja di kemudian hari.

Jangan pernah membuang makanan sisa

Jika ada makanan yang tidak habis, pastikan jangan Anda langsung buang. Semisal sisa tempe goreng kemarin, jangan Anda buang. Anda bisa gunakan untuk dijadikan menu yang berbeda keesokan harinya.
Misalkan tempe goreng tersebut Anda olah kembali menjadi oseng tempe kacang dan udang, pasti dijamin yummy dan membuat pengeluaran semakin irit.
Bagaimana? Masih pesimis karena harus berhemat dan hanya memiliki uang belanja 20 ribu sehari? Jangan lagi! Terapkan tips makan enak diatas dan Anda bisa makan enak dengan uang belanja 20 ribu sehari. Selamat mencoba!