Pada situasi seperti ini dimana perekonomian secara global tengah bergejolak dan tidak menentu kamu perlu mempersiapkan keuangan kamu dari dampak yang tidak diinginkan, dan investasi menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menyelamatkan keuangan pada kondisi seperti ini yang tidak jelas akan sampai kapan.

Dengan memiliki tabungan menjadi salah satu cara untuk menyelamatkan keuangan kamu karena kamu memiliki dana jaga-jaga, tetapi di sisi lain menabung tidak terlalu efektif karena nilai uangnya tidak berkembang malah justru akan berkurang karena tergerus inflasi. Kamu juga memerlukan investasi yang cocok dan sesuai dengan profil risiko dan tujuan kamu. Berikut merupakan tiga opsi investasi ditengah pandemi yang memberikan keuntungan.

  1. Saham
    Terjadinya pandemi covid-19 ini mengerek IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) sekitar 30 persen pada awal Maret 2020. Dengan terjadinya pergerakan ini disatu sisi memberikan manfaat bagi para investor pemula untuk berinvestasi saham karena market sedang terdiskon.
    Dengan kondisi seperti ini kamu bisa menjadikan investasi saham sebagai investasi long term bukan sebagai investasi yang short term karena tujuan untuk berinvestasi yang optimal di saham juga membutuhkan waktu. Tentu berhati-hati dan cerdas ketika memilih saham perusahaan yang ingin kamu beli agar di masa depan memiliki prospek yang bagus dan nilai yang berkembang.
    Emiten.com dapat menjadi aplikasi rekomendasi saham yang bagus untuk kamu gunakan ketika akan memilih perusahaan untuk diinvestasikan, didukung dengan analis yang terpercaya serta tersertifikasi kamu akan merasa aman saat berinvestasi saham.
  2. Emas
    Pada saat pandemi ini emas mengalami kenaikan yang signifikan tentunya emas juga menjadi instrumen investasi yang perlu kamu lirik karena investasi emas cenderung stabil dan ketika mengalami penurunan tidak akan terlalu jauh.
    Emas ini cocok untuk kamu gunakan sebagai investasi jangka panjang karena dalam jangka waktu panjang harga emas cenderung naik dan kamu akan mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi ketika menjualnya nanti di masa depan.
  3. Properti
    Properti termasuk salah satu jenis investasi aman lainnya dikarenakan properti dibutuhkan dan harganya cenderung meningkat, kamu bisa mendapatkan keuntungan dari investasi properti ini dengan dua cara yaitu melalui pendapatan sewa dan capital gain.
    Pasar properti disaat pandemi seperti ini juga sedang gencar-gencarnya menawarkan berbagai macam promo dan bonus yang tentu akan menguntungkan bagi pembeli.

Seperti itu penjelasan mengenai investasi yang sekiranya cocok untuk kamu saat pandemi seperti ini, tentu sesuaikan kembali dengan kebutuhan dan profil risiko kamu ya. Semoga bermanfaat!