Mau melamar kerja? Jangan sampai kamu salah mengirimkan dokumen ya. Kenali dahulu perbedaan dokumen yang biasanya dibutuhkan.

Perbedaan CV dengan Lamaran Kerja

CV (curriculum vitae) merupakan daftar Riwayat hidup dari calon pelamar kerja yang berisikan mengenai perjalanan dan pencapaian mereka selama ini. Umumnya CV berisikan mengenai biodata singkat dan informasi singkat yang dianggap penting dan relevan dalam pekerjaan yang dilamar. Lain halnya dengan surat lamaran kerja yang merupakan media komunikasi antara pelamar kepada perusahaan. Surat lamaran kerja ditulis oleh pelamar dengan tata bahas formal dengan tujuan melamar pekerjaan.

Biasanya CV dilampirkan didalam surat lamaran kerja agar rekruter bisa mengenal dan melakukan seleksi secara lebih mendalam.

Perbedaan CV dengan daftar Riwayat hidup

CV dan Riwayat hidup memiliki perbedaan yang jauh lebih mirip dibandingkan surat lamaran kerja. Pasalnya, kedua dokumen tersebut sama-sama memaparkan mengenai pencapaian oleh pelamar. Bedanya CV lebih fokus pada latar belakang secara professional dan detail sedangkan, daftar Riwayat hidup merupakan Riwayat singkat pelamar saja.

Kertas untuk CV, Surat Lamaran kerja, dan Lamaran CPNS

Untuk ketiga dokumen diatas pastikan menggunakan kertas putih polos yang bersih sehingga data yang tertera mudah dilihat. Untuk CV dan surat lamaran kerja biasanya menggunakan jenis kertas A4 80 gsm. Lamaran CPNS juga umumnya menggunakan syarat serupa atau bisa juga menggunakan kertas HVS / F4 dengan tanda tangan asli di atas materai Rp 10.000,-

Apa yang Ditampilkan pada CV / Surat Lamaran Kerja

Berhubung CV bercerita mengenai riwayat kehidupan pelamar, maka isinya juga harus menggambarkan keadaan secara terperinci dan juga termasuk pengalaman, kualifikasi, hingga prestasi yang sudah berhasil kamu raih. Pencapaian yang dicapai harus dijelaskan semisal prestasi apa yang diraih, lalu siapa yang mengadakan, skala lomba dll. tentunya pelamar harus pintar-pintar dalam menyisihkan informasi yang hendak ditampilkan dan tidak

Berlainan dengan CV, surat lamaran kerja biasanya terdiri dari pembuka berupa perkenalan diri singkat, tujuan dari penulisan surat tersebut, lampiran berkas dan penutup.

Penutup

Bagaimana, apakah sekarang kamu sudah paham mengenai perbedaanya? Proses seleksi pekerja sangat penting maka dari itu, kamu harus pastikan bahwa dokumen yang kamu serahkan sudah benar adanya.

© 2022, Calvina Izumi. All rights reserved.

Artikel Lainnya oleh Tim editor emiten.com

Startup yang terus berkomitmen tingkatkan kualitas ekosistem pasar modal Indonesia

PT APLIKASI EMITEN INDONESIA

You cannot copy content of this page