Berbagai hal memerlukan perhatian serta persiapan matang sebelum mulai mendirikan perusahaan atau merencanakan pengembangan bisnis. Modal bisnis merupakan hal penting karena tanpa modal yang cukup, operasional perusahaan tersendat serta sulit berkembang dan memperluas pengaruh dalam pasar.

Untuk itu bagi pihak yang masih berkedudukan sebagai calon atau pemilik bisnis yang ingin mengembangkan bisnisnya, harus mengetahui sumber-sumber potensial mana saja yang bisa dijadikan lahan untuk menghimpun dana sebagai modal bisnis.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai sumber bisnis yang bisa dipertimbangkan dan dipilih untuk mendanai bisnis. Simak dan pahami ulasannya dengan baik ya!

Saham

Sumber dana pertama berasal dari salah satu instrumen finansial pasar modal, yaitu saham. Begitu banyak perusahaan menggantungkan sumber dananya pada instrumen finansial satu ini karena bisa menyerap dana dalam jumlah besar.

Namun untuk bisa memperoleh sumber dana dari saham, perusahaan harus berstatus sebagai perusahaan terbuka terlebih dahulu karena sahamsaham yang diperdagangkan pada pasar modal hanyalah saham dari perusahaan terbuka.

Pinjaman Kredit

Pinjaman kredit diajukan kepada bank umum dengan melengkapi berbagai persyaratan khusus agar pengajuan pinjaman bisa lolos pendanaan. Dalam pinjaman kredit, terdapat beban bunga beberapa persen yang harus dibayarkan setiap bulannya hingga angsuran pembayaran mencapai jatuh tempo

Bootstrapping

Sederhananya, bootstrapping merupakan sumber yang berasal dari dana pribadi milik perseorangan atau perusahaan. Namun, besaran dana yang dimiliki sangat memengaruhi kinerja perusahaan. Jadi, sebelum menjadikan dana pribadi sebagai sumber modal ada baiknya untuk memastikan lebih dulu apakah jumlah dana sudah sesuai untuk menjalankan sebuah bisnis.

Apabila jumlah dana sedikit maka ini bisa menghambat kecepatan perkembangan bisnis. Namun, untuk mengatasi hal tersebut bisa dilakukan dengan berkomitmen untuk rutin menginvestasikan uang yang dimiliki dan memasang target agar di masa mendatang bisa membangun sebuah bisnis.

Waktu yang dibutuhkan memang agak lama tetapi tidak ada salahnya untuk terus berusaha dan sumber dana ini cocok bagi pihak yang ingin menghindari risiko beban utang pada bisnisnya.

Modal Ventura

Modal ventura adalah sumber dana yang disediakan oleh pemodal ventura dan berasal dari investor atau instansi keuangan resmi. Sumber dana satu ini umum digunakan oleh perusahaan yang baru merintis, tetapi tidak menutup kemungkinan jika perusahaan lama bisa mengajukan modal ventura.

Sistem pada modal ventura menerapkan sistem bagi hasil dan modal yang diberikan tidak berstatus sebagai beban utang perusahaan.

Crowdfunding

Sumber dana kedua adalah crowdfunding, di mana sistem pengumpulan diwadahi oleh media digital dengan adanya kegiatan pengumpulan dana secara berkala dari banyak orang.

Karena sumber modal berasal dari dana yang diperoleh dari orang lain maka kepemilikan tidak sepenuhnya dimiliki oleh satu pihak saja.

Penutup

Memulai bisnis memang membutuhkan waktu, tenaga, serta modal besar untuk bisa membangun perusahaan agar mampu menjalankan bisnis secara maksimal. Beberapa sumber dana yang telah dijelaskan sebelumnya bisa dijadikan sebagai referensi untuk mempertimbangkan jaminan modal yang bisa diperoleh serta masing-masing kelebihan dan kekurangannya agar tidak menimbulkan beban operasional yang besar bagi perusahaan di kemudian hari.