Pandemi Covid-19 ini memberikan dampak yang besar bagi dunia karena sebagian besar industri juga terganggu  kegiatan usahanya sehingga mengakibatkan perekonomian di Indonesia menjadi lesu. Terganggunya bisnis ini dan terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK) juga dirasakan oleh karyawan, banyak karyawan yang mulai berpikir untuk melakukan pensiun dini.

Pensiun merupakan seseorang yang sudah tidak melanjutkan kerja karena faktor usia yang sudah lanjut, telah diberhentikan atau atas permintaan sendiri. Ketika seseorang pensiun biasanya ia akan mendapatkan hak pesangon yang bisa dibayarkan bertahap ataupun secara langsung di akhir.

Di era pandemi covid-19 ini dibutuhkan strategi-strategi untuk mempertahankan kondisi finansial di masa krisis diantaranya dengan menyesuaikan gaya hidup sehari-hari agar tidak terlalu konsumtif dan menabung juga dapat menjadi opsi yang menjanjikam di masa depan. Mengatur kembali perencanaan keuangan, prioritas dan tujuan hidup dapat menjadi langkah awal untuk memulai menentukan strategi.

Setelah menentukan perencanaan keuangan, sifat disiplin juga perlu dibiasakan agar kamu dapat mengevaluasi dan mengawasi bagaimana kamu mengatur keuangan dan gaya hidupmu. Opsi gaya hidup sehat, produktif dan proaktif juga dapat menjaga keberlangsungan kesejahteraan hidup kamu dan keluarga dimana secara tidak langsung akan berpengaruh ke kesehatan keuangan kamu.

Seperti penjelasan di atas ketika kesejahteraan keluarga sudah terbentuk dengan baik maka secara tidak langsung juga akan berpengaruh ke kesehatan keuangan yang dimiliki, karena kebahagiaan hidup bisa berasal dari keluarga dan kestabilan finansial. Ketika kedua hal penting itu telah terpenuhi, kamu bisa menikmati kebersamaan dengan keluarga tanpa perlu memusingkan urusan finansial.

Mempunyai dana darurat ketika akan pensiun dapat membuat kamu merasa aman dan tenang karena secara psikologis kamu telah memiliki dana ketika nanti di masa depan terdapat banyak hal yang terjadi diluar dugaan. Selain mempunyai dana darurat, kamu juga dapat menambah pengetahuan dengan belajar berinvestasi karena investasi ini dapat menumbuhkan uang kamu dan sebagai sumber penghasilan tambahan.

Hal terakhir yang penting untuk kamu persiapkan di masa pandemi covid-19 ketika kamu akan melakukan pensiun dini adalah dengan mempersiapkan dana proteksi (asuransi) seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan dan lain-lain.