Di zaman ini hampir semua transaksi bisa menggunakan kartu kredit. Dengan begitu banyaknya kemudahan yang ditawarkan serta banyaknya promo-promo yang tersedia, banyak orang yang akhirnya dari semula tidak tertarik menjadi tergiur olehnya.

Setelah terjerat dengan kemudahan dalam menggunakan kartu kredit, akhirnya nasabah menjadi ketagihan dan menambah kartu kreditnya. Ya, seperti itulah salah satu cara bank menggaet nasabahnya.

Namun, seakan semua itu tidak berpengaruh pada beberapa orang yang masih juga enggan untuk membuat kartu kredit. Alasannya beragam mulai dari takut akan terlilit hutang, gila belanja, dan memang merasa tidak akan membutuhkannya.

Latar belakang tidak tertariknya seseorang untuk memiliki kartu kredit, telah kami rangkum lebih lanjut menjadi beberapa point yaitu:

  1. Tidak mau punya utang bank

Ya, tidak ingin memiliki utang bank adalah alasan yang paling mainstream dari orang yang masih enggan untuk memiliki kartu kredit. Mengingat akan definisi kartu kredit itu sendiri yang berarti ngutang ke bank dan pastinya dengan adanya hutang maka ada bunga juga yang harus kamu bayar, kalau telat bisa kena denda pula. Apes deh.

  1. Takut belanja berlebihan

Dengan memiliki kartu kredit kamu bisa belanja walaupun nggak punya duit sepeserpun, karena kemudahan yang ditawarkan. Belum lagi kalau ada promo-promo yang membutakan mata dan hatimu, bisa-bisa kalap deh kalau belanja. Menghindari perilaku konsumtif dan mengedepankan membeli hal-hal yang benar-benar dibutuhkan menjadi alasan yang tepat juga ketika kamu enggan memiliki kartu kredit.

  1. Masih minim pengeluaran

Ketika pengeluaranmu masih sedikit, maka seharusnya keuangan dan tabunganmu masih cukup untuk mengcover kebutuhan-kebutuhanmu. Dan jika kamu memiliki keinginan lain maka ada baiknya untuk menabung dulu daripada membuka rekening kartu kredit.

  1. Lebih mudah dalam mengelola keuangan

Dengan tidak adanya kartu kredit berarti kamu mengolah uang cash atau tabunganmu, dengan begitu kamu akan jauh lebih berhati-hati dalam menggunakannya agar tidak cepat habis.

  1. Terpacu mencari tambahan

Keinginan diluar kebutuhan kamu memang akan menjadi lebih sulit untuk diraih, namun, sisi baiknya adalah selain berhemat kamu akan berusaha untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Daripada menggunakan jalan pintas yang disebut dengan kartu kredit.

  1. Punya cukup tabungan

Dengan memiliki tabungan yang cukup maka kamu tidak perlu menggunakan kartu kredit karena kamu bisa menggunakan uang cash atau kartu debitmu. Dengan menggunakan tabungan berarti tidak perlu ngutang, dan tidak perlu menambah beban dipikiranmu.

Memiliki kartu kredit memang memberikan banyak kemudahan, tapi sebelum itu alangkah baiknya apabila dipikir-pikir dengan matang terlebih dahulu agar tidak menjadi beban yang seharusnya tidak kamu rasakan.