Saat ini PSBB memang sedang digulirkan menggantikan sistem lockdown yang dampaknya jauh lebih besar untuk ekonomi Indonesia dibandingkan sistem PSBB yang diterapkan. Masyarakat Indonesia dihimbau untuk di rumah saja dalam melaksanakan tugas, tanggung jawab dan pekerjaannya demi mencegah resiko penyebaran covid 19 atau corona virus yang lebih meluas.
Namun, benarkah semua orang bisa di rumah saja atau bekerja dari rumah misalnya? Nyatanya tidak! Terdapat beberapa orang yang terpaksa harus bekerja dari luar rumah karena memang itu tugas dan kewajiban mereka.  Bahkan beberapa ada yang mengaku akses transportasi umum masih sangat dibutuhkan. Lantas, bagaimana tips bebas corona di transportasi umum yang bisa diterapkan agar khawatir belebihan tidak diperlukan? Disini kami akan berikan ulasannya untuk Anda!

Tips Bebas Corona di Transportasi Umum

Pastikan Anda cuci tangan secara tepat

Mencuci tangan secara tepat dapat menjadi salah satu metode dan cara yang sangat efektif dalam penularan virus corona di transportasi umum. Mulai saat ini, Anda perlu membiasakan diri untuk cuci tangan hingga bersih kurang lebih selama 20 detik dalam sekali fase cuci tangan.
Pastikan Anda cuci bagian punggung tangan, sela – sela jari, kuku, serta bagian pergelangan tangan secara merata dan menyeluruh. Selanjutnya, keringkan dengan tisu, handuk kecil yang bersih atau menggunakan mesin pengering tangan.
Dalam mencuci tangan, sangat dianjurkan agar Anda mencuci tangan dengan air yang mengalir. Gunakan juga sabun khusus pencuci tangan karena dengan demikian kotoran yang menempel di tangan bisa langsung bersih.

Jangan lupa selalu menggunakan masker

Ketika Anda bepergian dengan transportasi umum atau lebih preventifnya bepergian kemanapun dengan naik kendaraan apapun, pastikan Anda menggunakan masker. Setelah menggunakan masker kain, hindari menyentuh bagian depan masker.
Ketika melepas masker kain, segeralah mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan juga hand sanitizer. Selanjutnya rendam masker kain dengan menggunakan deterjen. Bilas masker sampai bersih dan kemudian jemur. Pastikan agar Anda memiliki lebih dari satu masker kain agar bisa ganti dengan masker yang lain ketika masker yang Anda kenakan sudah kotor.

Sedialah hand sanitizer selalu

Jika ketika bepergian kondisi Anda tidak memungkinkan untuk selalu mencuci tangan dengan air mengalir, pastikan Anda selalu membawa hand sanitizer kemana – mana. Pastikan Anda cuci tangan selama 20 detik dengan hand sanitizer, kemudian tunggu beberapa saat sampai hand sanitizer mengering.
Dalam penggunaan hand sanitizer, tidak dianjurkan penggunaannya terlalu sering. Tujuannya agar keseimbangan mikroba di telapak tangan menjadi tetap dalam kondisi seimbang dan kulit juga tidak mengalami iritasi.

Kurangi kontak dengan pintu atau pegangan

Pintu atau pegangan transportasi umum yang membawa Anda merupakan benda yang sering disentuh penumpang. Karena itu jangan heran kalau disana adalah sumber kuman dan virus. Karena itu, Anda perlu waspada menyentuh benda yang sering disentuh banyak orang.

Jaga jarak aman

Jika Anda berada di kondisi darurat atau terpaksa bekerja ke kantor, pastikan agar Anda jaga jarak. Beri jarak 1,5 meter sampai dengan 2 meter dengan penumpang lain atau sisakan 2 atau 3 kursi kosong supaya tetap aman dari resiko penularan virus corona di transportasi umum.
Itulah beberapa tips bebas corona di transportasi umum yang bisa Anda lakukan. Sementara jika Anda merasa imun Anda sedang turun atau sedang dalam kondisi sakit, pastikan Anda jangan keluar rumah lebih dulu. Selamat beraktivitas dan semoga kesehatan selalu menyertai Anda.