Investasi saat ini dapat dilakukan oleh orang-orang di berbagai kalangan dan usia bahkan dari orang-orang yang memiliki pendapatan rendah maupun tinggi. Pilihan akan instrumen investasi yang konservatif dan miss informasi mempersempit peluang Anda untuk menghasilkan return yang lebih tinggi.

Seratus ribu rupiah yang biasa Anda konsumsi hanya untuk 2 kali minum kopi di tempat ngopi hits ternyata dapat menjadi modal awal untuk menghasilkan return yang lebih besar di masa depan. Ditambah dengan berkembangnya teknologi di Indonesia, dimana Anda dipermudah dengan akses registrasi dan transaksi yang dapat dilakukan dengan full daring.

Penasaran dengan instrumen investasi bermodal 100 ribu? Simak penjelasan berikut ini.

  1. Emas

Emas merupakan salah satu jenis investasi yang paling konservatif dan telah sejak lama digunakan sebagai aset. Investasi emas saat ini dapat dilakukan secara daring sehingga akan mempermudah Anda dalam hal bertransaksi, bahkan saat ini Anda dapat mencicil emas maupun menabung emas dengan nominal hanya 50 ribu rupiah.

Ditengah kondisi pandemi saat ini, emas dapat dijadikan salah satu pertimbangan instrumen investasi yang terjangkau, aman, dan murah.

  1. Reksa Dana

Reksa dana merupakan salah satu alternatif investasi yang diperuntukkan bagi masyarakat pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan analisa atas risiko investasi mereka.

Reksadana dapat dibedakan menjadi 4 jenis, yaitu reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana saham dan reksa dana campuran. Saat ini bahkan terdapat perusahaan reksa dana yang memiliki syarat modal awal hanya 10 ribu rupiah.

Anda dapat melihat bagaimana cara memilih reksadana yang aman disini (https://emiten.com/info/tips-jitu-memilih-investasi-reksadana-yang-paling-aman/).

  1. Saham

Saham merupakan bukti kepemilikan nilai suatu perusahaan dan saat ini di beberapa sekuritas memiliki syarat modal awal hanya dengan 100 ribu. Walaupun memiliki risiko yang cukup tinggi tetapi dengan modal hanya 100 ribu Anda dapat terjun dan belajar mengenai transaksi di pasar saham secara aman.

Walaupun modal yang dikeluarkan ketika akan berinvestasi di saham tergolong kecil tetapi Anda tetap harus berhati-hati dalam memilih perusahaan yang akan di investasikan. 

Emiten.com menjadi salah satu platform rekomendasi yang menarik karena Anda dapat mengakses informasi seputar saham perusahaan tempat Anda menaruh dana, dilengkapi dengan rekomendasi dan analisa saham-saham yang potensial akan lebih menghemat waktu Anda ketika akan menganalisa sekaligus menambah referensi perusahaan yang kredibel.