Saat kamu sudah lulus dari bangku kuliah dan segera dihadapkan dengan realita kehidupan yang sesungguhnya, tentu kamu mulai merasa memiliki kewajiban secara finansial dan orang tua juga mulai membatasi pemberian uang untuk kamu.

Hal ini terjadi karena orang tuamu sudah merasa kamu sudah bisa mencari nafkah sendiri dan juga sudah bertanggung jawab terhadap kehidupan kamu yang selanjutnya, untuk membantu kamu agar bisa mengelola keuangan dengan baik kamu bisa simak beberapa tips berikut ini.

1. Tetapkan tujuan keuangan kamu

Sebelum kamu mulai berinvestasi sebaiknya kamu sudah menentukan tujuan keuangan berdasarkan kerangka waktu dan modal yang kamu miliki. Misalkan jika kamu ingin membeli mobil dengan jangka waktu 3-5 tahun kamu pasti bisa lebih mengetahui berapa dana yang kamu butuh kumpulkan dalam sebulan atau jika kamu ingin membeli rumah dengan jangka waktu 10 tahun kamu juga bisa mengetahui dengan pasti berapa dana yang dibutuhkan untuk sampai bisa membeli rumah.

2. Paham dan mengerti arti uang

Ketika kamu tidak mengetahui seberapa pentingnya uang, kamu tidak akan pernah bisa berkomitmen untuk mengelola uang tersebut dengan benar. Karena bagi sebagian anak-anak muda apalagi bagi fresh graduate, uang itu dapat diartikan sebagai kesempatan untuk belanja konsumtif seperti membeli ponsel mewah, makan-makanan mahal atau liburan setiap minggunya.

Jika kamu masih memiliki pola pemikiran seperti itu, di masa depan kondisi keuangan kamu akan memburuk dan terdepresiasi dengan cepat.

3. Punya 2 jenis pendapatan

Sebagai seorang lulusan baru yang masih semangat, kamu sebenarnya masih bisa untuk memiliki 2 jenis penghasilan yaitu penghasilan aktif dan pasif. Ketika kamu bekerja di kantor dan mendapatkan gaji itu adalah salah satu contoh penghasilan aktif, sementara penghasilan pasif bisa kamu dapatkan tanpa harus bekerja secara aktif setiap harinya.

Contohnya kamu bisa mendapatkan penghasilan pasif dari beinvestasi saham. Investasi saham ini akan memberikan kamu keuntungan berupa capital gain dan dividend, apalagi saat ini modal untuk berinvestasi saham itu termasuk terjangkau bisa dimulai hanya dengan Rp 100 ribu saja.

Ketika kamu menemukan masalah tidak memiliki waktu lebih untuk menganalisa perusahaan yang bagus di masa depan, kamu bisa lho menggunakan aplikasi Emiten.com sebagai alat bantu kamu untuk menganalisis saham. Aplikasi rekomendasi saham ini cocok untuk kamu para pemula yang belum mengerti analisa fundamental dan teknikal ditambah rekomendasi yang diberikan dianalisis oleh analis yang berpengalaman dan bersertifikasi.

4. Auto debet penghasilan

Terkadang kebanyakan dari kita saat mendapatkan penghasilan langsung digunakan untuk berbelanja sehingga lupa untuk menyisihkan uang yang pada akhirnya tidak menghasilkan apapun. Saat ini banyak bank yang telah menyediakan fasilitas auto debet atau transfer otomatis yang diperuntukkan untuk kamu yang sering lupa dan merasa repot untuk menyisihkan penghasilan tiap bulannya.

5. Prioritaskan pengeluaran

Kamu bisa memprioritaskan pengeluaran dengan mencatat barang apa saja yang ingin kamu beli bulan ini dan jangan lupa budgetkan pengeluaran di setiap barangnya. Sebaiknya juga kamu mengurangi penggunaan kartu kredit, karna kartu ini akan memberikan peluang bagi kamu untuk menjadi konsumtif.


Sebagai fresh graduate tentu kamu masih memiliki waktu yang panjang untuk merencanakan hidup kamu di masa depan, kamu masih bisa bekerja lebih keras. Ingat untuk memanfaatkan masa muda kamu demi masa depan yang terencana dan matang. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Kamu bisa simak artikel menarik lainnya di Berita & Tips Emiten.com.