Memiliki dana darurat sangatlah penting karena kita tidak tahu kapan akan memerlukan pengeluaran mendadak. Misalkan mobil mogok, ban bocor, ataupun alergi kambuh yang menyebabkan anda harus kedokter. Tentunya hal-hal diatas dapat menjadi fatal apabila kita tidak bisa mengantisipasinya.

Dana darurat idealnya disiapkan setara biaya hidup untuk tiga hingga enam bulan, dan tidak boleh disentuh kecuali dalam keadaan yang benar-benar mendesak. Dengan begitu kehidupan anda dapat lebih terjamin meskipun terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Dalam lima kejadian ini, dana darurat bisa menjadi penyelamat hidup anda

1.Kehilangan pekerjaan

Ketika anda harus kehilangan pekerjaan entah karena apapun penyebabnya, tentunya ada tidak mau melaluinya tanpa persiapan terlebih dahulu. Dengan adanya dana darurat dapat menjamin jika dalam beberapa bulan kedepan anda masih dapat bertahan hidup dan bisa menutupi pengeluaran inti tanpa perlu mengambil dari tabungan.

2.Sakit dan kecelakaan

Masalah medis memang sering tidak dapat diprediksi, anda atau anggota keluarga bisa saja tiba-tiba mengalami kecelakaan dan sakit mendadak hingga harus ke rumah sakit.

Karena tidak semua biaya medis ditanggung asuransi atau BPJS, maka disini peran dana darurat menjadi begitu penting karena menyangkut nyawa. Dana darurat bisa digunakan untuk membayar selisih biaya dari tanggungan asuransi anda.

3.Perbaikan rumah tidak terduga

Rumah yang anda tinggali seringkali mendadak memerlukan perbaikan mulai dari genteng bocor, toilet tersumbat, atau mesin cuci rusak. Perbaikan rumah sering kali merogoh kocek yang tidak sedikit. Maka dari itu dana darurat yang telah anda siapkan bisa anda gunakan untuk menutupi biaya kerusakannya.

4.Kendaraan yang rusak

Sama halnya dengan rumah yang ada tinggali, kendaraan juga sering mengalami kerusakan tiba tiba entah karena anda kurang teliti dalam merawatnya atau anda mendapat musibah kecelakaan. Biaya yang diperlukan juga biasanya tidaklah murah apalagi jika kerusakannya parah seperti turun mesin atau kecelakaan yang mengharuskan anda mengecat total kendaraan anda. Dengan adanya dana darurat anda bisa melakukan perbaikan secepat mungkin sehingga lebih cepat juga selesainya.

5.Pengeluaran perjalanan mendadak

Pengeluaran mendadak dalam perjalanan biasanya terjadi bukan karena mau jalan-jalan, tapi mungkin saja terjadi musibah kepada anggota keluarga yang mengharuskan anda berangkat keluar kota saat itu juga. Membeli tiket secara mendadak biasanya memerlukan biaya yang lebih tinggi daripada melakukan early bird, belum lagi kebutuhan akomodasi yang akan dikeluarkan, maka dari itu dana darurat dapat memastikan anda bisa berangkat dengan cepat dan lancar.