Jika berbicara mengenai asuransi properti, selama ini kita tahu bahwa asuransi properti selalu identik dengan aset negara. Ya, negara memang sangat intens dalam mengikuti program asuransi properti karena negara memiliki kesadaran bahwa asuransi sangat penting.

Melalui asuransi properti yang dibayarkan, jika terjadi kerusakan negara, segala hal yang berkaitan dengan kerusakan segera bisa diperbaiki tanpa menunggu pendanaan anggaran cair lebih dulu. Selain itu masih banyak manfaat asuransi properti yang sebenarnya harus kita tahu.

Dengan manfaat tersebut, tidak hanya aset negara saja yang akan sangat menguntungkan jika diasuransikan, melainkan aset pribadi juga perlu diasuransikan. Lantas, apa sajakah manfaat asuransi properti yang sebenarnya?

Manfaat Asuransi Properti yang Anda Harus Tahu

Mendapatkan rumah tinggal sementara

Dengan memiliki asuransi properti, selain rumah Anda akan direnovasi karena bencana alam atau musibah yang lain, Anda juga tidak perlu sewa rumah dengan mengeluarkan anggaran lagi. Hal tersebut karena pihak asuransi akan menanggung seluruh biaya sewa sementara sampai rumah yang direnovasi bisa ditempati. Namun semua kesepakatan tersebut memang harus dipikirkan dan disepakati di awal polis asuransi dibuat.

Nilai properti tetap dalam kondisi stabil

Salah satu aspek yang sangat ditakutkan ketika rumah mengalami musibah atau bencana adalah nilainya otomatis akan berkurang. Akan tetapi tenang jika rumah diasuransikan, maka nilainya akan tetap dalam kondisi stabil.

Selain itu, rumah yang terkena bencana tersebut mulai dari bangunan, benda dan harga sampai surat berharga didalamnya akan terlindungi dengan baik. Namun dengan catatan Anda dari awal memang mendaftarkan apa saja harta yang tercover dalam polis asuransi tersebut. Atau Anda juga bisa memilih all risk yang mana dengan pemilihan tersebut artinya semua barang Anda akan dilindungi oleh pihak asuransi.

Terhindar dari berbagai macam gangguan financial

Bencana atau musibah tidak ada yang tahu kapan akan terjadi dan akan menimpa siapa saja. Juga termasuk bencana yang menimpa semua aset dan properti Anda.

Anda bisa membayangkan apa yang terjadi ketika ada bencana alam sementara Anda tidak memiliki asuransi. Tentu Anda akan mengalami kerugian atas semua yang Anda miliki.

Namun jika Anda memiliki asuransi properti maka jika kemudian bencana terjadi tiba – tiba dan menghancurkan semua produk properti, maka hanya kerugian secara financial dan barang didalamnya saja yang akan hilang.

Sementara jika asuransi all risk yang Anda ikuti, maka semua barang didalam rumah Anda juga bebas dari resiko kehilangan karena semua sudah tercover dalam polis perjanjian asuransi yang sudah disepakati. Karena itu asuransi sangat penting untuk mempertahankan nilai harta Anda dari segala resiko.

Selain program asuransi, program bebas financial yang juga perlu dipertimbangkan untuk dipersiapkan adalah investasi. Namun, bagaimana jika masih belum memiliki pengetahuan dan pengalaman yang cukup tentang investasi?

Bagi Anda yang tertarik untuk mulai bergabung dalam program bebas financial dengan asuransi namun belum memiliki pengalaman dan pengetahuan yang cukup tentang asuransi, Anda bisa bergabung dengan komunitas investasi saham melalui Emiten.

Anda bisa mengakses informasinya melalui emiten.com. Disana Anda akan temukan berbagai pilihan investasi baik di saham public atau non public dengan profil resiko yang sesuai kemampuan Anda. Tersedia juga analisa dan konsultan bisnis yang akan membantu Anda melakukan analisa sebelum Anda berinvestasi. Karenanya, bersama emiten.com, semua akan aman terkendali!