Pentingnya Jurnal Umum Bagi Bisnis Anda

Pengertian Jurnal Umum

Apa itu jurnal umum? Secara singkat, jurnal umum adalah pencatatan yang dilakukan pada segala jenis transaksi baik pemasukan maupun pengeluaran pada periode tertentu. Biasanya yang menggunakan jurnal umum adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa, sedangkan perusahaan dagang biasanya lebih memilih menggunakan jurnal khusus. Jurnal umum merupakan salah satu rangkaian dari siklus akuntansi perusahaan jasa.

Tujuan dan Manfaat dari Jurnal Umum

Tujuan jurnal umum sediri adalah mengidentifikasi, melakukan pencatatan, penilaian, dan juga dapat melihat dampak perekonomian perusahaan terhadap transaksi tertentu pada perusahaan.

Manfaat dari pencatatan jurnal umum adalah dapat memberikan analisis keuangan perusahaan pada periode tertentu sehingga dapat menjadi bahan evaluasi bagi periode berikutnya, selain itu

Cara dan Proses Pembuatan Jurnal Umum

Pada proses pembuatannya pun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti:

  • Transaksi yang dapat dicatat berupa bukti kuitansi, invoice, faktur, nota, hingga memo
  • Mengelompokkan akun sesuai jenis transaksi seperti hutang, aset, atau modal.
  • Dalam proses pencatatan jurnal umum, memiliki syarat yaitu jumlah debit dan juga kredit harus sama. Hal ini berkaitan dengan adanya penambahan atau pengurangan pada akun
  • Mencatat semua transaksi secara berurutan sesuai dengan waktu bukti transaksi

Cara membuat jurnal umum

Ada beberapa langkah untuk mencatat jurnal umum, yaitu:

  1. Urutkan transaksi sesuai dengan tanggal bukti transaksi
  2. Kelompokkan akun,

Ada beberapa golongan akun seperti harta, utang, modal, pendapatan, dan beban. Hal ini berkaitan dengan persamaan akuntansi sehingga Anda harus memahami persamaan akuntansi terlebih dahulu.

  1. Membuat tabel jurnal umum dan mulai membuat jurnal umum

Pada tahap ini diperlukan ketelitian pada saat mengisi, sistem pengisiannya berupa double-entry yang berarti dalam satu transaksi aka nada dua akun yang akan berpengaruh pada kolom kredit dan juga debit, sehingga jumlah pada kolom debit dan kredit akan sama nominalnya atau balance.

 

Dapat disimpulkan bahwa jurnal umum adalah hal penting dan berpengaruh terhadap bisnis Anda terutama perusahaan jasa, karena dapat menjadi bahan evaluasi agar bisnis atau perusahaan agar terus berkembang, serta dapat mengetahui banyaknya aset dan beban dari perusahaan atau bisnis Anda.

© 2021 – 2022, Bella Elvina. All rights reserved.

Artikel Lainnya oleh Tim editor emiten.com

Startup yang terus berkomitmen tingkatkan kualitas ekosistem pasar modal Indonesia

PT APLIKASI EMITEN INDONESIA

You cannot copy content of this page