Perang harga merupakan fenomena yang umum terjadi dalam pasar. Tiap masa tentunya membawa tren tertentu yang memengaruhi keberaadan sebuah produk, sehingga permintaan begitu tinggi dan pelaku usaha berbondong-bondong menciptakan produk serupa dengan harga relatif sama agar bisa bersaing secara kompetitif.

Perang harga perlu diatasi dengan cermat karena hal dipenuhi oleh berbagai tantangan. Lantas, apa sebenarnya pengertian perang harga? Perang harga adalah situasi pasar yang ditandai dengan munculnya 1 jenis produk yang banyak diminati serta dicari oleh banyak orang. Munculnya produk tersebut timbul oleh adanya suatu tren yang tengah berkembang pada kehidupan masyarakat.

Siklus dari perang harga memunculkan produk dengan beraneka kualitas dari berbagai produsen bahkan tidak jarang pula muncul produsen yang tiba-tiba beralih menciptakan produk yang tengah tren tersebut sebagai bentuk memanfaatkan peluang agar memperoleh keuntungan.

Untuk bisa terhindar dari situasi tersebut diperlukan beberapa strategi untuk bisa bertahan dan bersaing dalam pasar. Berikut ini penjelasannya!

Ciptakan Kreatifitas dan Inovasi Produk

Karena tersedianya berbagai macam produk serupa, perlu untuk memberikan sentuhan kreatifitas dan inovasi pada produk. Hal ini diperlukan untuk memberikan daya tarik tersendiri dari sebuah produk agar menjadi semakin menarik di mata konsumen.

Hal tersebut tidak harus berkaitan dengan produk inti tetapi bisa pula diinovasikan dengan produk pendukung lainnya, seperti kemasan misalnya.

Menambahkan Nilai Produk

Menambahkan nilai pada produk dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah meningkatkan standar dan mutu dari produk atau bisa juga dengan menambah produk tambahan lainnya selayaknya bonus atas pembelian.

Menambah nilai produk akan menjadikan produk tersebut sebagai referensi atas tersedianya berbagai pilihan lainnya. Hal ini mampu mendorong terciptanya peluang untuk berada dalam pilihan konsumen, sehingga secara terus menerus bisa dipilih dan dibeli.

Menjaga Hubungan Dengan Konsumen

Menjaga hubungan baik dengan konsumen diperlukan untuk membentuk sikap loyalitas konsumen. Hal ini bisa dilakukan dengan menciptakan interaksi secara intens untuk hubungan jangka panjang.

Hubungan tersebut dapat dijaga dengan berbagai macam cara, misalnya mengarahkan konsumen untuk bisa tetap berinteraksi pada media sosial dengan menciptakan promosi.

Penutup

Perang harga adalah peristiwa yang biasa terjadi dalam pasar. Seringkali, imbas dari perang harga berujung pada meningkatnya persaingan atas tren produk yang tengah diminati oleh banyak pihak. Beberapa hal memang perlu diperhatikan untuk bisa tetap bertahan dan bersaing secara kompetitif di tengah pesatnya persaingan antar produk serupa.