Walaupun kebanyakan ibu rumah tangga tidak bekerja tetapi ibu rumah tangga tetap bisa melakukan investasi lho. Investasi ini tidak hanya melakukan penyetoran uang tetapi bisa digunakan sebagai tujuan di masa depan seperti pendidikan anak, maupun dana pensiun keluarga.

Saat ini banyak instrumen investasi yang cocok digunakan oleh ibu rumah tangga yang bisa dilakukan tanpa perlu mengurangi pengeluaran rumah tangga sehari-hari. Berikut 5 jenis investasi yang cocok dilakukan oleh ibu rumah tangga, yuk simak.

1. Reksa dana

Reksa dana merupakan kumpulan dana yang dikelola oleh manajer investasi (MI), dana ini akan dikelola dengan membeli investasi seperti saham, obligasi dan instrumen keuangan yang lain. Reksa dana ini cocok digunakan oleh ibu rumah tangga karena tidak perlu melihat grafik seperti saham apalagi reksa dana ini termasuk ke dalam investasi yang risikonya termasuk rendah tetapi imbal hasilnya cukup tinggi.

2. Emas

Emas juga menjadi salah satu instrumen investasi yang cocok karena investasi emas ini tergolong mudah dan menjanjikan. Investasi emas ini tidak memerlukan analisa-analisa yang membingungkan, ditambah ketika transaksi juga mudah, emas yang dimaksud adalah investasi pada logam mulia. Investasi emas ini termasuk investasi yang kebal inflasi dan memiliki likuiditas yang tinggi.

3. Tabungan berjangka

Investasi pada tabungan berjangka ini termasuk menguntungkan apalagi jika dilakukan dalam jangka waktu yang panjang. Tabungan ini cocok untuk kamu yang termasuk sulit untuk menabung karena dalam tabungan berjangka ada fasilitas auto debet yang secara tidak langsung memaksa kamu untuk menabung setiap bulan secara konsisten.

4. Properti

Ibu rumah tangga bisa lho berinvestasi pada properti apalagi investasi properti ini dapat memberikan keuntungan dalam jangka waktu yang panjang. Salah satu keuntungan dari berinvestasi properti ini adalah kenaikan harga properti disetiap tahunnya tetapi sebelum itu pastikan kamu memiliki modal yang cukup besar sebelum memulai investasi ini ya.


Jadi untuk kamu yang ibu rumah tangga kamu bisa mulai berinvestasi pada jenis-jenis investasi diatas ya, selain bisa membantu mempersiapkan dana rumah tangga di masa depan kamu juga memiliki cadangan uang yang bisa dipakai sewaktu-waktu. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Kamu bisa simak artikel menarik lainnya di Berita & Tips Emiten.com