Work from home yang dijalani di era pandemi seperti ini tentunya menjadi adaptasi baru bagi para pekerja kantoran. Persepsi mengenai work from home pun dari yang awalnya terdengar menyenangkan karena dapat bekerja dari rumah dapat berubah menjadi hal yang tidak diinginkan.

Hal ini bisa saja disebabkan karena kesulitan untuk membagi waktu antara urusan rumah dan pekerjaan maupun kondisi rumah yang hectic dapat membuatmu tidak fokus ketika sedang bekerja sehingga akan menurukan kinerja kamu.

Simak beberapa tindakan yang dapat kamu lakukan ketika bekerja dari rumah sehingga meningkatkan performa kinerja dan kualitas kerja kamu.

  • Jangan Bekerja di Tempat Tidur

Jika kamu masih sering bekerja di tempat tidur, secara psikologis akan membuat kamu merasa kelelahan dan mengantuk karena mindset tempat tidur adalah untuk beristirahat bukan untuk bekerja.

Cobalah sebisa mungkin untuk menjauhkan jarak tempat kamu ketika bekerja dengan jarak tempat kamu beristirahat.

  • Jangan Terlalu Fokus pada Gadget

Ketika kamu hanya berfokus pada gadget yang kamu miliki, hal ini dapat mengurangi dan mengganggu kondisi mental kamu serta membuat kamu kelelahan karena kondisi mata dan pikiran yang terlalu fokus pada gadget selama 24 jam. Jadi, tetap ambil beberapa waktu untuk mengistirahatkan diri dari gadget agar kamu tidak terlalu kelelahan menatap layar.

  • Fear of Missing Out dan Anxiety

Keadaan ketika bekerja di kantor dan di rumah tentu akan berbeda 180 derajat, saat di kantor kamu akan selalu sadar tentang apa yang terjadi di lingkungan kerjamu sementara ketika di rumah kamu hanya dapat memantau informasi mengenai pekerjaan secara daring.

Berangkat dari hal tersebut yang membuat kamu merasa memiliki kewajiban untuk terus memperhatikan dan mengecek gadgetmu, agar tidak merasa cemas karena telah kehilangan berita penting berusahalah untuk mengatur tingkat kecemasanmu ya.

  • Selalu Mengecek Gadget Setelah Bangun Tidur

Kebiasaan ini cenderung dilakukan oleh banyak orang dan ternyata hal ini sangat berbahaya loh. Ketika kamu memulai harimu seperti itu kamu akan merasa tertekan dan sudah pusing memikirkan pekerjaan bahkan sebelumĀ  kamu benar-benar bekerja. Beri waktu sejenak pada dirimu sendiri agar tenang lalu barulah mulai beralih ke pekerjaanmu.

  • Atur Jadwal Pekerjaan Kantor dan Rumah

Buatlah timeline waktu ketika kamu menyelesaikan pekerjaan kantor beserta estimasi selesainya pekerjaan, dengan melakukan hal ini kamu akan memiliki estimasi yang jelas kapan waktu bekerja dan kapan waktu istirahat.