Cost center atau pusat biaya merupakan kelompok atau departemen dalam suatu perusahaan yang melakukan fungsi yang membantu kegiatan operasional perusahaan namun tidak menghasilkan pendapatan secara langsung kepada perusahaan. Cost center diukur melalui varians biaya yang melibatkan perbandingan antara biaya standar dan kuantitas standar suatu produk. Varians biaya terdiri atas varians harga dan varians kuantitas. Contoh cost center adalah sumber daya manusia, pemasaran, akuntansi, departemen IT, departemen hukum, dan kontrol kualitas.

Pusat biaya dapat dibedakan menjadi beberapa bentuk:

  • Pusat biaya produksi

Pusat biaya produksi berpusat pada produksi dan manufaktur, serta dapat mencakup departemen dalam fasilitas produksi seperti daerah perakitan dan pengembangan produk.

  • Pusat biaya layanan

Pusat biaya layanan mencakup departemen yang menyediakan layanan dukungan kepada organisasi,  seperti layanan pelanggan (customer service), kontrol kualitas, dan lainnya.

  • Pusat biaya administrasi dan penjualan

Pusat biaya administrasi dan penjualan menggabungkan departemen yang terkait administrasi bisnis atau kantor dengan penjualan produk.

Adapun, manajer pusat biaya tidak membuat keputusan keuangannya dalam seluruh perusahaan. Kewajiban manajer pusat biaya adalah untuk menjaga pengeluaran departemen agar terjaga sesuai anggaran yang telah direncanakan. Dengan demikian, manajer pusat biaya membawa peran penting bagi sebuah perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasionalnya.

Pahami Definisi dan Jenis-Jenis dari Cost Center

© 2022, Cicilia Veronica. All rights reserved.

Artikel Lainnya oleh Tim editor emiten.com

Startup yang terus berkomitmen tingkatkan kualitas ekosistem pasar modal Indonesia

PT APLIKASI EMITEN INDONESIA

You cannot copy content of this page